uefau17.com

Hasto PDIP Singgung IKN: Apakah dengan Memindahkan Ibu Kota, Kita Menjadi Hebat? - News

, Jakarta - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto, menyinggung soal pemindahan ibu kota negara oleh pemerintah di peringatan hari lahir Bung Karno ke-123. Hasto mempertanyakan kepentingan nasional pemindahan ibu kota negara yang dilakukan pemerintah.

"Apakah dengan memindahkan ibu kota kita menjadi hebat?" kata Hasto di Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis (6/6/2024).

Padahal, kata Hasto, menurut Bung Karno sebuah bangsa menjadi hebat jika pemerintahnya paham kondisi geopolitik. Sehingga, kepentingan nasional bisa dirumuskan dengan tepat.

"Kita menjadi hebat kata Bung Karno kalau kita menguasai dengan kesadaran geopolitik tadi, kita menguasai ilmu pengetahuan, maka ini persamaan. Jadi, kepentingan nasional itu dirumuskan apa? What is our current national interest?," ujar Hasto.

Hasto memaparkan, teknologi mestinya menjadi kepentingan nasional yang diprioritaskan. Dengan begitu, kata dia kekayaan alam Tanah Air bisa diolah sendiri oleh anak-anak bangsa.

"Kalau kepentingan nasional itu teknologi dulu. Lantas Bung Karno mengirim begitu banyak orang untuk bisa mengolah kekayaan alam kita, oleh insinyur-insinyur kita, anak-anak sekolah kita yang dikirimkan keluar," katanya.

Hal ini, lanjut Hasto, berbanding terbalik dengan kondisi saat ini. Hasto menilai pemerintah terlalu fokus mencari cara menarik investor agar mau menanamkan modal.

"Ini sama dengan cara Belanda dulu, tidak berubah," ujar dia.

Selain itu, Hasto bilang pemerintah harusnya memperbarui politik luar negeri. Barulah, katanya mengurus sumber daya alam.

"Jadi sumber daya alam bukan di depan dalam memperjuangan kepentingan nasional kita. Ini teruji secara teoritis, secara empiris," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kepala dan Wakil Otorita IKN Mundur

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto menilai, mundurnya Kepala Otorita IKN (OIKN) Bambang Susantono beserta Wakil Kepala Otorita IKN Dhony Rahajoe, bukti perencanaan IKN tergesa dan tidak detail.

“Berbicara ibu kota negara, ini ibu kota dari lebih 270 juta rakyat Indonesia dengan cita-cita perjuangan para pahlawan bangsa, cita-cita geopolitik, semua harus dilakukan dengan seksama, dengan perencanaan yang detail, tidak bisa dengan terburu-buru. Dampaknya seperti ini,” kata Hasto Kristiyanto di UI, Depok, Senin (3/6/2024).

Hasto menyayangkan mundurunya dua pejabat tersebut, sebab 17 Agustus hanya tersisa dua bulan lagi, namun karena perencanaan tidak matang menyebabkan para pejabat tak mampu kejar target pembangunan untuk Agustusan.

“17 Agustus itu tidak lama lagi, tetapi kembali ini ketika segala sesuatunya itu muncul sebagai direction dari pusat yang harus dijalankan tanpa membuka suatu ruang bagi perencanaan secara alamiah harus berjalan, ya yang tejadi seperti ini. Sehingga ini akibat suatu perencanaan yang tidak matang yang terburu-buru sehingga menciptakan beban kerja yang begitu besar yang membuat yang bersangkutan mundur,” ungkapnya.

 

3 dari 4 halaman

Soroti Struktur Tanah IKN

Selain itu, Hasto juga menyoroti, bahwa struktur tanah di IKN sangat tidak stabil hingga rawan untuk menjadi pabrik apalagi Ibukota negara.

“Saya pernah menjadi project manager di kawasan yang sama. Itu dari struktur tanahnya itu sangat tidak stabil, kemudian kemampuan untuk mendapatkan sumber daya bagi pelaksanaan pembangunan pabrik kelapa sawit aja mengalami delay, apalagi ini suatu ibu kota negara,” pungkasnya.

Sebelumnya, Anggota Komisi IV Daniel Johan menilai, mundurunya Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono dan wakilnya, Donny Rahajoe membuktikan pembangunan IKN banyak masalah.

“Catatan penting bagi seluruh pihak bahwa sebenarnya cukup banyak masalah-masalah yang ada di dalam proses IKN. Kita sempat mendengar banyak gaji yang belum turun, kita sempat mendengar protect-protect masyarakat adat yang belakangan ini semakin keras, di samping tuntutan-tuntutan yang sangat besar,” kata Daniel di Kompleks Parlemen Senayan, Senin (3/6/2024).

4 dari 4 halaman

Target Tidak Relevan

Menurut Daniel, target terlalu banyak dan tidak reevan dan banyak hal dalam persiapan belum tercapai.

“Seperti mengejar target-target untuk sampai 17an misalnya. Target target pembangunan, infrastruktur, bahkan Pak Basuki pun sempat bicara kan bagaimana dia pindah kalau misalkan fasilitas dasar air aja belum ada,” kata dia.

“Catatan penting sekaligus untuk semua yang terlibat benar benar menimbang kembali target target yang relevan dan sesuai dengan kemampuan itu seperti apa,” sambungnta. 

Menurut Ketua DPP PKB itu, Bambang pasti takut hingga gemetar melihat banyaknya target di IKN.

“Rasanya siapapun kepala otorita IK’pasti akan gemeter kakinya karena begitu tinggi targetnya. Jadi selamat kepada Pak Menteri PU dan Wakil Bang Raja Juli mudah mudahan kakinya kuat tidak gemeter,” kata dia.

Menurut Daniel, tak hanya pejabat, masyarakat juga  melihat dari luar target pemerintah terlalu besar.

“Masyarakat kan merasa ya setengah nggak yakin lah. ya kalau cuma sekedar ngumpul sih mungkin bisa ya, kalau dipaksakan ya, tetapi dlm rangka kesiapan pindah, kesiapan ibu kota gitu ya, justru saya malah jangankan IKN pondok indah aja, bisa sampai skrng hidup itu butuh 30 tahun,” pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat