uefau17.com

Relasi Kereta Api Jakarta-Banyuwangi Bakal Dibuka Juli 2024, Ipuk Sambut Positif - News

, Jakarta PT Kereta Api Indonesia atau KAI bakal membuka relasi Jakarta-Banyuwangi pada Juli 2024 mendatang. Rute Jakarta-Banyuwangi tersebut akan dilayani menggunakan rangkaian KA Blambangan Ekspress.

Sebelumnya, KA Blambangan Ekspress adalah kereta api penumpang kelas eksekutif dan ekonomi yang melayani relasi Stasiun Ketapang Banyuwangi-Stasiun Semarang Tawang. Dengan adanya perpanjangan hingga Jakarta, kereta yang diluncurkan tahun 2022 itu bakal melayani rute Stasiun Ketapang (Banyuwangi)-Stasiun Pasarsenen Jakarta. 

Berkaitan dengan itu, Bupati Banyuwangi, Ipuk Fietiandani menyebut bahwa dibukanya relasi KA Jakarta-Banyuwangi oleh PT KAI akan memberikan dampak positif kepada Banyuwangi mulai dari aspek ekonomi maupun sosial.

“Segera dibukanya rute Jakarta-Banyuwangi memberikan dampak positif kepada kita, berbagai macam pilihan transportasi Banyuwangi dari dan menuju Jakata sekarang banyak alternatif, karena selain pesawat dan bus, kini ditambah kereta api," ujarnya.

Ipuk juga berharap, dengan adanya transportasi kereta ke Banyuwangi, kunjungan ke Banyuwangi akan meningkat. Ia pun mengatakan, Pemkab Banyuwangi akan terus memaksimalkan potensi ekonomi yang hadir.

"Banyuwangi pastinya akan mempersiapkan dampak positif tentunya dan kunjungan akan lebih banyak ke Banyuwangi, potensi peningkatan ekonomi warga juga terkerek pastinya," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rute KA Favorit

Dilansir dari kanal Lifestyle, pergerakan wisatawan Nusantara (wisnus) pada momen long weekend libur Iduladha beberapa waktu lalu memberikan dampak yang cukup luar biasa. Terekam data destinasi wisata dan perjalanan kereta api para pelancong yang menyebutkan bahwa, rute kereta api Yogyakarta ke Banyuwangi sebagai salah satu yang favorit.

"Ini kan sesuatu yang orang nggak pernah kita mengira, ternyata Banyuwangi luar biasa," ungkap Adiyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Nia Niscaya, dalam The Weekly Brief with Sandi Uno pada Rabu (19/6/2024). 

Banyuwangi menurutnya kini inovatif dalam mengembangkan pariwisatanya, salah satunya dengan wisata seribu patung penari gandrung.

"Dan jangan lupa bahwa Banyuwangi resort-nya keren ya," sambungnya.

 

(*)

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat