uefau17.com

5 Hal yang Disampaikan Gibran di Pidato Perdana Usai Deklarasi Bakal Capres-Cawapres Bersama Prabowo - Pemilu

, Jakarta - Bakal calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka akhirnya bicara di depan publik usai deklarasi bersama bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto.

Pidato perdana Gibran Rakabuming Raka disampaikan sebelum mendaftar Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Indonesia Arena Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu pun membuka dengan pernyataan menenangkan untuk seluruh Koalisi Indonesia Maju (KIM) dan para pendukung.

"Tenang saja Pak Prabowo, tenang saja Pak Prabowo, saya sudah ada di sini," ujar Gibran di Gedung Indonesia Arena Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Kemudian, Gibran dan Prabowo mengaku bertugas melanjutkan dan menyempurnakan program-program pembangunan yang telah berjalan untuk membawa Indonesia menuju kemajuan.

"Kita semua meyakini program-program yang sudah berjalan sudah membawa Indonesia ke pintu gerbang kemajuan. Tugas kita sekarang melanjutkan dan menyempurnakan," kata Gibran.

Dia lalu menyoroti pembangunan untuk generasi muda baik milenial, generasi Z dan santri. Hal ini seiring Indonesia membutukan generasi muda handal, tangguh dan berkomitmen kebangsaan.

"Hal terkait anak-anak muda, generasi milenial, generasi Z dan jangan lupa para santri pasti kita dukung penuh. Butuh generasi muda, handal, tangguh, memiliki komitmen kebangsaan," ucap Gibran.

Berikut sederet hal yang disampaikan bakal cawapres Gibran Rakabuming Raka di pidato perdananya tampil di depan publik usai deklarasi bersama bakal capres Prabowo Subianto sebelum mendaftar ke KPU dihimpun :

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Minta Prabowo Subianto Tenang

Gibran Rakabuming Raka menyampaikan pidato pertamanya usai didapuk menjadi bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto.

Gibran Rakabuming Raka pun membuka dengan pernyataan menenangkan untuk seluruh Koalisi Indonesia Maju (KIM) dan para pendukung.

"Tenang saja Pak Prabowo, tenang saja Pak Prabowo, saya sudah ada di sini," ujar Gibran di Gedung Indonesia Arena Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Gibran kemudian menyapa seluruh ketua umum partai pendukung dari KIM, antara lain Partai Gerindra, Partai Golkar, PAN, Partai Demokrat, PBB, Partai Garuda, dan Partai Gelora. Namun untuk Ketum PSI Kaesang Pangarep, ada tambahan yang menggelitik para pendukung.

"Yang paling saya sayangi Ketua Umum PSI," kata Gibran.

 

3 dari 6 halaman

2. Sebut Tugasnya Bersama Prabowo Menyempurnakan, Sorot Anak Muda

Gibran kemudian mengaku bersama Prabowo kini bertugas melanjutkan dan menyempurnakan program-program pembangunan yang telah berjalan untuk membawa Indonesia menuju kemajuan.

"Kita semua meyakini program-program yang sudah berjalan sudah membawa Indonesia ke pintu gerbang kemajuan. Tugas kita sekarang melanjutkan dan menyempurnakan," kata Gibran.

Dia menyatakan, anak muda Indonesia baik itu generasi milenial, generasi Z, termasuk juga para santri harus mendapat dukungan penuh dari pemerintah dalam membangun bangsa.

"Hal-hal yang terkait anak-anak muda, generasi milenial, generasi Z, dan jangan lupa para santri, pasti kita dukung penuh. Kita butuh generasi muda yang handal, generasi muda yang tangguh, generasi muda yang memiliki komitmen kuat," kata Gibran.

 

4 dari 6 halaman

3. Sebut Dana Abadi Pesantren dan Bocorkan Program Unggulan

Dalam kesempatan tersebut, Gibran menyampaikan sejumlah program unggalan. Salah satunya dana abadi pesantren.

"Dana abadi pesantren ini dalam mandat UU Nomor 18 Tahun 2019," kata dia.

Selain itu, Gibran menuturkan pihaknya bersama Prabowo Subianto akan membuat program baru dari program yang sudah ada. Pihaknya akan membuat kredit startup milenial.

"Sekarang sudah ada KUR, Kredit Mekar, Wakaf Mikro, dan Kredit Ultra Mikro. Nanti, akan kami tambah dengan kredit start-up milenial," kata Gibran.

Dia menjelaskan kredit start up milenial akan diberikan kepada anak muda yang membangun bisnis berbasis inovasi dan teknologi.

Selain itu, sembari mengacungkan poster berisikan nama setiap program unggulan, Wali Kota Surakarta tersebut menuturkan bahwa jika memenangi Pilpres 2024, dia bersama Prabowo akan mewujudkan Kartu Indonesia Sehat untuk Orang Lanjut Usia (KIS Lansia).

"Sekarang sudah ada KIS, Kartu Indonesia Pintar, dan PKH (Program Keluarga Harapan). Nanti, saya tambahkan lagi KIS Lansia," imbuhnya.

Dia juga mengatakan ada program khusus untuk ibu dan anak yang bertujuan untuk mengurangi prevalensi kasus kekerdilan pada anak (stunting), yaitu Kartu Anak Sehat.

 

5 dari 6 halaman

4. Akan Tetap Dorong Hilirisasi

Gibran dan Prabowo Subianto juga akan melanjutkan program hilirisasi di sejumlah sektor antara lain tambang, pertanian dan perikanan.

"Tak lupa hilirisasi untuk komoditas pertambangan, pertanian dan perikanan, ini wajib," kata dia.

Selain itu, Gibran juga akan mendorong ekonomi hijau dan energi hijau untuk keberlanjutan.

"Bapak dan ibu sekalian saya yakin keberlanjutan dan konsistensi adalah modal kita melompat lebih jauh menuju Indonesia Emas," tutur dia.

Upaya tersebut, kata Gibran, menjadi salah satu langkah untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045.

 

6 dari 6 halaman

5. Mohon Doa

Terakhir, Gibran pun memohon doa agar semua proses Pilpres 2024 dapat berjalan lancar dan sesuai rencana.

"Keberlanjutan dan konsistensi adalah modal kita untuk melompat lebih jauh menuju Indonesia Emas," ucap dia.

"Sekali lagi, terima kasih bapak ibu semua mohon doanya agar semuanya lancar, dan semoga perjalanan kita kedepan dapat dimudahkan," tutup Gibran.

Usai pidato Gibran, acara kemudian ditutup dengan doa bersama mengiringi Prabowo-Gibran yang akan mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat