uefau17.com

Rayakan HUT ke-55, Direksi BPJS Kesehatan Turun Langsung Layani Peserta di Tapal Batas Negeri - News

, Tarakan Seluruh jajaran Direksi dan Dewan Pengawas BPJS Kesehatan turun langsung memastikan pelayanan kepada peserta JKN berjalan dengan baik, hingga pelosok negeri melalui kegiatan DIANI (Dewan Pengawas-Direksi Melayani) di Tapal Batas Negeri. Kegiatan bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran peserta terhadap manfaat dan pentingnya Program Jaminan Kesehatan Nasional (Program JKN), serta meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta terhadap prosedur, hak dan kewajiban peserta ini sekaligus menjadi rangkaian peringatan HUT ke-55 BPJS Kesehatan pada 15 Juli 2023.

Melalui Program DIANI ini, Dewan Pengawas dan Direksi BPJS Kesehatan akan memberikan pelayanan kepada peserta JKN di beberapa wilayah terpilih. Jenis pelayanan yang diberikan antara lain pelayanan administrasi, pembayaran iuran, Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) menggunakan armada Mobile Customer Service (MCS) atau BPJS Kesehatan Keliling.

Direktur Teknologi Informasi BPJS Kesehatan, Edwin Aristiawan mengatakan, sebagai organisasi pelayan publik tentu BPJS Kesehatan senantiasa mengedepankan mutu pelayanan kepada peserta. Pelaksanaan program DIANI ini merupakan wujud representasi komitmen Dewan Pengawas dan Direksi BPJS Kesehatan dalam memberikan pelayanan kepada peserta JKN hingga ke ujung negeri.

“Upaya transformasi mutu layanan terus digaungkan BPJS Kesehatan untuk menciptakan pelayanan yang lebih mudah, lebih cepat dan semua setara. Langkah ini dilakukan agar seluruh peserta JKN bisa merasakan pelayanan yang optimal. Adapun inovasi berbasis digital lainnya yang dihadirkan demi memberikan kemudahan akses bagi peserta, seperti melalui BPJS Kesehatan Care Center 165, Aplikasi Mobile JKN, Chat Assistant JKN (CHIKA), Voice Interactive JKN (VIKA), Pelayanan Administrasi melalui Whatsapp (PANDAWA), hingga dengan cara mengirimkan direct message di media sosial resmi BPJS Kesehatan,” ungkap Edwin usai memberikan pelayanan kepada peserta JKN di Kantor Kelurahan Karang Balik, Kota Tarakan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Antrean Online via Mobile JKN Beri Banyak Manfaat

Edwin menambahkan bahwa digitalisasi pelayanan yang diterapkan BPJS Kesehatan bagi peserta JKN akan terus disempurnakan. Dengan harapan bisa memberikan dampak bagi kepuasan peserta terhadap layanan. Edwin mencontohkan keberadaan antrean online lewat aplikasi Mobile JKN yang telah beri banyak manfaat untuk peserta maupun untuk fasilitas kesehatan, sehingga adanya kepastian waktu tunggu layanan.

“Salah satu fitur yang ada pada Aplikasi Mobile JKN adalah antrean online yang kami ciptakan untuk memfasilitasi peserta dengan kepastian waktu saat mengakses pelayanan kesehatan. Peserta dapat memperkirakan waktu untuk datang dan berobat, sehingga dapat merasakan layanan kesehatan dari BPJS Kesehatan tanpa diskriminasi sesuai dengan nomor antrean. Tidak hanya itu, kami juga terus memantau pemanfaatan antrean online ini di lapangan, agar kami dapat secara langsung mengetahui pemahaman, kepuasan serta impact di masyarakat terhadap inovasi yang kami kembangkan,” terang Edwin.

3 dari 4 halaman

Kegiatan Supervisi, Buktikan dan Lihat Langsung

Pada kesempatan yang sama, Edwin juga melakukan kegiatan SiBLing (Supervisi, Buktikan dan Lihat Langsung). Kegiatan tersebut merupakan bentuk pemantauan yang dilakukan kepada seluruh mitra fasilitas kesehatan terhadap komitmen yang diberikan dalam pemberian layanan terhadap peserta JKN.

“Salah satu upaya dalam transformasi mutu layanan adalah melalui implementasi Janji Layanan yang merupakan bagian dari pemenuhan kewajiban fasilitas kesehatan yang telah tertuang dalam Perjanjian Kerja Sama. Mengingat bahwa persepsi peserta terhadap kualitas pelayanan kesehatan dalam Program JKN dibentuk mulai dari bagaimana kualitas pelayanan di fasilitas kesehatan, maka perlu dilakukan pemantauan dengan melihat dan membuktikan secara langsung bagaimana pelayanan fasilitas kesehatan kepada peserta Program JKN serta mendapat masukan sebagai sarana perbaikan dan peningkatan kualitas pelayanan bagi fasilitas kesehatan yang bekerja sama” jelasnya.

Salah satu peserta JKN yang ikut mengantre untuk dilayani melalui pelayanan Mobile Customer Service (MCS) dalam kegiatan DIANI, Saidi (45) menyebutkan kalau ia terkesan dengan beragam kanal layanan yang disediakan oleh BPJS Kesehatan. Saidi merasakan pelayanan yang didapatkan semakin mudah karena banyaknya pilihan akses layanan bahkan sampai ke tempat terpencil.

“Tidak hanya melalui MCS, tadi saya dijelaskan juga kalau pelayanan administrasi bisa kita akses secara mudah tanpa harus datang langsung ke Kantor Cabang, seperti melalui Aplikasi Mobile JKN. Tinggal download Aplikasi Mobile JKN segala urusan administrasi JKN bisa langsung diakses dalam genggaman. Harapan saya pelayanan BPJS Kesehatan semakin dimudahkan dan terjangkau di mana saja” ungkap Saidi.

4 dari 4 halaman

Program JKN Dorong Taraf Hidup Masyarakat

Pada kesempatan yang sama, Asisten Administrasi Umum Setda Kota Tarakan, Jamaludin mengungkapkan apresiasinya terhadap BPJS Kesehatan dan upaya seluruh manajemen dari tingkat pusat hingga ke daerah yang bersedia turun langsung untuk memastikan pemberian layanan JKN kepada masyarakat telah berjalan dengan optimal.

“Hadirnya Program JKN telah mendorong taraf hidup masyarakat khususnya dibidang kesehatan. Masyarakat yang telah terdaftar sebagai peserta Program JKN, kini sudah tidak perlu khawatir lagi jika harus berobat dan membutuhkan biaya yang besar. Akses pelayanan kesehatan semakin mudah dan didukung dengan inovasi yang terus dikembangkan untuk meningkatkan kepuasan peserta terhadap layanan program JKN” ujarnya.

Lebih lanjut, Jamaludin berharap BPJS Kesehatan sebagai badan yang menyelenggarakan Program JKN dapat selalu memberikan kemudahan kepada masyarakat dengan menciptakan inovasi yang telah diimplementasikan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Menurutnya, Program JKN sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang terdiri dari beberapa kalangan, oleh sebab itu BPJS Kesehatan diharapkan untuk terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar informasi secara merata dapat disampaikan.

 

(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat