uefau17.com

Selamat, Pemkot Cilegon Kembali Juara 3 Paritrana Award 2023 - News

, Serang Paritrana Award Tingkat Provinsi Banten kembali digelar. Dalam ajang tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon berhasil mempertahankan gelar juara ketiga, di kategori Pemerintah Kabupaten/Kota. Pemkot Tangerang Selatan meraih juara kedua, sementara juara pertama diraih Pemerintah Kabupaten Tangerang.

Penghargaan dari BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Banten itu diserahkan langsung oleh Plh. Sekretaris Daerah (Setda) Provinsi Banten, Virgojanti yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia kegiatan, kemudian diterima oleh oleh Sekda Kota Cilegon, Maman Mauludin sebagai perwakilan dari Pemkot Cilegon. Maman Mauludin, setelah menerima penghargaan mengatakan bahwa penghargaan tersebut merupakan bukti komitmen Pemkot Cilegon dalam melindungi masyarakat terkait jaminan sosial ketenagakerjaan. 

"Ini bukti bahwa Pemerintah Kota Cilegon hadir di tengah masyarakatnya. Para pekerja yang rentan, seperti pekerja non formal, nelayan, RT/RW, marbot masjid, non ASN, kader Pemkot Cilegon, atau pekerja yang membantu pemerintah kota Cilegon, akan mendapat jaminan sosial ketenagakerjaan," ujar Maman, di Hotel Aston Serang, Jumat (21/6).

Maman juga mengungkapkan bahwa pihaknya akan terus melakukan evaluasi dan meningkatkan cakupan program setiap tahunnya sesuai dengan kemampuan keuangan daerah, sehingga di masa mendatang program ini bisa berjalan lebih baik. Sementara itu, Plh. Setda Provinsi Banten, Virgojanti, menyatakan bahwa Pemkot Cilegon dinilai berhasil melindungi sebagian masyarakatnya dengan mengikutsertakan mereka dalam program penjaminan sosial ketenagakerjaan. 

"Saya mengucapkan selamat kepada Pemerintah Kota Cilegon atas dedikasinya dalam melindungi masyarakatnya. Semoga pencapaian ini dapat ditingkatkan sehingga seluruh warga masyarakat Kota Cilegon terlindungi dengan jaminan sosial ketenagakerjaan," ujarnya.

Sebelumnya, diketahui bahwa Pemkot Cilegon terpilih menjadi kontestan penerima Paritrana Award Provinsi Banten tahun 2024. Hal ini terungkap dalam wawancara bersama Tim Panelis Penghargaan Paritrana Award di Hotel Aston Serang pada Rabu (28/2). Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian yang hadir juga turut mengungkapkan rasa syukur atas keterlibatan Kota Cilegon dalam Paritrana Award Provinsi Banten tahun 2024. 

"Kami mengucapkan terima kasih karena Kota Cilegon terpilih menjadi kontestan penerima Paritrana Award. Jika tahun lalu kita menerima peringkat ketiga di Banten, tahun ini kita berharap bisa naik peringkat menjadi kedua atau pertama," ucap Helldy.

Dalam wawancara tersebut, Helldy juga menyampaikan berbagai upaya yang telah dilakukan Pemerintah Kota Cilegon dalam perlindungan pekerja non-formal. 

"Kami telah memberikan perlindungan kepada ketua RT/RW dan pekerja rentan," ujar Helldy. 

Helldy juga memaparkan rencana strategis ke depan untuk melindungi para pekerja, termasuk penyusunan regulasi terbaru dalam bentuk peraturan wali kota sebagai pelaksanaan kepatuhan program jaminan sosial ketenagakerjaan.

Helldy menyatakan, rencana tersebut mencakup pemberian perlindungan BPJS Ketenagakerjaan kepada berbagai kelompok pekerja non-formal seperti guru ngaji, pengurus DKM, ojek online, sopir angkot, dan marbot. 

"Paritrana Award adalah penghargaan dari Presiden RI kepada pemerintah daerah dan pelaku usaha yang mendukung program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek). Penghargaan ini merupakan apresiasi terhadap implementasi program Jamsostek untuk mewujudkan Universal Coverage Jamsostek," katanya.

Untuk diketahui bahwa Paritrana Award diinisiasi oleh Kemenko PMK RI dan diselenggarakan BPJS Ketenagakerjaan.

 

 

(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat