uefau17.com

Diundang BRIN, PERMIAS Harap Mutu Pendidikan Indonesia Dapat Terus Ditingkatkan - News

, Jakarta - Ketua dan Sekretaris Jenderal Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat (PERMIAS) Tahun 2023-2024, Himawan Winarto dan Billy Mambrasar diundang dalam kegiatan BRIN-Q RA Expo dan High Performance Computing (HPC) 2023. Kehadiran keduanya untuk memberikan masukan-masukan terbaik kepada institusi pendidikan di Indonesia, untuk berbenah dan menyediakan yang terbaik untuk anak bangsa.

Dalam kegiatan itu, Himawan dan Billy berbicara tentang sistem pendidikan di Indonesia, salah satunya tentang peran pemerintah dalam menunjang kualitas SDM di Indonesia. Billy menyampaikan, 66 persen pendidikan anak Indonesia haya sampai ke Jenjang SMP. Karena itu, dia menyampaikan masukan kepada Presiden untuk dapat memaksimalkan anggaran dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang berbeda pada setiap daerahnya sesuai dengan tingkatan kesulitannya.

“Anggaran Dana BOS harus berbeda pada setiap daerah dan dihitung salah satunya berdasarkan Indeks Kesulitan Demografis, supaya dapat berkeadilan kebermanfaatannya lebih maksimal baik demi meningkatkan SDA Unggul, Puji Tuhan Presiden menerima baik masukan ini,” Ucap Billy dalam sesi tersebut.

Selanjutnya, Ketua PERMIAS Himawan Winarto juga menyampaikan harapannya di masa depan bangsa Indonesia dapat berkompetisi dengan negara-ngeara lain di dunia salah satunya dengan meningkatkan kualitas pendidikan dan juga penelitian dalam bidang akademis.

“Kita sebagai bangsa Indonesia dapat meningkatkan kualitas mutu pendidikan dan juga penelitian dalam bidang akademis terutama di Indonesia dan dapat menjadi lebih relevan dan dapat berkompetisi dengan negara-negara lain di dunia,” Ucapnya

Terakhir, Himawan dan Billy sebagai anak bangsa Indonesia memiliki visi yang besar agar bangsa Indonesia dapat menjadi bangsa besar yang dihormati di kancah global. Putra Malang dan Putra Papua ini memberikan masukan dari pengalaman mereka belajar di institusi terbaik di dunia, dan keduanya berjanji akan kembali ke Indonesia selepas pendidikannya nanti, untuk berkontribusi buat negara yang mereka cintai.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang PERMIAS

Sebagai informasi, PERMIAS didirikan anak muda berbakat Indonesia di Ibu kota Amerika Serikat yaitu Washington D.C. pada 24 Desember 1961 yang memiliki fokus untuk menaungi mahasiswa-mahasiswi Indonesia yang bermukim di AS. Saat ini, PERMIAS telah bercabang di berbagai kota besar di Amerika dan masing-masing PERMIAS memiliki agenda dan cara sendiri-sendiri untuk membuat mahasiswa merasa nyaman meskipun sedang berada di negara lain.

Ketua PERMIAS, Himawan Winarto merupakan Pemenang Olimpiade Fisika Nasional yang saat ini sedang menempuh pendidikan di doktoral Ilmu Fisika. Dia saat ini melakukan penelitian tentang fisika kuantum dan fisika teori di Princeton University.

Selain itu, Sekretaris Jenderal PERMIAS Billy Mambrasar yang juga merupakan Staf Khusus Presiden Bidang Inovasi, Pendidikan dan Daerah Terluar serta Duta Pembangunan Berkelanjutan Indonesia saat ini sedang menempuh program studi doktoral di Pennsylvania University. Dia melakukan penelitian tentang “Learning Theory” untuk mendalami bagaimana manusia membuat keputusan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat