uefau17.com

Penjualan Daihatsu pada Kuartal I 2023 Naik 22,6 Persen - Otomotif

, Jakarta - Penjualan roda empat di Indonesia makin menunjukkan peningkatan yang cukup positif. Bahkan, setelah pandemi Covid-19 yang terjadi sejak tiga tahun lalu, kondisi industri otomotif semakin membaik pada tahun ini.

Bahkan, menutup kuartal 1 2023, salah satu pabrikan mobil besar di Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kembali mencatatkan penjualan yang positif.

Dalam tiga bulan pertama tahun ini, jenama asal Jepang ini mencatatkan lebih dari 57 ribu unit atau sekitar 22,6% dibandingkan periode yang sama tahun lalu sekitar 46 ribu unit.

Secara volume dan kontribusi, penjualan ritel Daihatsu hingga Maret 2023 didominasi oleh tiga model, seperti Sigra sebanyak 16.753 unit, atau berkontribusi sekitar 29,1 persen, disusul Gran Max PU (Pick Up) 13.100 unit (22,8 persen), dan Terios 7.773 unit (13,5 persen).

“Kami bersyukur, menutup Kuartal I penjualan Daihatsu raih capaian positif dengan kenaikan penjualan sebesar 22,6 persen. Semoga pasar otomotif tahun ini dapat terus meningkat,” ujar Rudy Ardiman, Domestic Marketing Division Head PT ADM, Senin (10/4/2023).

Sementara itu, LMPV andalan PT ADM, Xenia harus puas di posisi keempat, dengan penjualan retail sebanyak 7.008 unit atau berkontribusi sebesar 12,2 persen.

Sedangkan untuk Ayla, mampu terkirim sebanyak 6.680 unit sepanjang Januari hingga Maret 2023, dengan kontribusi sebesar 11,6 persen.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Saat Ramadhan 2023, Peminat Mobil Bekas Meningkat 2 Kali Lipat

Saat bulan Ramadhan penjualan mobil biasanya mengalami peningkatan. Khususnya pasar mobil bekas alias mobkas, ketika calon konsumen melakukan pembelian, mobil bisa langsung diterima dan digunakan untuk mudik ke kampung halaman saat Lebaran.

Menurut Jany Candra, CEO PT Autopedia Sukses Lestari Tbk, penjualan di Caroline bisa meningkat dua kali lipat jelang puasa atau Lebaran.

"Biasanya Lebaran itu meningkat hingga dua kali lipat dari bulanan biasanya. Biasanya, sebulan kami bisa 200 unit, dan jelang Lebaran bisa 400-an unit," jelas Jany, saat ditemui di Gading Serpong, Tangerang, beberapa waktu lalu.

Seiring dengan permintaan yang meningkat, Jany mengiyakan jika harga jual mobil bekas menjelang Lebaran juga naik. Para pedagang mobkas, biasanya sudah mulai meningkatkan stok atau ketersediaan unitnya.

"Kita lagi proses nambah stok terus. karena kami kan ada satu ekosistem, ada lelang, kita juga punya bursa mobil, dan sedang set-up pegadaian. jadi kami punya sumber mobkas yang lebih beragam," tambahnya.

Sementara itu, untuk model yang banyak dicari konsumen, adalah mobil dengan harga di bawah Rp 250 juta dengan kapasitas 7 tempat duduk. Kendaraan yang banyak dicari adalah Toyota Avanza, Toyota Calya, Daihatsu Sigra, ataupun Honda Brio.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat