uefau17.com

Jokowi: Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah, Semoga Kita Bisa Saling Memaafkan dan Bersilaturahmi - News

, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Ibu Negara Iriana memberikan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah kepada umat Islam di seluruh Indonesia. Jokowi mengajak masyarakat menjadikan momen Lebaran ini untuk saling memaafkan dan bersilaturahmi.

"Selamat hari raya Idul Fitri 1445 Hijriah. Mohon maaf lahir dan batin," ucap Jokowi dan Iriana yang tampak kompak menggunakan pakaian muslim berwarna putih, sebagaimana dilihat di Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (9/4/2024).

"Semoga di hari yang Fitri ini kita bisa saling memaafkan dan saling bersilaturahmi untuk merajut kembali persaudaraan menjadi bangsa yang rukun dan damai yang bersatu padu membangun Indonesia," sambung Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga menyampaikan pesan kepada masyarakat yang sedang dan akan melakukan mudik Lebaran. Dia berharap agar perjalanan masyarakat dalam mudik Lebaran kali ini diberikan kelancaran dan keselamatan.

"Selamat bersilaturahmi dengan kerabat dan keluarga besar. Saya berharap perjalanan lancar dan selamat," ucapnya.

"Semoga Allah SWT melimpahkan keberkahannya dan senantiasa membimbing serta melindungi kita semua," imbuh Iriana.

Sebelumnya, Pemerintah melalui Kementerian Agama menetapkan Hari Raya Lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1445 Hijriah jatuh pada Rabu 10 April 2024. Keputusan itu disampaikan langsung Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas usai mengikuti Sidang Isbat yang berlangsung di Kantor Kementerian Agama.

"Berdasarkan hisab posisi hilal di wilayah Indonesia yang masuk kriteria Mabims serta adanya laporan hilal yang terlihat disepakati bahwa 1 Syawal 1445 Hijriah jatuh pada Rabu 10 April 2024," ujar Yaqut Cholil Qoumas, Selasa (9/4/2024).

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dimulai dengan Seminar

Sidang isbat ini dihadiri perwakilan dari Komisi VIII DPR RI, pimpinan MUI, duta besar negara sahabat, perwakilan ormas Islam, serta Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama.

Sidang isbat penentuan 1 Syawal dimulai dengan Seminar Pemaparan Posisi Hilal oleh Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama. Berdasarkan data hisab, diperkirakan ijtimak akan terjadi pada Selasa, 29 Ramadan 1445 H / 9 April 2024 M, sekitar pukul 01.20 WIB.

Sebagai informasi, Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana akan melaksanakan salat Idul Fitri 2024 di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Wapres Ma'ruf Amin para pejabat negara, hingga duta besar negara sahabat juga akan menunaikan salat Idul Fitri di lokasi yang sama

"Rencananya Bapak Presiden dan Ibu, begitu juga Wapres dan Ibu, serta para pejabat, dan duta besar akan salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal," kata Kepala Biro Protokol Sekretariat Presiden Yusuf Permana di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (9/4/2024).

Dia mengatakan protokoler Istana telah melakukan sejumlah persiapan agar pelaksanaan salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal dapat berjalan aman, nyaman, dan khusyuk. Yusuf juga memastikan pengisi imam sholat hingga pengisi ceramah untuk salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal sudah disiapkan.

"(Imam) sudah ada. Ceramah, khatib, isi khotbah semuanya sudah ada," ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Sejumlah Menteri Kabinet Bakal Salat Idul Fitri di Masjid Istiqlal

Menurut dia, beberapa menteri kabinet dan ketua lembaga negara juga direncanakan salat Idul Fitri bersama Jokowi-Ma'ruf di Masjid Istiqlal. Terlebih, ini momen Lebaran terakhir Jokowi sebagai presiden.

"Karena ini sepertinya semua akan kangen kembali untuk salat Idul Fitri berjamaah pasca pandemi ini semua sudah berjalan normal. Banyangan kami nanti para pejabat juga akan hadir banyak di Istiqlal," jelas Yusuf.

Usai salat Idul Fitri, Jokowi akan menggelar open house di Istana Negara Jakarta. Nantinya, pejabat negara dan masyarakat umum dapat hadir langsung untuk bersilaturahmi dengan Jokowi di momen Lebaran 2024.

"Waktu open house dimulai sejak pukul 09.00 pintu akan dibuka, beliau siap terima kedatangan pukul 09.00," tutur Yusuf.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat