uefau17.com

Cuaca Indonesia Senin 11 Desember 2023: Langit Pagi Sebagian Kota Besar Dominan Cerah Berawan - News

, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca mayoritas kota-kota besar di Indonesia pagi hari ini, Senin (11/1/2023) masih didominasi cuaca berawan hingga cerah berawan. Meski demikian, ada sejumlah wilayah yang diselumuti kabut dan hujan intensitas ringan.

Cuaca berkabut tersebut terjadi di dua wilayah, yakni Kota Jambi dan Pekanbaru, sementara hujan turun di wilayah Pontianak, Banjarmasin, Tarakan, Tanjung Pinang, Ambon, Kupang, dan Mamuju.

Memasuki siang hari, hujan dibarengi petir dilaporkan BMKG berpotensi membayangi sejumlah daerah di Indonesia hari ini. Seperti di Banjarmasin, Kupang, Pangkal Pinang sedangkan hujan ringan hingga sedang turun di wilayah Banda Aceh, Serang, Jambi, Surabaya, Pontianak, Palangkaraya.

Kemudian Tanjung Pinang, Bandar Lampung, Ambon, Manokwari, Pekanbaru, Makassar, Kendari, Manado serta Kota Medan.

Saat malam tiba, intensitas hujan petir mengaalami penurunan dan hanya terjadi untuk dua wilayah di Indonesia, yakni Kota Jambi dan Pekanbaru. 

Sementara, kota-kota lainnya sebagian cerah, cerah berawan dan turun hujan disejumlah titik wilayah Indonesia dengan intensitas rendah. 

Berikut informasi prakiraan cuaca Indonesia selengkapnya yang dikutip dari laman resmi BMKG www.bmkg.go.id:

 Kota  Pagi  Siang  Malam
 Banda Aceh  Berawan  Hujan Sedang  Hujan Ringan
 Denpasar  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Serang  Berawan  Hujan Ringan  Berawan
 Bengkulu  Berawan  Berawan  Berawan
 Yogyakarta  Berawan  Berawan  Hujan Ringan
 Jakarta Pusat  Cerah Berawan  Berawan  Berawan
 Gorontalo  Cerah Berawan  Cerah Berawan  Cerah Berawan
Jambi Kabut Hujan Ringan Hujan Petir
Bandung Cerah Berawan Berawan Hujan Ringan
Semarang Cerah Berawan Berawan Berawan
Surabaya Cerah Berawan Hujan Ringan Cerah Berawan
Pontianak Hujan Ringan Hujan Sedang Berawan
Banjarmasin Hujan Ringan Hujan Petir Berawan
Palangkaraya Berawan Hujan Ringan Berawan
Samarinda Berawan Berawan Cerah Berawan
Tarakan Hujan Ringan Cerah Berawan Cerah Berawan
Pangkal Pinang Cerah Berawan Hujan Petir Cerah Berawan
 Tanjung Pinang  Hujan Ringan  Hujan Ringan  Berawan
Bandar Lampung Cerah Berawan Hujan Ringan Hujan Sedang
Ambon Hujan Ringan Hujan Ringan Berawan Tebal
Ternate Cerah Berawan Berawan Berawan
Mataram Cerah Berawan Berawan Berawan
Kupang Hujan Ringan Hujan Petir Hujan Ringan
Kota Jayapura Cerah Berawan Berawan Cerah Berawan
Manokwari Berawan Hujan Ringan Berawan
Pekanbaru Kabut Hujan Ringan Hujan Petir
Mamuju Hujan Ringan Berawan Berawan
Makassar Berawan Hujan Ringan Hujan Ringan
Kendari Berawan Hujan Ringan Berawan
Manado Cerah Berawan Hujan Ringan Hujan Ringan
Padang Cerah Berawan Berawan Berawan
Palembang Berawan Berawan Hujan Ringan
Medan Cerah Berawan Hujan Sedang Hujan Ringan

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sulut Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrem hingga 12 Desember

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan wilayah Sulawesi Utara (Sulut) berpotensi dilanda cuaca ekstrem hingga 12 Desember 2023.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di beberapa kabupaten dan kota," ungkap Koordinator Bidang Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Ben A Molle pada Sabtu (9/12/2023).

Dia berharap, warga berhati-hati apabila melakukan aktivitas di saat kondisi cuaca ekstrem. Untuk itu bisa mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Waspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang," katanya.

 Dia mengatakan, kondisi ini dapat menyebabkan banjir, tanah longsor maupun pohon tumbang, karena itu BMKG akan menyampaikan update cuaca ekstrem melalui kanal informasi yang tersedia.

Di 10 Desember cuaca ekstrem diperkirakan terjadi di wilayah Kota Tomohon, Kota Bitung, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Tenggara, Kabupaten Minahasa Selatan, Kota Kotamobagu. Juga di Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur.

Pada 11 Desember berpotensi terjadi di Kabupaten Minahasa, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

Sedangkan di tanggal 12 November cuaca ekstrem akan melanda wilayah Kabupaten Minahasa, Kabupaten Bolaang Mongondow, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dan Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan.

3 dari 3 halaman

Musim Hujan Tiba, Gubernur Sulut Ingatkan Warga Waspadai Cuaca Ekstrem

Sebelumnya, Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengimbau warga mewaspadai potensi cuaca ekstrem sebagai dampak musim hujan di daerah itu.

"Kita bersyukur karena musim kemarau akan berlalu dan beralih ke musim hujan, tentu ada upaya mitigasi yang harus dilakukan oleh masyarakat," kata Olly Dondokambey, Jumat (1/12/2023).

Politisi PDI Perjuangan ini mengatakan, tidak menutup kemungkinan cuaca ekstrem bisa terjadi seperti meningkatnya curah hujan, dan angina kencang di kabupaten dan kota di Sulut.

"Paling sederhana jangan membuang sampah di selokan-selokan sehingga mampet dan akhirnya menyebabkan limpahan air ke jalan-jalan," katanya.

Dia berharap, masyarakat melakukan upaya bijaksana ketika cuaca ekstrem terjadi yang sewaktu-waktu bisa menyebabkan bencana.

"Masyarakat yang tinggal di bukit-bukit harus waspada, lihat tanda alam agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ujarnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan awal musim hujan Sulut pada dasarian pertama Desember 2023.

BMKG menyebutkan beberapa wilayah di Sulut pada dua dasarian dengan rata-rata curah hujan sudah berada di atas 50 milimeter.

Penentuan apakah Sulut sudah memasuki awal musim hujan atau belum, masih menunggu data curah hujan pada dasarian ketiga November 2023.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat