uefau17.com

Top 3 News: Reaksi Istana soal Pemakzulan Presiden Jokowi Sebelum Pemilu 2024 - News

, Jakarta - Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, menanggapi soal permintaan Petisi 100 Penegak Daulat Rakyat mengenai pemakzulan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelum Pemilihan Umum atau Pemilu 2024. Itulah top 3 news hari ini.

Ari mengatakan masyarakat bebas menyampaikan kritik dan mimpi politiknya. Dia menyampaikan narasi pemakzulan presiden memang kerap dimanfaatkan sejumlah pihak di tahun politik. Namun, kata Ari, mekanisme pemakzulan presiden sudah diatur dalam konstitusi.

Ari menekankan tuduhan kecurangan Pemilu juga harus diuji dan dibuktikan dalam mekanisme yang diatur dalam undang-undang. Dia menyebut masyarakat dapat melaporkan temuan pelanggaran Pemilu ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Sementara itu, diduga karena arus pendek listrik, sebuah gudang limbah palet plastik yang berada di tengah-tengah kawasan penduduk di Jalan Kampung Kroncong, Jatiuwung, Kota Tangerang, Banten ludes terbakar, Jumat 12 Januari 2024.

Kebakaran hebat tersebut pun sempat membuat panik warga. Pasalnya, gudang limbah palet plastik itu berada di tengah-tengah pemukiman padat penduduk.

Warga setempat, Dede (21) mengatakan, kejadian itu berawal dari dirinya melihat dari asep tebal dari lapak penggilingan plastik. Tak lama kemudian, muncul api sudah langsung merembat ke lapak-lapak di sekitarnya.

Berita terpopuler lainnya di kanal News adalah terkait Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron menyebut tim satgas KPK menangkap beberapa pihak dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Labuhan Batu, Sumatera Utara pada Kamis, 11 Januari 2024.

Mereka yang diamankan dalam operasi senyap yakni Bupati Labuhan Batu Erik Adtrada Ritonga, kepala dinas, anggota DPRD Labuhan Batu, hingga pihak swasta.

Bupati Labuhan Batu, Erik Adtrada Ritonga, dikabarkan terjaring OTT KPK di rumah pribadinya, Jalan Padang Matinggi, Kecamatan Rantau Utara, Kamis 11 Januari 2024.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News sepanjang Jumat 12 Januari 2024:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Reaksi Istana soal Pemakzulan Jokowi Sebelum Pemilu 2024

Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, menanggapi soal permintaan Petisi 100 Penegak Daulat Rakyat mengenai pemakzulan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelum pemilu 2024. Ari mengatakan masyarakat bebas menyampaikan kritik dan mimpi politiknya.

"Dalam negara demokrasi, menyampaikan pendapat, kritik atau bahkan punya mimpi-mimpi politik adalah sah-sah saja," kata Ari kepada wartawan, Jumat 12 Januari 2024.

Dia menyampaikan narasi pemakzulan presiden memang kerap dimanfaatkan sejumlah pihak di tahun politik. Namun, kata Ari, mekanisme pemakzulan presiden sudah diatur dalam konstitusi.

"Koridornya juga jelas, harus melibatkan lembaga-lembaga negara (DPR, MK, MPR), dengan syarat-syarat yang ketat. Di luar itu adalah tindakan inkonstitusional," ucap Ari.

 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

2. Gudang Limbah Palet Plastik di Tangerang Terbakar Hebat

Diduga karena arus pendek listrik, sebuah gudang limbah palet plastik yang berada di tengah-tengah kawasan penduduk di Jalan Kampung Kroncong, Jatiuwung, Kota Tangerang, ludes terbakar, Jumat 12 Januari 2024.

Kebakaran hebat tersebut pun sempat membuat panik warga. Pasalnya, gudang limbah palet plastik itu berada di tengah-tengah pemukiman padat penduduk.

Api yang membesar serta asap hitam tebal muncul pada saat beberapa karyawan dan warga lainnya tengah melaksanakan shalat Jumat.

Warga setempat, Dede (21) mengatakan, kejadian itu berawal dari dirinya melihat dari asep tebal dari lapak penggilingan plastik. Tak lama kemudian, muncul api sudah langsung merembat ke lapak-lapak di sekitarnya.

“Kita balik masjid lihat api asap-asap kebakaran. Dari sekitar sini. Api langsung membesar. Setelah warga langsung melaporkan ke Damkar Kota Tangerang,” kata Dede.

 

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

3. OTT KPK di Labuhan Batu, Bupati, Kepala Dinas, dan Anggota DPRD Ditangkap

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron menyebut tim satgas KPK menangkap beberapa pihak dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Labuhan Batu, Sumatera Utara pada Kamis, 11 Januari 2024.

Mereka yang diamankan dalam operasi senyap yakni Bupati Labuhan Batu Erik Adtrada Ritonga, kepala dinas, anggota DPRD Labuhan Batu, hingga pihak swasta.

"Iya kami telah mengamankan dari unsur pemerintah ada bupati, kepala dinas, dan anggota DPRD, sementara dari swasta ada beberapa rekanan," ujar Ghufron dikutip Jumat 12 Januari 2024.

Ghufron menyebut status hukum mereka yang turut diamankan dalam operasi senyap ini hingga kini masih berstatus saksi. KPK memiliki waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum mereka yang diamankan.

"Namun semua pihak tersebut masih dalam proses pemeriksaan untuk menentukan siapa tersangka dan siapa yang hanya sebagai saksi," kata Ghufron.

 

Selengkapnya...

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat