uefau17.com

Iring-Iringan Jenazah Lukas Enembe Ricuh, Pj Gubernur Papua Terluka - News

, Jakarta - Kericuhan terjadi saat iring-iringan jenazah Lukas Enembe. Dalam peristiwa itu, Penjabat (Pj) Gubernur Papua M Ridwan Rumasukun mengalami luka di kepala.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo menyampaikan, jenazah Lukas Enembe rencananya akan disemayamkan di Lapangan Stakin, Jayapura dan akan dimakamkan di Koya. Dia pun masih menelusuri penyebab terjadinya kericuhan tersebut.

“Nah ini kita masih menunggu konfirmasi, masih selidiki apa sih yang menyebabkan kericuhan tersebut,” tutur Ignatius kepada wartawan, Kamis (28/12/2023).

Menurut Benny, massa yang menyambut jenazah Lukas Enembe cukup besar dan mengalami provokasi, sehingga melakukan aksi kekerasan.

“Ini sementara dalam penyelidikan yang menyebabkan akhirnya terprovokasi nih siapa pelaku, dan bagaimana bisa terjadi. Kemudian mereka melakukan aksi pelemparan fasilitas umum dan juga melakukan penyerangan, melakukan pelemparan batu juga kepada aparat pemerintah, maupun keamanan,” jelas dia.

“Termasuk PJ Gubernur juga kena pelemparan batu juga terluka,” sambungnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aparat Terluka

Selain itu, tercatat adanya aparat keamanan dari TNI Polri yang mengalami luka-luka akibat kericuhan. Selain fasilitas umum, satu kendaraan dinas juga dibakar massa.

“Jadi (untuk antisipasi) di wilayah Polresta dilakukan upaya patroli yang lebih banyak lagi personelnya, menggunakan truk dan sudah cukup banyak ya untuk memberikan rasa aman kepada mayarakat lah. Kemudian kita juga memperkuat titik rawan seperti Wena, Exco, dan Abepura kita perkuat pengamanan,” Ignatius menandaskan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat