uefau17.com

Pelaku Pembunuhan 4 Anak Kandung di Jagakarsa Disidangkan Hari Ini - News

, Jakarta Panca Darmansyah, ayah pembunuh 4 anak kandungnya di sebuah kontrakan di Jagakarsa, Jakarta Selatan (Jaksel) pada Desember 2023 akan disidangkan hari ini, Rabu (29/5/2024).

"Bahwa hari ini Rabu 29 Mei 2024 ada sidang perdana terdakwa pembunuhan empat anak di Jagakarsa atas nama terdakwa Panca Darmansyah," ujar Penjabat Humas PN Jakarta Selatan, Djuyamto dalam keterangannya.

Pada sidang perdana Panca, Djuyamto menyebut bakal di gelar di ruang sidang utama PN Jakarta Selatan pada pukul 11.00 WIB

Lalu untuk majelis hakim yang bakal menangani perkara akan dipimpin oleh hakim ketua Sulistyo Muhammad Dwi Putro, anggotanya yakni Kairul Soleh dan Radityo Baskoro.

Sebelumnya, Polres Metro Jakarta Selatan membeberkan hasil pemeriksaan terhadap tersangka Panca Darmansyah pembunuh empat anak kandung di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan (Jaksel).

Wakasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, Kompol Henrikus Yossi mengungkap kalau ternyata Panca sudah empat hari tinggal bersama jasad anaknya VA (6), SA (4), AA (3), dan AK (1) yang tewas dibunuh, sejak Minggu 3 Desember 2023.

"Aktivitas saudara PD mulai Minggu, Senin, Selasa, dan ditemukan di hari Rabu yang bersangkutan hanya berdiam di rumah tersebut," kata Yossi kepada wartawan di Polres Metro Jakarta Selatan, Senin 11 Desember 2023.

Tanpa minum dan makan, Panca akhirnya meminta kepada tetangganya untuk dibelikan minuman. Hal itu karena Panca yang sudah tak tahan menahan rasa laparnya pada Rabu pagi 6 Desember 2023.

"Kemudian yang bersangkutan juga tidak makan dan tidak minum," tutur Yossi.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Semakin Binggung

Menurut Yossi, setelah semakin bingung tanpa makan dan minum, Panca pun mencoba bunuh diri. Namun, kata dia, saat disinggung soal Panca apakah tidur bareng keempat mayat anaknya, selama empat hari, polisi tidak memberi jawaban secara lugas.

"Jadi seperti hasil kegiatan olah TKP yang kita lakukan pada tanggal 6 Desember 2023, tempat jenazah tersebut ditemukan berada dalam satu ruangan kamar berada di satu tempat tidur," ucap dia.

"Nah setelah melakukan aksi kejinya tersebut, kemudian tersangka ini mengambil pisau dapur dan selanjutnya mencoba untuk melukai dirinya dengan cara melukai pergelangan tangan kirinya," tandas Yossi.

 

 

3 dari 3 halaman

Kondisi Ibu 4 Bocah Korban Pembunuhan Berangsur Baik Usai KDRT

Kondisi D, ibu 4 bocah yang tewas akibat dibunuh ayah kandungnya, mulai baik. D dirawat di Rumah Sakit Daerah Pasar Minggu akibat menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga suaminya, Panca Darmansyah (40), yang juga ayah 4 bocah di Jagakarsa yang ditemukan tewas di rumah kontrakan.

Panca sendiri telah ditetapkan menjadi tersangka pembunuhan empat anaknya oleh polisi. Setelah mendapatkan perawatan pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Minggu.

"Kondisi istri sudah berangsur membaik," kata Wakasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan Kompol Henrikus Yossi, Minggu 10 Desember 2023.

Namun, meski sudah membaik secara fisik, secara mental D belum bisa dimintai keterangan. Pendampingan oleh Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) pun masih dilakukan.

"Tapi tetap masih dirawat di RS dan masih didampingi juga oleh pendamping dari UPT P3A," ungkap Henrikus.

Sebelum membunuh anaknya, Panca melakukan KDRT ke D. Istrinya itupun harus dilarikan ke rumah sakit.

Menurut polisi, keterangan D sangat diperlukan untuk mengetahui motif pembunuhan empat anak AS (1), AR (3). SP (4), dan VA (6).

 

Reporter: Rahmat Baihaqi/Merdeka.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat