uefau17.com

Survei Poltracking: Prabowo-Erick Unggul Signifikan dari Ganjar-Sandi, Anies-Cak Imin - Pemilu

, Jakarta Survei terbaru Poltracking Indonesia membuat simulasi pasangan calon presiden dan calon wakil presiden untuk pemilihan presiden (pilpres) 2024. Hasilnya, Prabowo Subianto-Erick Thohir terus menguat mengalahkan duet Ganjar Pranowo-Sandiaga Uno dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Dalam survei Poltracking periode 3-9 September 2023, duet Prabowo-Erick paling unggul memenangi pilpres 2024.

"Pada simulasi 3 pasangan potensial capres–cawapres, Prabowo Subianto-Erick Thohir memperoleh angka elektabilitas 32,1 persen," kata Direktur Riset Poltracking Indonesia Arya Budi dalam acara rilis survei nasional Poltracking secara daring, Sabtu (7/10/2023).

Kemudian, diikuti Ganjar Pranowo–Sandiaga Salahuddin Uno 30.3 persen dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 19.6 persen. Hasil itu tak jauh berbeda jika terlihat jika Ganjar dipasangkan dengan Menkopolhukam Mahfud Md.

Pasangan Prabowo-Erick Thohir tetap unggul dengan angka 32,5 persen, mengungguli Ganjar-Mahfud Md dengan raihan 31,7 persen. Sedangkan Anies-Muhaimin 19,2 persen.

Positifnya, duet Prabowo–Erick Thohir ditenggarai karena elektabilitas Ketua Umum PSSI tersebut tinggi dalam bursa cawapres. Dalam survei yang sama menunjukkan elektabilitas Erick Thohir di bulan september berada di peringkat pertama dengan raihan 19,0 persen.

"Erick Thohir cenderung mengalami kenaikan meskipun mengalami fluktuasi di pertengahan tahun 2022," ungkap Arya.

Survei ini dilakukan pada periode 3-9 September 2023. Survei dilakukan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan melibatkan 1.220 responden yang merupakan warga dengan hak pilih, berusia 17 tahun ke atas.

Margin of error survei berada di +- 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka langsung dengan responden.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Survei LSI: Head to Head, Prabowo Menang Lawan Ganjar

Dalam survei terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI), Prabowo juga unggul atas Ganjar Pranowo secara head to head. Prabowo unggul dari Ganjar dengan perolehan suara sebesar 45,7 persen. Sementara Ganjar tertinggal dengan raihan 34,4 persen suara responden.

"Prabowo Subianto 45,7 persen unggul atas Ganjar Pranowo 34,4 persen, sekitar 19,9 persen belum menunjukkan pilihannya," kata Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan, dalam keterangan tertulisnya, dikutip Sabtu (7/10/2023).

Menurut Djayadi, per September 2023, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto unggul 11,3 persen. Angka ini merupakan keunggulan cukup signifikan dibanding survei pada Agustus lalu yang hanya di kisaran 5 persen.

Djayadi mengungkapkan alasan mengapa ketua umum Partai Gerindra unggul atas mantan gubernur Jawa Tengah itu jika dihadapkan pada simulasi head to head. Sebab, ada pola perpindahan dari tiga nama kandidat menjadi dua kandidat capres, terutama jika memasuki putaran dua.

"Pola perpindahan dari 3 nama ke 2 nama kalau yang bertarung Prabowo Subianto vs Ganjar Pranowo yaitu lebih banyak basis Ganjar pindah ke Prabowo 51,5 persen, sementara yang pindah ke Anies Baswedan 14,2 persen belum menentukan pilihan 34,4 persen," jelas Djayadi.

Adapun survei LSI kali ini dilakukan pada periode 18-20 September 2023 dengan jumlah responden sebanyak 1.206 orang. Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD) dengan margin of error mencapai +/- 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka.com

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat