uefau17.com

Akun Instagram welovehonda_id Siap Klarifikasi Hari Ini, Soal Permasalahan Rangka eSAF? - Otomotif

, Jakarta - Para pencinta roda dua di Indonesia sedang dihebohkan oleh kabar durabilitas skutik keluaran Honda. Beragam video soal rangka skutik Honda yang patah atau keropos pun viral di dunia maya.

Video skutik yang mengalami kerusakan tersebut kebanyakan keluaran terbaru, sehingga netizen pun beranggapan masalah berada pada rangka eSAF yang pertama kali digunakan pada Genio pada tahun 2019 silam.

Di tengah keramaian viralnya permasalahan ini, akun Instagram resmi @welovehonda_id memberikan pernyataan bahwa akan ada klarifikasi hari ini, diunggah pada 23 Agustus 2023, pukul 10.36.

"Akan ada klarifikasi hari ini" tertulis pada foto yang diunggah. Sementara itu, akun tersebut menuliskan emoticon "🙏🏻🙏🏻🙏🏻" sebagai keterangan.

Unggahan tersebut langsung ramai dikunjungi oleh netizen, sampai berita ini ditulis sudah mendapatkan 13.347 likes dan  ribuan komentar. 

Komentar Netizen Soal Klarifikasi Honda

Netizen pun berama-ramai menyerbu kolom komentar akun Instagram resmi @welovehonda_id. Ada yang menunggu solusi, ada yang memberikan masukan, dan ada yang menilai langkah yang dilakukan kurang cepat. Berikut komentar warganet:

  • " Beat karbu gw sudah 10th lebih sampai sekarang ya aman aman aja 😂," tulis erikardianto.
  • " Ditunggu kabar baiknya, berharap recall semua motor yg menggunakan rangka esaf 🔥," kata noval_dn. 
  • " Jujur nih ya? Saya sdhb2x ditawarin scopy terbaru dr beberapa orang. Ada yg pemakaian 3 bln dan ada yg br 2 minggu beli. Dan temen2 saya jg banyak yg dpt tawaran serupa di kalsel nih," ungkap  margon.mg96.
  • "Harus Perbaiki atau anda akan kehilangan pasar di Indonesia," ucap ekhrmwn.
  • "Please kasih yang terbaik buat customer, dengan solusi yang tepat dan akurat," pesan dari rafli__r. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengenal Asal Muasal Rangka eSAF Milik Honda yang Viral Akibat Patah dan Keropos di Media Sosial

Sepeda motor Honda belakangan ini sedang menjadi sorotan netizen Indonesia. Melalui video yang diunggah oleh @imanmadden, terlihat sejumlah skutik Honda yang mengalami patah pada bagian sasisnya sehingga motor seakan-akan terlipat. 

Pengguna akun Tiktok @azka3044 berbagi video masalah lain, video tersebut berisikan tentang skutik Honda mengalami keropos pada bagian bawah rangkanya. 

Semua motor skutik yang dibagikan oleh kedua akun tersebut berisikan skutik Honda yang relatif keluaran baru. Netizen pun berpendapat bahwa rangka eSAF yang menjadi penyebab sejumlah kerusakan tersebut. Lantas, seperti apa asal muasal rangka eSAF milik Honda?

PT Astra Honda Motor (AHM) pertama kali menggunakan teknologi rangka enhanced Smart Architecture Frame (eSAF) pada skutik Genio yang diluncurkan 2019 silam. 

Produksi rangka eSAF dilakukan di Pabrik AHM di kawasan MM2100 Cikarang Jawa Barat. Honda mengklaim teknologi eSAF membuat motor Genio lebih lincah, ringan, dan nyaman saat digunakan. 

Rangka eSAF pada Honda Genio menggunakan proses press serta laser welding. Strukturnya dikembangkan untuk meningkatkan stabilitas pengendalian dan pemanfaatan ruang untuk bagasi serta bahan bakar. 

GM Plant AHM Cikarang Dodi Sutriadi mengatakan proses produksi rangka baru eSAF pada Honda Genio didesain secara khusus untuk menghasilkan kuliatas rangka terbaik dengan bobot yang jauh lebih ringan agar dapat memberikan kemudahan bermanuver di jalan. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat