uefau17.com

Tingkatkan SDM Indonesia, KNPI dan APJII Jalin Kerjasama Bidang Teknologi - News

, Jakarta - Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) Kepemimpinan M. Ryano Panjaitan menyelenggarakan MoU dengan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Momen Penandatanganan MoU tersebut berlangsung di Roemah Pemoeda, Jalan Kramat Raya No. 108 Kwitang, Jakarta Pusat.

Dalam sambutannya, M. Ryano Panjaitan mengatakan, pada era yang semakin dipengaruhi oleh kemajuan teknologi dan kecerdasan buatan, peran generasi muda dalam perkembangan sumber daya manusia (SDM) Indonesia menjadi semakin penting.

"Generasi muda memiliki potensi besar untuk menciptakan inovasi. Kemudian, untuk mengikuti perkembangan teknologi, perlu bekerjasama dengan pihak-pihak terkait, seperti Asosiasi APJII untuk memastikan Indonesia dapat bersaing dalam era digital yang terus berkembang," yakin M. Ryano Panjaitan kepada awak media di Jakarta, seperti dikutip dari siaran pers diterima Jumat (13/10/2023).

Ryano menjelaskan, kerjasama antara DPP KNPI dan APJII adalah upaya menyongsong era teknologi dan kecerdasan buatan (AI) ini dapat menjadi kunci untuk meningkatkan SDM Indonesia. Sebab, APJII merupakan organisasi yang selama ini mewakili penyelenggara jasa internet di Indonesia dan memiliki pengetahuan juga pengalaman dalam industri teknologi informasi dan komunikasi.

"Salah satu aspek penting dari kerjasama ini adalah edukasi. KNPI dan APJII dapat berperan dalam memberikan pelatihan dan pendidikan mengenai teknologi dan AI kepada pemuda. Ini dapat dilakukan melalui workshop, seminar, kursus, atau bahkan kolaborasi proyek-proyek bersama," optimis Ryano.

Ryano yakin, para pemuda yang mendapatkan pelatihan akan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan tuntutan pasar kerja yang semakin terdigitalisasi.

"Pemuda juga dapat berperan dalam mendukung pengembangan teknologi dan AI di Indonesia," dia menandasi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemerataan Akses Internet ke Seluruh Indonesia

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum APJII, Muhammad Arif berterimakasih kepada DPP KNPI yang memberikan kesempatan untuk berkolaborasi dan mengembangkan potensi pemuda khususnya di bidang Jaringan. Arif memastikan, misi APJII adalah pemerataan akses internet ke seluruh indonesia.

"Kita liat KNPI memiliki jejaring yang luas sampai ke tingkat kecamatan, Kerana ini eranya kolaborasi, kita ingin dengan kolaborasi ini masyarakat luas dapat menerima akses informasi, pengetahuan yg sama dengan kota-kota besar sampai ke pelosok indonesia," tutur Arif.

Sebagai informasi, Kerja sama DPP KNPI dengan APJII dimulai dengan Pilot Projek membangun Desa Digital di area Salampua, Kabupaten Goa, Prov Sulsel dan desa Pandaisike, Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumbar yang melibatkan pemerintah setempat.

Selain itu, DPP KNPI dan APJII juga dapat bekerja sama dalam proyek-proyek penelitian dan pengembangan pemuda berbakat dalam bidang teknologi dan AI dalam menciptakan solusi-solusi inovatif yang dapat diterapkan dalam berbagai sektor, termasuk pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan pemerintahan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat