uefau17.com

KPU Pastikan Tidak Ada Bocoran Pertanyaan Debat Capres - Pemilu

, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menjamin tidak ada bocoran pertanyaan pada debat perdana calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) peserta Pemilihan Presiden (Pilpers) 2024 yang akan digelar pada Selasa, 12 Desember 2023 mendatang.

Komisioner KPU RI August Mellaz mengatakan, pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh panelis kepada peserta debat bersifat rahasia.

"Kita enggak pernah tahu pertanyaannya apa. Itu lah kemudian panelis itu juga menandatangani pakta integritas, di sana untuk tidak membocorkan, untuk menjaga pertanyaan itu," kata August dalam keterangannya, Sabtu (9/12/2023).

August mengatakan, KPU dalam hal ini hanya memfasilitasi dan memberikan pengarahan agar pertanyaan sejalan dengan topik debat.

Sementara terkait soal yang akan ditanyakan, kata August, sepenuhnya diserahkan kepada pihak-pihak yang berkompeten. KPU sama sekali tidak ikut campur dalam penyusunan pertanyaan-pertanyaan di debat capres nanti.

"Yang paling penting kan tema debatnya apa, dari situlah kemudian pertanyaan-pertanyaan akan di situ. Makanya kalau kita lihat profil-profilnya kan memang orang, figur-figur, yang memang kompeten di bidangnya, di situ," ujar dia.

"Gini, kalau pembuatan pertanyaannya murni di para ahli. Kalau KPU sendiri kan bukan ahli hukum, bukan ahli hak asasi manusia, begitu," sambung dia.

August melanjutkan, nantinya pertanyaan-pertanyaan yang sudah disusun oleh panelis akan disegel. "Terus nanti misalkan diserahkan ke moderator untuk disampaikan ke paslon kan pasti akan bentuk undian semacam itu," ujar dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

KPU Umumkan 11 Nama Panelis Debat Perdana Pilpres 2024

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) merilis 11 nama panelis debat perdana capres-cawapres pada Pilpres 2024. Ada mantan Ketua Komnas HAM hingga Guru Besar yang masuk dalam daftar panelis.

Komisioner KPU RI August Mellaz menerangkan, 11 orang telah menyatakan kesediaannya untuk menjadi panelis pada debat pertama Pilpres 2024.

"Kita sudah mendapatkan konfirmasi dan kesediaannya. Ada 11 panelis yang kami sudah hubungi dan bersedia sejak kemarin," kata August dalam keteranganya, Sabtu (9/12/2023).

August menyampaikan, panelis bakal membuat materi soal debat. Mereka akan dikarantina terhitung sejak Minggu, 10 Desember 2023 hingga Rabu, 13 Desember 2023 di Jakarta.

"Untuk merumuskan pertanyaan-pertanyaan yang akan disusun oleh panelis. Nanti kami akan diskusikan tema besarnya dan kemudian bagaimana rumusan-rumusan pertanyaan, termasuk bagaimana tata kelola dari pertanyaan-pertanyaan yang nanti akan dirumuskan oleh para panelis di situ," ujar dia.

 

3 dari 3 halaman

Pakar Politik hingga Mantan Ketua Komnas HAM

Selain panelis, KPU juga mengumumkan nama moderator untuk diskusi atau debat pertama capres-cawapres 2024. August mengatakan, panelis dan moderator kemudian akan menandatangani pakta integritas.

Berikut daftar nama panelis yang ditunjuk KPU:

  1. Pakar Ilmu Politik UGM Mada Sukmajati;
  2. Pakar Ilmu Politik Undana Rudi Rohi;
  3. Ahli Hukum Tata Negara Undip Lita Tyesta ALW;
  4. Pakar Hukum Unand Khairul Fahmi;
  5. Pakar Hukum Tata Negara UNS Agus Riewanto;
  6. Pakar Tata Hukum Negara UNPAD Susi Dwi Harijanti;
  7. Guru Besar Universitas Jember Bayu Dwi Anggono;
  8. Ketua Komnas HAM 2017-2020 Ahmad Taufan Damanik;
  9. Guru Besar Studi Agama UIN Sunan Kalijaga Phil Al Makin;
  10. Dekan Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah, Gun Gun Heryanto; dan
  11. Dekan Fisipol UGM Wawan Mas’udi.

Moderator:

  1. Ardianto Wijaya TVRI
  2. Velerina Daniel

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat