uefau17.com

Motor Kustom Racikan Anak Bangsa Siap Ramaikan Motor Bike Expo 2023 di Italia - Otomotif

, Jakarta - Motor kustom racikan anak bangsa bakal meramaikan pameran internasional Motor Bike Expo 2023 yang berlangsung pada 27-29 Januari mendatang di Verona, Italia. Setidaknya ada dua motor kustom berbasis Harley-Davidson yang disiapkan untuk mejeng di event bergengsi tersebut.

Disebutkan, motor-motor kustom ini merupakan hasil kolaborasi antara Surui Motor Garage, Garage 19, Kawahara Racing, dan FreeFlow Kustom. Menariknya, motor kustom ini dibangun dengan waktu relatif singkat, satu bulanan.

Adapun basis motor yang digunakan meliputi Harley-Davidson Road Glide lansiran 2015 dan Harley-Davidson Dyna keluaran 2008. Yang menarik, salah satu motor kustom yang diracik khusus ini kental dengan nuansa Indonesia.

Pasalnya, beberapa bagian dari motor ini, seperti pada fairing, tangki, dan bodi samping dibalut dengan motif batik yang dibuat secara handmade oleh tim dari FreeFlow Kustom.

"Karena kami ingin membawa nama Indonesia di Italia, makanya kami usung desain Batik seperti ini," terang Andre C Tenardi, builder Garasi 19 di markas Garasi 19 di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu (7/1/2022) malam.

Fahmi, penggawa FreeFlow Kustom mengatakan, motif Batik yang diaplikasikan terdiri dari beberapa daerah, di antaranya Toraja, Bali, dan Jawa.

 

Menurut Fahmi, hal yang paling menantang dalam pengerjaannya adalah penentuan motif dan memadupadankan warna karena motor ini memiliki konsep modifikasi Bagger Performance.

"Jadi antara Batik dan performance untuk menyatukannya susah banget karena performance (karakternya) lebih keras dan cepat sedangkan Batik itu lebih luwes dan eksotis," kata seniman asal Bandung, Jawa Barat.

"Akhirnya saya masukan unsur Batik Toraja karena karakternya yang tegas, lalu motif Bali yang saya ambil dari mahkota-mahkota yang biasa dipakai di Barong karena berkesan logam dan keras, lalu ada sudut tajamnya juga. Jadi unsur-unsur ini yang menurut saya masuk ke konsep utama dari motor ini," tambah Fahmi.

Lebih lanjut Fahmi menyebutkan, ada beberapa teknik painting yang diterapkan dalam penggarapan motif Batik tersebut.

"Ada teknik manual hand painting, airbrush, gold leafing, dan canting batik. Jadi semua teknik yang ada di custom paint sudah diaplikasikan ke motor ini," jelasnya.

Untuk memperkuat kesan performance, terdapat unsur karbon di beberapa bagian seperti pada spakbor depan-belakang, bodi samping, dan tangki. Selain itu, terdapat pula sederet part aksesori racikan Surui Motor Garage yang dikerjakan khusus oleh Kawahara Racing menggunakan mesin CNC.

Beberapa part yang dipasang meliputi derby cover, raiser, triple clamp, air juicer, swing arm, floorboards, breket kaliper rem, dan knalpot. Untuk bagian lampu utama menggunakan Badja Design, sementara peleknya dari Road Glide 2015 Arleness dan kaliper rem Brembo untuk menguatkan kesan performa tinggi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peluncuran Aplikasi Modifikasi

Selain memamerkan sekaligus mengikuti kontes motor kustom, Surui Motor Garage juga akan meluncurkan aplikasi modifikasi motor Harley-Davidson bernama Surui Garage saat gelaran Motor Bike Expo 2023 bergulir. Aplikasi ini dikembangkan oleh Niji Games.

"Pameran tersebut dianggap sebagai sebuah kesempatan terbaik untuk General Availibility Release Mobile Apps Surui Garage dan mengenalkan kepada Dunia serta menjadi sarana promosi produk aksesoris serta hasil modifikasi hasil karya anak bangsa Indonesia dengan kualitas terbaik agar dapat diakui dunia dalam event Pameran Motor terbesar di Dunia yaitu Motor Bike Expo (MBE) tahun 2023," jelas Deny, Partner Founder Surui.

Disebutkan, aplikasi ini baru tersedia pada sistem IOS. Sementara untuk Android masih dalam tahap pengembangan. Melalui aplikasi ini, pengguna moge asal Amerika Serikat dapat memodifikasi tunggangannya sesuai keinginannya. Terdapat sejumlah komponen dan warna cat yang bisa diaplikasikan sesuai keinginan.

"Di sini kita bisa modif sesuka hati, seperti ganti pelek, atau warna cover engine. Jadi sebelum beli part-nya bisa divisualkan lebih dulu, nanti baru dibuatkan sesuai permintaan," ujar Deny.

Sekadar informasi, Surui Motor Garage merupakan produsen dan manufactur aftermarket parts Harley Davidson yang berada di bawah naungan PT Surui Arshaka Group. Merek yang didirikan pada 2022 itu ditunjuk menjadi Exclusive Distributor Vity's Design Italy untuk wilayah Asia Tenggara dan Australia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat