uefau17.com

Jokowi Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Riau Hari Ini, Sabtu 1 Juni 2024 - News

, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dijadwalkan akan memimpin upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Garuda Kompleks Pertamina Hulu Rokan (PHR), Riau, hari ini Sabtu (1/6/2024).  Sejumlah persiapan terus dilakukan, diantaranya gelar apel pasukan TNI/Polri untuk pengamanan VVIP, Kamis 30 Mei 2024 lalu.

"TNI/Polri menggelar apel pasukan di Lapangan Taman Bukit Gelanggang, Kelurahan Teluk Binjai, Kecamatan Dumai," kata Danrem 031 Wirabima Brigjen TNI Dany Rakca Andalasawan melalui siaran pers yang diterima Jumat (31/5/2024).

Dany Rakca meminta, seluruh personel menjalankan tugas pengamanan dengan baik, serius, dan penuh tanggung jawab. Sehingga, pelaksanaan upacara Hari Pancasila 2024 dan seluruh kegiatan Presiden Jokowi berlajalan lancar.

"Tujuan dilaksanakannya operasi pengamanan VVIP yaitu untuk menjamin keselamatan, keamanan, kelancaraan, dan kenyamanan Presiden Jokowi dan rombongan selama melaksanakan aktivitas di Kota Dumai," tegas dia.

Seiring dengan itu, lanjut Dany, seluruh personel pengamanan diminta terus berkoordinasi dan bekerja sama secara baik sehingga dapat tercipta sinergisitas maksimal.

"Seluruh personel yang terlibat pengamanan diminta memahami tugas, cara bertindak dan tanggung jawab," kata jenderal militer bintang satu ini.

"Laksanakan pengecekan kesiapan personel maupun materil sebelum pelaksanaan tugas. Perhatikan faktor keamanan selama pelaksanaan kegiatan pengamanan berlangsung," imbuh Dany.

Saat apel persiapan, turut hadir Wakapolda Riau Brigjen Pol K Rahmadi, Kabid Propam Polda Riau Kombes Edwin Louis Sengka, Kapolres Dumai AKBP Dhovan Oktavianton, Komandan Satuan Pertahanan Pangkalan Lanud Roesmin Nurjadin Letkol POM Yudi Faizar, Dansubdenpom AD Kapten CPM Otto Sipahutar, dan para pejabat utama Polres Dumai.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pemprov Riau Siapkan Sarana dan Prasarana

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Kota Pekanbaru terus menyiapkan sarana dan prasarana untuk mendukung pelaksanaan upacara Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2024 di Blok Rokan yang dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru Risnandar Mahiwa mengimbau jajarannya agar memperhatikan keamanan dan kebersihan Kota Pekanbaru jelang peringatan Harlah Pancasila.

"Tentu ini menjadi perhatian kita. Karena bersama Bapak Presiden, juga akan hadir para menteri. Untuk itu, kita harus siap sebagai tuan rumah, salah satunya persoalan keamanan dan kebersihan,” kata Risnandar saat rapat koordinasi secara virtual dengan pimpinan OPD, camat, dan lurah seperti dikutip dari siaran pers, Selasa (28/5/2024).

 

3 dari 3 halaman

TNI dan Polri Nyatakan Siap

Risnandar menyampaikan, soal pengamanan RI-1, pihak TNI dan Kepolisian Daerah Riau beserta jajaran Polres dan Polsek sudah menyatakan kesiapan. Maka dari itu, pihaknya tingga berbenah soal kebersihan.

"Jadi, kita tinggal bekerja di sisi kebersihan," jelas dia.

Risnandar mengakui, masalah kebersihan pasti akan terlihat langsung secara kasat mata. Maka jika pekerjaan yang lain sudah sangat berhasil, harus diikuti oleh kebersihan kotanya.

Untuk itu, ia memerintahkan kepada organisasi perangkat daerah (OPD) teknis beserta camat dan lurah agar lebih serius menangani persoalan kebersihan. Dia meminta, para camat dan lurah agar melibatkan pengurus RT, RW, dan masyarakat dalam menjaga kebersihan di lingkungan kerja masing-masing.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat