uefau17.com

Chery Indonesia Bakal Boyong Jaecoo 7, Intip Dulu Spesifikasinya - Otomotif

, Jakarta - Chery International menghadirkan Jaecoo sebagai sub-brand terbaru mereka. Debutnya berlangsung di Shanghai Auto Show 2023 beberapa waktu lalu. Salah satu model yang diperkenalkan adalah Jaecoo 7.

Jaecoo 7 diposisikan oleh perusahaan sebagai SUV yang lebih advanced dari tampilan dan fiturnya. Segmen mobil dituju oleh Jaecoo adalah SUV off-road urban khusus bagi konsumen perkotaan dengan selera tinggi.

Vice President of Chery International, CEO of Omoda & Jaecoo International sekaligus President PT Chery Sales Indonesia (CSI), Shawn Xu menjelaskan, Jaecoo 7 di pasar domestik Cina diberi nama TJ-1. Mobil ini rencananya juga akan dipasarkan ke Indonesia.

"Di pasar domestik (China) kita beri nama TJ-1, tapi untuk pasar internasional atau global kita namakan Jaecoo. Mobil ini pasti kami akan bawa ke Indonesia," katanya saat ditanya peluang menjual Jaecoo 7 di Indonesia.

Selain pernyataan Shawn Xu, sinyal kehadiran Jaecoo 7 sejatinya sudah bisa dilihat dari laman resmi Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Chery terpantau mendaftarkan desain yang diduga dari TJ-1 (Jaecoo 7) dengan dokumen Berita Resmi Desain Industri No.13/DI/2023. Desain mobil tersebut didaftarkan langsung oleh Chery Automobile Co., LTD, yang beralamat di Wuhu, Anhui, China.

Eksterior

Dimulai dari sektor tampilan lebih dulu. Jaecoo 7 hadir dengan DNA SUV yang tangguh, siluet badannya sengaja mengusung visual mengkotak. Pendekatan ini membuat Jaecoo 7 tampil menarik dan modern.

Wajahnya tampil berani dengan komponen grille yang cukup besar. Bagian fasad dipermanis dengan lampu utama berteknologi LED, foglamp LED, hingga peranti Daytime Running Light (DRL).

Geser ke samping, aura SUV makin kental berkat penggunaan komponen over fender, roof rail, pelek yang cukup lebar, dan peranti side skirt. Tarikan garis bodi dari sisi samping itu dibuat tebal untuk mengimpretasikan aura kekarnya dan boxy-nya.

Bagian belakang pun hadir dengan nuansa SUV modern. Komponen stoplamp sudah mengusung model tail light LED horizontal yang menyatu dari sisi kiri hingga ke kanan. Buritannya diperkuat dengan spoiler, diffuser, dan 2 buah celah knalpot.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Interior

Sektor interior juga jadi nilai jual yang ditawarkan oleh Jaecoo 7. Ketika saya masuk ke dalam kabin, nuansanya mewah dengan perpaduan unsur sporty. Hampir seluruh bagian sudah dilapisi dengan bahan soft touch, baik di dashboard hingga seluruh doortrim,

Panel infotainment sekaligus pengaturan seluruh fitur menggunakan layar yang besar vertikal di bagian tengahya. Kualitas gambar sangat baik dengan dengan sensitivitas sentuh yang juga akurat. Peranti ini mengusung chipset qualcomm yang membuatnya bisa melakukan update OTA.

Lingkar kemudi alias setirnya pakai model flat bottom berlapis kulit dengan tombol pengaturan lengkap di sisi kiri dan kanan. Sementara untuk panelmeter MID menggunakan desain persegi panjang yang juga menampilkan kesan 3 dimensi.

Layout dashboard yang hadir pada Jaecoo 7 bisa kami bilang menarik. Dia mengusung desain 2 layer dengan pemanis aksen yang variatif. Konsol tengahnya memiliki beberapa fungsi, di situ juga jadi lokasi penempatan tuas transmisi berbentuk futuristiknya.

Jaecoo 7 hadir sebagai pilihan SUV 5 penumpang. Seluruh jok sudah dibekali dengan komponen head rest masing-masing. Di bagian belakang atau pilar C punya ruang yang besar, tapi oleh perusahaan dibuat hanya untuk kompartemen bagasi.

Saat ini atau di tahap awal peluncurannya, Jaecoo 7 hadir dengan 1 pilihan enjin saja. Namun, kabarnya pada tahun depan, SUV ini juga akan kebagian opsi Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), dan disusul pilihan Battery Electric Vehicle (BEV) pada 2025.

Dari lembar spesifikasi yang kami terima dari tim produk Chery International di Wuhu, Jaecoo 7 versi bensin dibekali enjin 1.600 cc, Turbocharged yang sanggup memproduksi tenaga maksimal 136,5 kW atau 185 Hp pada dan torsi puncak 275 Nm.

Output dari mesin tersebut kemudian dikawinkan dengan transmisi 7-speed DCT Electric Shifter plus penggerak all wheel drive (AWD). Dengan rancang ini, Jaecoo 7 diklaim memiliki kecepatan puncak hingga 210 km/jam dan konsumsi BBM di 7.1 liter/100 km atau setara 14,2 km/liter.

Bicara dimensinya, Jaecoo 7 memiliki panjang 4.500 mm, lebar 1.865 mm, tinggi 1.680 mm, dan wheelbase di 2.650 mm. Bila sengaja membandingkan dengan Tiggo 8 Pro, Jaecoo 7 tampil sedikit lebih kompak.

 

3 dari 3 halaman

Kelengkapan Fitur

Mobil ini dilengkapi dengan 7 driving mode sekaligus, yakni Mud, Sand, Snow, Off-road, Eco, Nomal, dan Sport. Sementara untuk sisi keamanan, mobil Jaecoo 7 berbekal dengan ADAS lebih dari 20 fungsi, 10 buah Airbags, dan kamera 540 derajat.

Di bawah ini adalah fitur lainnya:

  • Head Up Display
  • Apple Carplay
  • Wireless Charging (Fast 50 W)
  • Heating & Colling Seat
  • Electric Adjustable Seat
  • Panoramic Sunroof
  • Audio by SonyAmbient Light
  • Self Sensing Auto Defogging.

Melihat fitur, spesifikasi mesin, dan desainnya, kami rasa Jaecoo 7 akan menjadi produk yang menarik di Indonesia. Dia akan bersinggungan dengan Honda CR-V atau mungkin Mazda CX-5.

Ini jadi kesempatan buat Chery untuk kembali menuai respons positif seperti Omoda 5. Asalkan fitur serta spesifikasi tak mengalami penyunatan besar dan harga yang bisa kompetitif atau paling tidak di bawah kedua kompetitiornya. 

Sumber: Oto.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat