uefau17.com

Pj Gubernur Kaltim Minta BPP Optimalkan Lahan Demplot, Guna Wujudkan Kedaulatan Pangan - News

, Samarinda Dalam rangka mewujudkan kemandirian sektor pangan daerah, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim), melalui Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim, Akmal Malik turut memberikan perhatian serius pada visi kedaulatan pangan. 

"Berdaulat, artinya mampu mengelola secara mandiri. Saya senang, visi ini bagus untuk mentrigger. Walau harus jujur, apa langkah yang sudah kita lakukan? Seberapa besar anggaran yang kita spare untuk pangan. Ini yang belum kelihatan," kata Akmal mengevaluasi pengelolaan sektor pangan daerah. 

Akmal menilai, pengelolaan sumber daya pertanian yang ideal, harus dikelola langsung oleh masyarakat. Persoalan yang terjadi saat ini menurutnya, banyak lahan persawahan milik petani yang dialihfungsikan menjadi kebun sawit. 

"Petani lebih memilih menanam sawit, karena air susah. Kemarin bersama TNI sudah dibangun 89 titik air untuk persawahan di Kukar. Kita harus lakukan itu di banyak titik. InsyaAllah tidak ada kekurangan lahan untuk sawah," katanya. 

 

Direktur Jenderal Otonomi Daerah  Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Otda Kemendagri) ini juga meminta seluruh stakeholders pertanian agar fokus dalam upaya mewujudkan kedaulatan pangan daerah. 

Salah satunya adalah pengoptimalan peran Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai Benih Induk (BBI) Tanaman Pangan dan Hortikultura serta Balai Penyuluh Pertanian (BPP) dalam membangun lahan percontohan (Demonstration Plot/Demplot) pertanian.

"Kami punya sekitar 85 BPP. Penyuluh pertanian kita, ada ribuan. Masing-masing BPP punya lahan setidaknya 5 hektare (ha). Coba tanami cabai semua itu, taruhlah produksinya 5 ton cabai dalam 1 ha lahan. Maka Kaltim tidak akan inflasi atau pesan cabai dari luar daerah," ujar mantan Pj Gubernur Sulbar itu. 

Lebih lanjut Akmal juga juga berpesan kepada penyuluh pertanian agar turun langsung bertani di sawah. Demi memberikan contoh bertani yang baik kepada pertani. 

"Penyuluh pertanian jangan ada yang tidak bisa bertani. Mengajak bertani ibarat memandikan kerbau di sungai. Caranya kita dulu yang masuk sungai, baru kerbaunya," ujarnya. 

Siapapun gubernur yang akan memimpin Kaltim nantinya, menurut Akmal, harus mampu mengorkestrasikan seluruh stakeholder pertanian demi mewujudkan kemandirian pangan daerah. 

 

 

(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat