uefau17.com

Cak Imin Ziarah ke Makam Pendiri NU di Jombang - Pemilu

, Jakarta - Bakal Calon Wakil Presiden (cawapres) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin ziarah ke Makam Pendiri dan Penggerak Nahdlatul Ulama (NU) KH Abdul Wahab Hasbullah. Kegiatan ini dilakukan usai kegiatan Tour de Wali Song, yang digelar sejak 8 September 2023.

"Saya harus sowan beliau-beliau ini, supaya saya membersihkan diri dari niat-niat yang pribadi, tetapi mewarisi niat-niat baik yang mereka wariskan kepada kita," kata Cak Imin di Jombang, Jawa Timur, Minggu (10/9/2023).

Ia menjelaskan, Wahab Hasbullah merupakan seorang pahlawan nasional serta sebagai pejuang yang mengusir penjajah. "Mbah Wahab Hasbullah ini pahlawan nasional termasuk pejuang pengusir penjajah pasukan perang yang terutama puncaknya adalah 10 November hari pahlawan," jelas dia.

Cak Imin menerangkan, selain sebagai pahlawan, Wahab Hasbullah juga merupakan pendiri NU yang masih mempunyai hubungan keluarga dengannya dari kakek yang berada di Jombang.

"Beliau pendiri NU, beliau adalah kakek buyut saya dari jalur kakek saya dari jalur Jombang. Sementara, adik beliau, adik ipar beliau yang di Denanyar itu kakek saya dari jalur Jawa Tengah, Pati, KH Sahal Mahfud kemudian kiai-kiai Jawa Tengah lah," ungkap dia.

"Jadi Jombang ini semua nyambung menjadi satu kesatuan daerah yang Alhamdulillah para pendiri NU yang memang teruji di dalam perjuangan mengabdikan kepada masyarakat kepada umat dan kepada bangsa," pungkasnya.

Ziarah ini dilakukan sesudah menyambangi kediaman putra dari Wahab Hasbullah, Ketua PBNU KH Hasib Wahab Hasbullah, di Jombang, Jawa Timur.

Setelah melakukan ziarah ke Makam Wahab, Ketua Umum PKB ini juga berziarah ke Makam Ulama besar dari lingkungan Nahdliyyin yakni KH Romly Tamim.

Cak Imin didampingi oleh istrinya, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid, Sekjen PKB Hasanuddin Wahid dan beberapa kader PKB lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cak Imin Didoakan Berhasil Jadi Wapres

Sementara itu, saat menyambangi kediaman putra dari Wahab Hasbullah, Ketua PBNU KH Hasib Wahab Hasbullah, Cak Imin didoakan berhasil menjadi wakil presiden.

"Kita doakan, semoga, representasi daripada masyarakat Jatim umumnya dan khususnya Jombang. Saya pikir kita bangga kader atau sosok seorang yang maju cawapres dan kita doakan berhasil," kata Hasib.

Selain itu, Hasib mengaku, merasa bangga kepada Cak Imin yang maju dalam kontestasi pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang bersama bakal capres Anies Rasyid Baswedan.

Rasa bangganya itu dikarenakan Cak Imin merupakan satu-satunya masyarakat Jombang yang ikut menjadi peserta pesta demokrasi.

"Muhaimin adalah orang Tambakberas, sekarang maju cawapres. Mudah-mudahan kita doakan ya, kita doakan supaya sukses dan bisa berhasil menjadi wapres Indonesia 2024. Amiin," ujarnya.

"Apalagi dari Jombang, kalau wong Jombang ini arek Jombang Cawapres masuk istana ini. Karena beliau mbahnya, Kiai Gusti itu adalah mantu Kiai Hasbullah dapat adiknya Kiai Wahab," sambungnya.

Dia pun mengungkapkan, semua pondok pesantren yang jumlahnya belasan ribuan ini turut mendoakan Cak Imin menjadi Wakil Presiden.

"Pesan saya atau doa saya, semua pondok pesantren yang jumlahnya 13 ribu ini insya Allah menyertai Pak Muhaimin untuk mendoakan bisa berhasil atau menjadi wakil presiden," ungkapnya.

Dengan adanya dukungan tersebut, Cak Imin merasa dan mengaku semakin optimis untuk maju pada Pilpres 2024.

"Insyallah semakin membuat saya optimis," ujar Cak Imin.

 

 

 

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat