uefau17.com

Gangguan Body Dysmorphia dalam Diri Artis Cantik Megan Fox, Apakah Itu? - On Off

, Jakarta Aktris Megan Fox, bintang sampul edisi Sports Illustrated Swimsuit 2023, mengatakan dia termasuk di antara 5 juta hingga 10 juta orang di Amerika Serikat yang terkena body dysmorphia, dikutip dari CNN.

“Saya tidak pernah melihat diri saya seperti orang lain melihat saya. Tidak pernah ada titik dalam hidup saya di mana saya mencintai tubuh saya, tidak pernah!”kata Fox dalam wawancara video dengan Sports Illustrated.

Gejala khas dari dismorfia tubuh ditunjukkan melalui perbedaan seseorang memandang diri mereka sendiri dibandingkan orang lain melihatnya. Menurut American Psychological Association, ini juga ditandai dengan perhatian yang berlebihan terhadap sedikit anomali fisik.

"Jika orang ini memiliki, seperti, bekas luka yang sangat terlihat atau cacat fisik lainnya yang terlihat, bukan itu yang sedang kita bicarakan," kata Ramani Durvasula, seorang psikolog klinis dan penulis yang tinggal di California, dikutip dari CNN.

Dia menambahkan, “Individu menjadi sibuk, bahkan hampir obsesif, pada fitur fisik kecil. Mungkin ada sedikit cacat, benjolan kecil di hidung, gigi yang sedikit keluar dari garis, bentuk sesuatu, tetapi tidak terlihat oleh orang lain. Itu tidak pernah cukup baik… dan itu pada dasarnya akan mengambil alih hidup mereka.”

Melansir CNN, sekitar 2% dari populasi global mengalami body dysmorphia dan gangguan tersebut mempengaruhi pria dan wanita dengan skala yang hampir sama, menurut Anxiety & Depression Association of America. Gejala biasanya mulai muncul pada masa remaja saat tubuh mulai berubah secara drastis.

Meski begitu, terkadang dismorfia tubuh umumnya disalahartikan sebagai gangguan makan, tetapi bukan itu masalahnya, menurut Durvasula dan Ann Kearney-Cooke, seorang psikolog yang berbasis di Cincinnati yang berspesialisasi dalam gangguan makan dan citra tubuh.

Orang dengan gangguan makan disibukkan dengan distorsi dalam cara mereka memandang bentuk atau berat badan mereka, menurut Durvasula.

Dia berkata, "Orang tersebut terlibat dalam perilaku (gangguan makan) serta apa yang kita sebut perilaku kompensasi, yang bisa berupa hal-hal seperti tidak makan untuk jangka waktu tertentu, olahraga berlebihan, penggunaan diuretik atau obat pencahar, hal semacam itu."

Dismorfia tubuh, umumnya berpusat di sekitar fitur yang dibayangkan atau nyata, kata para ahli.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hidup dengan body dysmorphia

Efek dari dismorfia tubuh dapat meluas ke semua aspek kehidupan hingga sosial, atau bidang pekerjaan dan keuangan terutama jika gangguan tersebut bertambah parah dari waktu ke waktu.

“Karena mereka begitu terobsesi dengan perasaan bahwa ada masalah fisik ini, mereka akan menghabiskan banyak waktu dan uang untuk mendapatkan perawatan medis kosmetik atau perawatan gigi kosmetik, perawatan kulit, bahkan perawatan bedah,” kata Durvasula.

Melansir CNN, Durvasula juga menyebutkan, orang dengan gangguan  ini cenderung selalu ‘memeriksa’. Ini seperti menghabiskan banyak waktu melihat ke cermin dan mengambil selfie yang tak terhitung jumlahnya kemudian menilainya.

Melihat ke cermin secara kompulsif dapat meredakan ketakutan tentang bagaimana orang berpikir tentang penampilan mereka atau membantu mereka melihat apakah cacat yang dirasakan masih ada atau telah memburuk, menurut National Association of Anorexia Nervosa and Associated Disorders.

Seseorang dengan gangguan tersebut mungkin juga mencari jaminan dari orang lain dengan menanyakan apakah mereka melihat kekurangannya, apakah suatu fitur terlihat baik-baik saja, atau apakah ada yang salah dengan atau berbeda dengan fitur tersebut.

Hal tersebut juga menimbulkan akibat yang berbahaya hingga fatal. Menghabiskan begitu banyak waktu menganalisis penampilan mereka dapat mengakibatkan sering terlambat bekerja atau tidak mengerjakan tugas sekolah. Beberapa orang menempatkan diri mereka dalam bahaya keuangan dengan membeli produk atau prosedur kosmetik bahkan 

menimbulkan hutang untuk diri mereka sendiri atau keluarga mereka, dan terkadang melakukannya secara rahasia karena khawatir akan apa yang mungkin terjadi jika orang mengetahuinya.

Kearney-Cooke memiliki seorang pasien yang sangat terobsesi dengan cacat yang terlihat di hidungnya sehingga dia selalu melihat ke cermin, bahkan saat mengemudi, kata psikolog tersebut. Menabrakkan mobil ke pohon saat melakukan itu adalah panggilan untuk membangunkan pasien, katanya, yang mengarah ke perawatan dan akhirnya beberapa perbaikan.

3 dari 3 halaman

Perawatan untuk body dysmorphia

Dismorfia tubuh tidak dapat disembuhkan, termasuk ‘kondisi klinis yang sulit’ untuk dikelola karena ini merupakan pola yang sangat resisten terhadap perubahan, menurut Durvasula. Tetapi beberapa perawatan yang efektif tersedia.

Melansir CNN, salah satu yang disukai oleh banyak ahli adalah terapi perilaku kognitif. Pikiran seseorang diyakini mendorong perilaku ini, jadi terapis bekerja menggunakan distorsi terhadap orang tersebut dan memulai dari sana, kata Durvasula. 

Dikarenakan dismorfia tubuh berada dalam kategori yang sama dengan gangguan obsesif-kompulsif, perawatan untuk OCD, seperti pencegahan paparan dan respons, juga dapat membantu menangani dismorfia tubuh. Dalam lingkungan yang aman, terapi ini memaparkan orang pada situasi yang memprovokasi obsesi atau pemicu mereka dan mengharuskan mereka untuk memilih untuk tidak merespons dengan perilaku kompulsif.

“Mereka harus benar-benar mentolerir ketidaknyamanan karena tidak terlibat dalam perilaku pengecekan. Tapi itu harus dilengkapi dengan pekerjaan perilaku kognitif.” jelas Durvasula, mengingat saat menjalani perawatan seperti itu, seseorang dengan dismorfia tubuh tidak dapat sering melihat ke cermin atau berfoto selfie.

Para peneliti telah melihat bahan kimia otak, seperti serotonin, yang juga menjadi penyebab dismorfia tubuh, menurut Kearney-Cooke , jadi antidepresan yang dikenal sebagai selective serotonin reuptake inhibitors atau SSRI juga dapat membantu dalam pengobatan.

Durvasula juga mengingatkan, jika Anda tidak dapat menemukan ahli kesehatan mental yang berspesialisasi dalam body dysmorphia, cobalah bekerja dengan seseorang yang memiliki keahlian dalam OCD atau gangguan makan.

 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat