uefau17.com

Serunya Menjadi Ninja di Zaman Edo di Nikko Edo Wonderland Jepang - News

, Jakarta - - Ninja-ninja kecil berpakaian serba hitam lengkap dengan senjatanya berlarian ke sana ke mari di tengah kota zaman Edo. Anak-anak itu seolah kembali ke abad 17 Jepang di Edo Wonderland di Nikko, Prefektur Tochigi.

Di sana masih ada sepotong era Edo tersisa yang bisa kita nikmati dengan menjelajahi keindahan, budaya, dan karakter menarik dari Era Edo.  berkesempatan menjejajah zaman Edo ini dengan terbang dari Jakarta ke Jepang menggunakan Japan Airlines atas undangan Japan National Tourism Organisation pada Rabu, 8 November 2023 dan mendarat di Bandara Narita, Jepang.

Bukan cuma ninja, ada pula putri cantik Jepang dengan menggunakan Kimono yang indah. Berjalan-jalan di tengah Kota Edo selayaknya masyarakat pada zaman itu. Jelajahi desa dengan bebas dan berinteraksi dengan penduduk Edo yang ramah.

Operation and Promotion Departement Subsection Chief Edo Wonderland, Nikko Edomura, Kazuhiro Kimura mengatakan, Edo Wonderland ini sengaja dibangun untuk mengingat kembali sejarah Jepang di zaman Edo. Edo Wonderland ini mulai dibuka pada 1986 di tanah seluas 5000 meter.

"Kami memilih zaman Edo karena sudah tidak ada perang, zaman yang sangat tenang dan kebudayaan yang mulai berkembang. Kehidupannya juga tidak ada polusi, dan dari zaman ini masyarakat mulai membuang sampah dengan baik dan melakukan daur ulang, " kata Kazuhiro kepada , Sabtu, (12/11/2024). 

 

 

Sebelum berpetualang di zaman Edo, mampirlah ke Jiku, toko penyewaan kimono dan anda akan menjadi warga Edo sesungguhnya hanya dengan membayar 4000-5000 yen/orang. Ada pula pakaian polisi zaman Edo, samurai, putri, atau bahkan bangsawan.

Sementara pakaian seperti ninja sangat disukai anak-anak baik laki-laki dan perempuan. Kita juga akan didandani staf profesional.

Setelah menjadi warga Edo, berjalan-jalanlah menikmati suasana kota dengan bangunan klasik yang sebagian besar terbuat dari bambu. Dalam lahan yang luas, lanskap kota Edo yang realistis seperti jalan, kota pos, jalan pedagang, desa ninja, dan kediaman samurai diciptakan kembali dengan detail luar biasa.

Di tambah lagi, Edo Wonderland ini juga dibangun di sekeliling pegunungan di Nikko yang menambah kesan zaman dulu. Pastikan untuk mengunjungi semua teater, mencoba masakan dan pekerjaan pada zaman Edo.

"Semua orang tua, muda, anak-anak bisa menikmati. Banyak aktifitas yang bisa dilakukan anak-anak untuk menikmati zaman Edo, " ujar Kazuhiro.

Ada berbagai wahana di Edo Wonderland yang dibuat agar bisa memberi pengalaman zaman Edo yang sebenarnya. Misalnya, anak-anak usia 5-12 tahub bisa menjadi polisi, ninja dan samurai zaman Edo. Kemudian menjelajahi jalan rahasia di Karasu Ninja Mansion yang nantinya akan dibantu oleh penduduk kota Edo.

Menjadi ninja di era Edo paling populer di kalangan anak-anak. Mereka juga bisa belajar menguasai keterampilan dasar ninja, termasuk teknik melempar shuriken, penyamaran, dan teknik berlari ninja dari staf yang profesional.

 

Selain ninja, anak-anak juga bisa menjadi pendekar pedang Samurai. Dalam program ini mereka benar-benar bisa merasakan menjadi seorang Samurai dengan belajar teknik pedang kenjutsu hingga teknik jurus bertahan dari orang yang profesional.

Kemudian ada pula profesi Polisi Okappiki. Dengan sebuah pentungan berkait (jutte) di tangan, polisi Edo yang dikenal sebagai Okappiki berpatroli di jalanan dengan seruan 'Go-yo da, Go-yo da', tugas mereka adalah menangkap para penjahat di Edo. Menjadi polisi juga punya sensasi memecahkan teka-teki yang sulit dan akan menjadikan pengalaman yang menarik.

Setelah selesai melakukan tugasnya, anak-anak juga akan mendapat sertifikat. Maksimal 20 peserta untuk setiap pengalaman, siapa cepat dia dapat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Teater Ninja

Di Edo Wonderland terdapat berbagai macam pertunjukan yang tidak dapat dilihat tempat lain.

Aksi ninja berkelahi langsung di depan mata. Teater yang penuh intrik cahaya dan suara yang memukau. Seolah-olah kita menyaksikan langsung ninja bertarung di depan mata. Sangat menegangkan.

"Ada beberapa peraturan, di ninja show, yaitu boleh foto dan tidak boleh masuk kalau sudah mulai. Karena di show ninja ada trik-trik pencahayaan supaya tidak terlihat, " katanya.

Jangan lupa menggunakan baju hangat saat musim gugur karena udara dingin dan angin yang kencang.

3 dari 7 halaman

Nikmati Hidangan Khas Edo

Setelah seharian berkeliling Kota Edo, Anda harus menikmati hidangan khas Edo di Edo Wonderland. Sebab budaya kuliner Jepang berkembang pesat di zaman Edo. Salah satu hidangan lezat kas Edo adalah Soba Kakiyage di Yobu Soba. Yaitu mie soba dengan rasa yang gurih serta kakiyage yaitu tempura campuran sayur dan seafood yang dibentuk seperti bola.

Semua staf yang bekerja di restoran ini juga menggunakan kostum zaman Edo sehingga benar-benar bisa merasakan sensasi makanan pinggiran di zaman Edo.

4 dari 7 halaman

Kehidupan di Zaman Edo

Di zaman Edo dimulai sejak Tokugawa Ieyasu mendirikan Keshogunan Tokugawa di Edo (sekarang Tokyo). Pada zaman Edo, kaisar tetap ada, tetapi pemerintahan berada di tangan seorang shogun (panglima militer) yang berasal dari klan Tokugawa.

Periode yang berlangsung selama 250 tahun lebih ini juga disebut sebagai awal zaman modern di Jepang. Di bawah pemerintahan keshogunan Tokugawa, Zaman Edo (1603-1868) merasakan masa perdamaian dan perkembangan berbagai budaya.

5 dari 7 halaman

Tiket dan Akses

Hanya dengan membayar tiket 5,800 yen dan 5,800 yen untuk anak-anak, anda dapat menikmati dan berkeliling Kota Edo selama seharian. Namun, ada diskon khusus untuk para penyandang disabilitas, yaitu seharga 3,500 yen dan 1,800 yen untuk anak-anak.

Semantara biaya parkir di sana adalah 800 yen untuk mobil dan 400 yen untuk motor.

6 dari 7 halaman

Akses dengan Bus ke Nikko Edo Wonderland

7 dari 7 halaman

Akses dengan Kereta ke Nikko Edo Wonderland

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat