uefau17.com

Berhasil Kembangkan Bisnis Hijau, CEO Pertamina NRE Raih Penghargaan Internasional - News

, Jakarta Berkat kepemimpinan yang berhasil mengembangkan bisnis hijau dan memiliki kinerja luar biasa, CEO Pertamina New & Renewable Energy (Pertamina NRE), Dannif Danusaputro meraih penghargaan Indonesia Executive of the Year dalam ajang Asian Management Excellence Awards.

Selain itu, Dannif dinilai berhasil melakukan pengembangan bisnis karbon dan mewujudkan capaian luar biasa hingga sampai pada inisiatif perdagangan karbon. Tak hanya itu, di bawah Dannif, Pertamina NRE menunjukkan performa yang luar biasa karena meningkatkan kapasitas terpasang dari pembangkit listrik tenaga surya sebesar 236% di tahun 2023.

Di bawah kepemimpinan Dannif, Pertamina NRE pada tahun 2022 juga memulai berbagai inisiatif bisnis hijau dan membangun kolaborasi dengan mitra strategis domestik maupun luar negeri. Dalam pengembangan hidrogen bersih, Pertamina NRE bekerja sama dengan setidaknya enam mitra strategis: SEMBCORP, IGNIS, TEPCO, Keppel, Chevron, dan Krakatau Steel.

Dalam inisiatif solusi berbasis alam, Pertamina NRE bekerja sama dengan Perum Perhutani dan untuk inisiatif perdagangan karbon, Pertamina NRE menandatangani perjanjian kerja sama dengan Pertamina Hulu Energi dan Pertamina Kilang Internasional.

Dannif pun secara aktif mendorong implementasi aspek ESG di Pertamina NRE sebagai bentuk komitmen dalam menurunkan emisi karbon dan mendukung pemerintah Indonesia mencapai net zero emission pada tahun 2060.

“Dannif adalah pemimpin yang gigih. Apa yang dilakukannya telah melampaui lingkup tugas resminya," ujar Jason Seng yang merupakan salah satu dewan juri dari EY (Ernest & Young).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komitmen Berkelanjutan

Dannif mengatakan bahwa hasil yang diraih saat ini menunjukkan komitmen Pertamina NRE pada keberlanjutan. Ia juga menyebut, dedikasi, pembelajaran, dan upaya akan terus dilakukan untuk mencapai hal tersebut.

"Kami masih memiliki jalan panjang, tantangan untuk dihadapi, dan target-target lebih tinggi untuk dicapai. Dibutuhkan tim yang solid, kapabel, dan mendukung dan saya bersyukur memiliki tim yang luar biasa itu," katanya.

Sebagai informasi, Tim bisnis karbon Pertamina NRE yang terdiri dari tujuh personel telah berdedikasi dengan baik melaksanakan misi bisnis hijau yang keberlanjutan. Tim itu juga telah mencapai prestasi luar biasa dan menetapkan standar “inovasi” baru dalam bisnis Karbon dengan berhasilnya melaksanakan peluncuran Bursa Karbon Perdana di Indonesia.

Melalui upaya tim ini, Pertamina NRE telah mengukuhkan posisinya sebagai pelopor bisnis karbon dengan menjadi penjual kredit karbon pertama di IDXCarbon. Selain itu, mereka juga berhasil melakukan perdagangan 460.000 kredit karbon di hari peluncuran IDXCarbon yang menunjukkan kapabilitas dalam mengelola kompleksitas pasar karbon.

 

(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat