uefau17.com

Ketika Suzuki Carry Disulap Menjadi VW Dakota, Menggoda Banget - Otomotif

, Semarang - Siapa sangka jika VW Dakota ini adalah Suzuki Carry. Ya, basis mobil lawas itu merupakan pikap andalan Suzuki lansiran 2023 yang telah dikustom oleh Yumos Garage.

Tangan dingin pentolan Yumos Garage, Wahyudi Pamungkas, menghasilkan karya luar biasa berupa VW Dakota 1966. Tidak sekadar swap body, proses kustomisasi mobil ini melalui proses yang sangat Panjang.

Pria yang karib disapa Yudi itu menceritakan bahwa proses pengerjaan Suzuki Carry berwujud VW Dakota ini memakan waktu hingga 11 bulan. Mobil kustom ini digarap di markas Yumos Garage yang berada di Semarang, Jawa Tengah.

Yudi juga menyatakan, dalam membangun Dakota kustom ini ia mengambil contoh dari Kombi Brasil tahun 80an. Kemudian dikonversi menjadi VW Dakota dengan melakukan ubahan pada bagian depan, samping, dan belakang dengan gestur yang menyerupai bentuk asli Dakota.

"Awalan kalau kita mau bikin mobil bentuk Dakota, yang pertama diubah tentu wheelbase-nya. Karena beda wheelbase-nya dari Suzuki Carry dengan Dakota ini kan lebih panjang punya mobil Dakota, sehingga kita mundurin wheelbase-nya 20 cm, disesuaikan dengan panjangnya dengan VW Dakota," terang Yudi saat dihubungi , Selasa (4/6/2024).

"Kemudian kabelnya kita sambung, kita las ulang, kemudian kita balance, setelah itu baru nanti kita nyambung di instalasi rem dan lain-lain menyesuaikan panjangnya itu," tambahnya.

Untuk komponen mekanis seperti pedal dan lain-lain, masih bawaannya dari Suzuki Carry. Untuk menunjang kinerja agar maksimal, Yumos perlu melakukan beberapa penyesuaian seperti membuat bracket untuk pedal gas, rem, dan kopling.

"Satu lagi, posisi tuas persneling juga kita ubah juga karena penyesuaian dari jok yang akan kita pasang, karena dengan jok asli punya Carry kan berbeda, jadi kita ubah posisi dari tuas hand brake-nya," ujarnya.

"Kemudian juga tuas persneling juga kita sesuaikan dengan gesturnya mobil Dakota ini, jadi banyak sekali penyesuaian-penyesuaian di mekanis, terutama di mekanis bagian depan yang harus kita ubah menyesuaikan bentuk asli Dakota," sambungnya lagi.

Yudhi menegaskan, mobil kustom ini telah diuji coba dan aman untuk dikendarai. Sejauh ini ia belum pernah menerima keluhan dari konsumen terkait performa mobil garapannya, terlebih lagi dokumen mobil inipun telah diubah dari pikap menjadi mobil penumpang station wagon.

"Selama ini kalau kita jual unit baru itu hampir enggak ada masalah untuk mesin, kaki-kaki, karena mobil baru. Sejauh ini sih Alhamdulillah enggak ada kendala untuk dari segi mesin, kaki-kaki, suspensi, dan lainnya itu aman," tuturnya.

Sekadar informasi, mesin yang digunakan pun tak mengalami ubahan. Masih menggunakan mesin K15B-C berkapasitas 1462cc yang menjadi andalan Suzuki Carry.

Meski bertampang lawas, Dakota kustom ini dilengkapi fitur entertainment multimedia audio yang didukung sub woofer 10inch, power 4&2 chanel, dan head unit android.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga

Soal harga, semua tergantung keinginan konsumen. "Tergantung dari klien maunya interior seperti apa, kemudian apakah mobil donornya dari klien, kita yang bikin Dakotanya, itu mempengaruhi harganya," kata Yudi.

"Tapi kalau misalkan mobil dari klien, kita yang modif, promoting dari kita ya rincinya kurang lebih sekitar antara Rp 600 sampai 650-an kurang lebih," sahutnya.

Untuk diketahui, Yumos Garage juga memiliki VW Dakota kelir cokelat oranye berbasis Suzuki Carry yang siap dipinang oleh konsumen. Buat yang berminat, siapkan kocek cukup dalam ya.

"Ini mobil sendiri (bukan pesanan). Kalau ada yang mau boleh, kita jual di harga Rp 925 jutaan," bisik Yudi.

Seperti diketahui,Suzuki Carry sendiri dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya untuk kebutuhan pelayanan kesehatan, mobil niaga ini dapat dialihfungsikan sebagai ambulance.

Dalam industri kuliner, Suzuki Carry dapat disesuaikan menjadi coffee truck atau mobil penunjang jenis makanan dan minuman lainnya.

Kemudian, untuk menunjang aktivitas hobi, Suzuki Carry juga dapat diandalkan sebagai surf truck untuk para pecinta aktivitas pantai dan laut serta membawa kebutuhan berselancar. Selain itu, Suzuki Carry juga dapat diandalkan sebagai armada logistik dan transportasi umum.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat