uefau17.com

PKB Ungkap Isi Pertemuan dengan Fraksi PDIP di DPR - News

, Jakarta - Ketua Fraksi PKB, Cucun Ahmad Syamsurijal mengungkapkan isi pertemuan antara fraksi partainya dengan Fraksi PDIP. Dia menyebut, salah satu isi pembahasannya yakni mengenai revisi undang-undang (RUU) desa.

Cucun menjelaskan, kedua fraksi itu menyamakan substansi poin-poin penting terkait rancangan undang-undang yang harus diselesaikan.

"Nah ada beberapa undang-undang juga yang masih kita garap di DPR ini yang perlu PDIP juga menyamakan apa poin-poin penting terkait rancangan undang-undang yang harus segera diselesaikan DPR," kata Cucun, kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (13/7/2023).

Termasuk salah satu yang menjadi poin bahasan adalah terkait revisi undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa.

"Terutama kemarin soal desakkan kepala desa itu ya, yang apakah dibahas nanti itu melalui Pansus seperti dulu lahirnya undang-undang ini? atau dibahasnya melalui formula di baleg?" ungkapnya.

Selain membahas revisi undang-undang desa, kedua fraksi itu juga membahas spending mandatory 5 persen dalam undang-undang kesehatan.

"Kami itu ya kemarin pengen dikaji kembali sebetulnya terkait mandatory yang hilang itu kita memunculkan mandatory 5% itu bukan hal yang mudah, dulu perjuangan undang-undang kesehatan sekarang hilang," imbuh dia.

Sementara itu, Ketua Fraksi PDIP Utut Adianto mengakui, saat bertemu dengan Fraksi PKB membahas soal penjajakan hingga rencana pertemuan Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Intinya itu ketemu Srlasa 4 Juli, Fraksi PKB ada 5 orang dipimpin Pak Cucun dan Sekretaris Fraksi Pak Fathan. Inti perbincangan ada 3 hal," kata Utut.

"Pertama, kami akan melapor kepada para ketua umum, hasil pertemuan itu. Artinya, untuk pilpres, kita saling membuka diri dan saling menjajaki," sambungnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Saling Dukung Kinerja di Parleman

Selain itu, kata Utut, antara Fraksi PDIP dan PKB akan saling mendukung dalam kinerja di Parlemen. Dan terakhir, terkait rencana pertemuan antara Cak Imin dengan Megawati.

"Kedua, saling mendukung di Senayan, Fraksi PDIP dan PKB. Ketiga, diupayakan untuk ada pertemuan antara Ibu Ketua Umum dan Cak Imin sebagai ketua partai. Sudah itu saja," ujar dia.

Lebih lanjut, dia mengatakan hasil pembicaraan dengan Fraksi PKB telah dia laporkan ke Megawati dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto. Termasuk, soal usulan Fraksi PKB yang menginginkan adanya pertemuan Cak Imin dengan Megawati.

"Kalau kami, keesokan harinya, kami sudah langsung melapor ke Ibu Ketua Umum dan Pak Sekjen," tuturnya.

Namun, Utut menegaskan, perihal kerja sama PDIP dan PKB perlu melakukan beberapa pertemuan lagi untuk menggodok kerja sama politik.

"Kan enggak bisa langsung sekali ketemu, tapi ini kan penjajakan pertemuan," imbuh Utut.

 

Reporter: Alma Fikhasari

Sumber: Merdeka.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat