uefau17.com

Ketahui Rahasia Merawat Rambut Beruban dengan Biji Kalonji - On Off

, Jakarta Biji kalonji atau dikenal jintan hitam atau biji Nigella dikenal sebagai salah satu obat tradisional yang punya banyak khasiat untuk kesehatan. Lebih dari itu, jenis biji satu ini juga ternyata bisa membantu merawat rambut khususnya yang beruban.

Lantas, apa saja manfaat biji kalonji untuk rambut?

Seiring bertambahnya usia, muncul uban menjadi hal yang wajar. Namun, stres, genetika, dan pola makan yang buruk juga menjadi pemicu rambut beruban.

Sementara itu, rambut beruban dapat dicegah dengan beberapa produk yang ada di pasaran. Akan tetapi, banyak dari produk tersebut mengandung bahan kimia keras yang justru membahayakan rambut dan kulit kepala. Nah, karena itulah biji kalonji ini berperan.

Antioksidan dalam biji kalonji melindungi rambut dari kerusakan dan mencegah uban prematur. Selain itu, juga mengandung asam lemak esensial yang meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat.

Di samping itu, biji Kalonji juga memiliki sifat anti inflamasi yang dapat menenangkan kulit kepala dan mencegah ketombe.

Berikut ini beberapa ide penggunaan biji kalonji untuk merawat rambut seperti melansir Timesnownews, Rabu (15/3/2023).

Minyak rambut

Minyaknya bisa dibuat dengan mencampurkan biji kalonji dengan minyak kelapa dan memanaskannya selama lima sampai sepuluh menit. Setelah minyak mendingin, saring bijinya dan pijat ke rambut dan kulit kepala Anda. Pastikan untuk mendiamkan minyak setidaknya selama satu jam atau semalaman jika memungkinkan. Setelah itu, baru bilas dengan sampo.

Selain itu, campuran biji kalonji dan henna juga bisa digunakan untuk merawat uban.

Pewarna rambut alami, seperti pacar juga dapat membantu menutupi uban dan memberikan warna. Buat pasta kental dengan mencampurkan bubuk inai dengan biji kalonji dan air secukupnya. Biarkan pasta menempel di rambut selama beberapa jam sebelum dicuci.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Lainnya

Suplemen

Untuk mencegah rambut beruban, Anda juga bisa mengonsumsi biji kalonji secara internal. Dalam hal pertumbuhan rambut yang sehat dan mencegah uban prematur, biji kalonji tersedia dalam bentuk suplemen.

Salah satu cara untuk memasukkannya ke dalam makanan Anda adalah dengan menaburkannya pada salad, sup, atau hidangan lainnya.

Meskipun biji kalonji tidak dapat menjamin bahwa rambut beruban akan dicegah, mereka adalah pilihan alami dan aman yang patut dipertimbangkan. Namun, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi biji kalonji ini.

Biji Kalonji telah dikonsumsi selama berabad-abad sebagai obat alami untuk meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat dan mencegah uban prematur.

Anda dapat menggunakan minyak biji kalonji, pasta biji henna dan kalonji, atau makan biji kalonji secara internal untuk meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat dan melindungi rambut Anda dari kerusakan.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat