uefau17.com

Cuaca Hari ini Senin 10 Juni 2024: Pagi Cerah Berawan, Jabodetabek Hujan Malam Nanti - News

, Jakarta - Pada pagi hari ini, Senin (10/6/2024), mengawali pekan, keseluruhan langitnya hingga siang nanti diprediksi cerah berawan, kecuali Kepulauan Seribu cerah. Seperti itulah prakiraan cuaca hari ini.

Berdasarkan laporan cuaca yang disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui laman resminya www.bmkg.go.id, berbeda di malam hari nanti, wilayah Jakarta seluruhnya diprediksi turun hujan dengan intensitas ringan, kecuali Jakarta Selatan dan Jakarta Timur berawan.

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang yang dapat terjadi di beberapa wilayah DKI Jakarta pada malam hari dan dini hari," kata BMKG.

Wilayah penyangganya yaitu Bekasi dan Depok, Jawa Barat diprakirakan cuaca pagi ini cerah berawan, siang berawan, dan malam nanti hujan ringan. Sedikit berbeda di Kota Bogor, Jawa Barat langit paginya diprediksi cerah berawan dan siang hingga malam hari nanti hujan berintensitas ringan.

"Waspada potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada skala lokal dan durasi singkat pada waktu sore hari di sebagian wilayah Kabupaten Bogor, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Cianjur," papar BMKG.

Sementara itu, di Kota Tangerang, Banten pada pagi hingga siang hari diprakirakan cerah berawan dan malamnya diguyur hujan dengan intensitas ringan.

"Waspada potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir/kilat dan angin kencang di wilayah Kabupaten Lebak bagian Timur, Kabupaten Tangerang bagian Tengah dan Selatan, Kota Tangerang, kota Tangerang Selatan," jelas BMKG.

Berikut informasi prakiraan cuaca Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) selengkapnya yang dikutip dari laman resmi BMKG:

 Kota  Pagi  Siang   Malam 
 Jakarta Barat  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Hujan Ringan
 Jakarta Pusat   Cerah Berawan  Cerah Berawan   Hujan Ringan
 Jakarta Selatan   Cerah Berawan  Cerah Berawan  Berawan
 Jakarta Timur   Cerah Berawan  Cerah Berawan  Berawan
 Jakarta Utara   Cerah Berawan  Cerah Berawan  Hujan Ringan
 Kepulauan Seribu   Cerah  Cerah  Hujan Ringan
 Bekasi   Cerah Berawan  Berawan  Hujan Ringan
 Depok   Cerah Berawan  Berawan  Hujan Ringan
 Kota Bogor   Cerah Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan
 Tangerang  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Hujan Ringan

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Doa saat Cuaca Panas Ekstrem dari Salafus Shalih, dan Hikmah di Baliknya

Sebelumnya, Indonesia dan wilayah sekitarnya sering sekali mengalami cuaca panas yang luar biasa. Keadaan ini tergolong tidak biasa dan membuat banyak orang tidak nyaman dengan suhu tersebut.

Meskipun demikian, kita dapat bersyukur bahwa para ulama dan wali Allah SWT telah memberikan berbagai tuntunan doa yang sangat bermanfaat dalam menghadapi situasi ekstrem seperti ini.

Doa semacam ini menjadi sumber kekuatan dan ketenangan bagi banyak orang di tengah panas yang menyengat ini.

Dalam keadaan panas yang tidak biasa ini, menjalankan amalan-amalan ibadah serta memperbanyak zikir dan doa bisa menjadi sarana untuk menenangkan hati dan memohon perlindungan dari Allah SWT.

Bersyukur atas nikmat-Nya dan kesabaran dalam menghadapi cobaan adalah kunci dalam menghadapi cuaca panas ekstrem seperti ini.

3 dari 3 halaman

Berikut Doa yang Bisa Diamalkan

Mengutip islamindonesia.id, berikut ini salah satu doa yang disampaikan oleh Allahu Yarham Al-Habib Abu Bakar al-‘Adni bin Ali Al-Masyhur, dalam salah satu pengajian yang diasuh olehnya saat masih hidup.

Ia menyampaikan bahwa para salafus shalih selalu berdoa pada hari yang sangat panas dengan doa berikut:

"Allahumma shalli ala sayyidina Muhammadin wa Ala Sayyidna Muhammad ma asyadda harra hadzal yaum. Allahumma qini min harri nari Jahannam."

"Ya Allah limpahkanlah shalawat kepada Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad, Ya Allah alangkah panasnya hari ini, Ya Allah jagalah hamba dari panasnya Api Neraka Jahanam."

Semoga dengan kita mengamalkan ijazah ini, Allah berikan keringanan kepada kita terhadap cuaca panas akhir-akhir ini, dan Allah karuniai kita semua keselamatan dari azab api neraka Jahanam.

Selain doa tersebut, kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan juga harus semakin ditingkatkan.

Dengan memperhatikan dampak dari perubahan iklim dan pola hidup yang ramah lingkungan, diharapkan dapat membantu dalam mengurangi intensitas cuaca ekstrem seperti panas yang sedang kita alami.

Upaya kolektif untuk menjaga kelestarian alam menjadi semakin penting dalam menghadapi tantangan perubahan iklim yang semakin nyata dan merasuk ke dalam kehidupan sehari-hari.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat