uefau17.com

Bertugas Lakukan Pencocokan dan Penelitian Data Pemilih, Pantarlih Pemilu 2024 Kantongi Honor Rp 1 Juta - Pemilu

, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) tengah melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) data pemilih pada pemilu 2024. Coklit dilakukan oleh Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) dari 12 Februari hingga 14 Maret 2023.

Pantarlih dibentuk membantu PPS dalam melaksanakan data pemilih untuk pemilih dan pemilihan. Adapun pantarlih berkedudukan di lingkungan TPS.

"Seleksi penerimaan Pantarlih dilaksanakan secara terbuka dengan memperhatikan kompetensi, kapasitas, integritas dan kemandirian calon Pantarlih,” demikian mengutip dari PKPU Nomor 8 Tahun 2022, Senin (27/2/2023).

Pantarlih dapat berasal dari perangkat kelurahan/desa atau disebut dengan nama lain, rukun warga, rukun tetangga dan warga masyarakat. Selain itu, dalam melaksanakan tugas dan kewajiban Pantarlih bertanggung jawab kepada PPS.

Adapun pemutakhiran data pemilih adalah kegiatan untuk memperbaharui data pemilih berdasarkan DPT dari pemilu dan pemilihan terakhir, serta DPTLN yang disandingkan dengan DP4 serta dilakukan pencocokan dan penelitian yang dilaksanakan oleh KPU Kabupaten/Kota dengan dibantu oleh PPK, PPLN, PPS, dan Pantarlih.

Pencocokan dan penelitian yang selanjutnya disebut Coklit adalah kegiatan yang dilakukan oleh Pantarlih dalam pemutakhiran data pemilih dengan cara mendatangi pemilih secara langsung.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Honor Pantarlih

Lantas berapa honor pantarlih?

Mengutip dari akun KPU Kepri, honor Pantarlih Pemilu 2024 berada di angka Rp Rp 1 juta. Angka ini naik dibanding pada pemilu 2029 yang berada di angka Rp 800 ribu rupiah.

 

 

Anggota KPU Yulianto Sudrajat menyampaikan, selain kenaikan honor, pemerintah juga telah menetapkan satuan biaya untuk perlindungan bagi petugas badan ad hoc, untuk kecelakaan kerja bagi badan ad hoc, dan penyelenggara Pemilu dan Pemilihan 2024.

Rinciannya, santunan bagi yang meninggal dunia Rp36.000.000 perorang, untuk yang cacat permanen Rp3.800.00 perorang, luka berat Rp16.500.000 perorang, luka sedang Rp8.250.000 perorang.

Bantuan biaya pemakaman, Rp10.000.000 perorang, ini perlindungan bagi badan ad hoc apabila terjadi kecelakaan selama proses penyelenggaraan pemilu 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat