uefau17.com

Cuaca Indonesa Hari Ini Jumat 12 Januari 2024: Hujan Siang hingga Malam di Sebagian Wilayah - News

, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan cuaca pagi di sebagian kota di Indonesia hari ini, Jumat (12/1/2024) diperkirakan cerah berawan. Meski cuaca dominan cerah, ada sejumlah titik yang diprediksi akan turun hujan ringan hingga sedang. Seperti Tanjung Pinang, Kupang, Pekanbaru, Makassar, dan Manado.

Saat matahari mulai meninggi, siang nanti hujan masih terjadi disejumlah kota di Indonesia. Bahkan satu kota dilaporkan BMKG berpotensi hujan petir, yakni Banjarmasin.

Sementara, cuaca cerah hingga cerah berawan akan menyelimuti kota-kota seperti Banda Aceh, Denpasar, Gorontalo, Jambi, Surabaya, Samarinda, Bandar Lampung, dan Mataram. 

Sedangkan langit berawan terjadi di wilayah Yogyakarta, Jakarta Pusat, Bandung, Semarang, Pontianak, Palangkaraya, Tarakan, Jayapura, Manokwari, Mamuju serta Palembang. 

Beranjak malam, potensi hujan petir juga dilaporkan BMKG terjadi di Kota Jambi. Sementara, kota-kota lainnya langit dominan berawan dan ada sejumlah titik hujan ringan.

Berikut informasi prakiraan cuaca Indonesia selengkapnya yang dikutip dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id:

 Kota   Pagi   Siang  Malam
 Banda Aceh  Cerah Berawan  Cerah  Cerah
 Denpasar  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Berawan
 Serang  Cerah Berawan  Berawan  Berawan
 Bengkulu  Berawan  Hujan Sedang  Berawan Tebal
 Yogyakarta  Cerah Berawan  Berawan  Berawan
 Jakarta Pusat  Cerah Berawan  Berawan  Hujan Ringan
 Gorontalo  Cerah  Cerah  Cerah Berawan
 Jambi  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Hujan Petir
 Bandung  Berawan  Berawan  Hujan Ringan
Semarang Cerah Berawan Berawan Berawan
Surabaya Cerah Cerah Cerah Berawan
Pontianak Berawan Berawan Hujan Ringan
Banjarmasin Berawan Hujan Petir Hujan Ringan
Palangkaraya  Berawan Berawan Hujan Ringan
Samarinda Cerah Berawan Cerah Berawan Cerah Berawan
Tarakan Berawan Tebal Berawan Tebal Berawan
Pangkal Pinang Cerah Berawan Hujan Ringan Berawan
Tanjung Pinang Hujan Sedang Hujan Ringan Berawan
Bandar Lampung Cerah Berawan Cerah Berawan Berawan
Ambon Berawan Hujan Ringan Hujan Ringan
Ternate Berawan Hujan Ringan Hujan Ringan
Mataram Cerah Berawan Cerah Berawan Berawan
Kupang Hujan Ringan Hujan Sedang Berawan
Kota Jayapura Berawan Berawan Berawan
Manokwari Berawan Berawan Berawan
Pekanbaru Hujan Ringan Hujan Ringan Hujan Ringan
Mamuju Cerah Berawan Berawan Berawan
Makassar Hujan Ringan Hujan Sedang Hujan Ringan
Kendari  Berawan Hujan Sedang Berawan
Manado Hujan Sedang Hujan Ringan Hujan Ringan
Padang Cerah Berawan Hujan Ringan Berawan
Palembang Berawan Berawan Berawan
Medan Cerah Berawan Hujan Ringan Berawan

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cuaca Ekstrem Masih Melanda Sulut Hingga Satu Pekan ke Depan, BMKG Berikan Peringatan Dini

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan wilayah Sulut masih berpotensi dilanda cuaca ekstrem hingga sepekan ke depan.

“Waspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang,” kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, Ben A Molle, Senin (8/1/2024).

 Dia mengatakan, BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem hingga 14 Januari 2024.

“Sea Surface Temperature atau SST anomali di Laut Sulawesi dan Teluk Tomini berkisar antara +0.5 derajat celsius sampai dengan +3.5 derajat celsius mempengaruhi jumlah uap air yang terbentuk menjadi awan – awan cumulus dan cumulonimbus,” katanya.

Dia menyebutkan, potensi cuaca ekstrem di hari ini di Kota Kotamobagu, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Pada 9 Januari, diperkirakan tidak terjadi cuaca ekstrem, 10 Januari di Kota Manado, dan Kabupaten Kepulauan Sitaro, sementara keesokan harinya berpeluang terjadi di Kota Manado, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Kepulauan Sitaro dan Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Selanjutnya, pada 12 Januari cuaca ekstrem diprediksi terjadi di Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Kepulauan Sitaro dan Kabupaten Kepulauan Sangihe.

 Pada 13 Januari, di Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kota Kotamobagu, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Utara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara.

“Juga terjadi di Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur,” ujarnya.

Sedangkan pada 14 Januari cuaca ekstrem berpeluang terjadi di Kota Manado, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa Utara dan Kabupaten Minahasa Selatan.

“Untuk itu kami berharap warga memperhatikan peringatan cuaca ekstrem ini sehingga bisa mengantisipasi dampak buruk yang terjadi,” ujarnya.

3 dari 3 halaman

Waspada Banjir, BMKG Minta Masyarakat Kalsel Lakukan Antisipasi

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalimantan Selatan menindaklanjuti peringatan Waspada Banjir dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang perlu diantisipasi oleh masyarakat Banua, Kalsel.

“Berdasarkan hasil analisis dari Impact Based Forecast atau BMKG, Satgas Banjir (PUPR), dan Inarisk (BNPB), maka perlu diantisipasi potensi banjir pada tanggal 9 Januari 2024,” sebut Kepala BPBD Kalsel, R Suria Fadliansyah, Selasa(9/1) pagi.

Dari peringatan tersebut, disampaikan jika sistem peringatan dini potensi bahaya banjir berada di beberapa daerah di Kalsel yang perlu waspada.

Adapun daerah-daerah tersebut yakni: Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST); di Batu Benawa, Barabai, Labuan Amas Selatan, Labuan Amas Utara, Pandawan, Haruyan, dan Batang Alai Selatan. Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS); di Kandangan, Padang Batung, Sungai Raya,Kalumpang, dan Simpur.

Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU); di Babirik, Danau Panggang, Sungai Tabukan,dan Sungai Pandan. Kabupaten Tapin, di Lokpaikat. Kabupaten Kotabaru; di Pamukan Utara, Pamukan Selatan, dan Pamukan.

Serta di sebagian besar wilayah Kota Banjarmasin, (Bjm Selatan, Bjm Tengah, Bjm Utara, Bjm Barat), selain Bjm Timur.

Atas peringatan ini, Kepala BPBD Kalsel, R Suria Fadliansya mengimbau kepada masyarakat kiranya dapat pula menindaklanjuti dengan melakukan beberapa persiapan, mulai dari memantau langsung kondisi terkini hingga penerapan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun (3M).

  

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat