uefau17.com

Daftar Promo HUT ke-496 DKI Jakarta: Masuk Ancol Gratis hingga Tarif Rp 1 untuk Semua Transportasi Umum - News

, Jakarta Dalam rangka memeriahkan HUT ke-496 DKI Jakarta pada Kamis, 22 Juni 2023, pemprov DKI menawarkan sejumlah promo menarik untuk semua warganya. 

Tiket gratis masuk Taman Impian Jaya Ancol pun dibagikan secara gratis. Tiket gratis ini berlaku untuk kunjungan 21 Mei-22 Juni 2023 pukul 17.00-23.00 WIB.

Selain itu, pemprov DKI juga menerapkan tarif Rp 1 di 3 moda transportasi umum. 

"Itu gratis. Memang dalam prosesnya karena ini terkait dengan pencatatan transaksi itu biasa dikenakan satu rupiah saja," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo kepada wartawan, Rabu (21/6/2023).

Secara rinci, berikut daftar promo ulang tahun Jakarta pada Kamis, 22 Juni 2023.

1. Fasilitas Olahraga dan Kolam Renang Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora)

Dispora DKI Jakarta mengumumkan, warga Ibu Kota dapat menikmati seluruh fasilitas olahraga dan kolam renang di bawah pengelolaan Dispora secara gratis pada hari ini.

Hal tersebut diterapkan berdasarkan Surat Edaran Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Nomor e-0002/SE/2023.

2. Masuk Ancol Gratis

Taman Impian Jaya Ancol menggratiskan tiket gratis untuk kunjungan tanggal 21 Mei lalu sampai 22 Juni 2023 hari ini. Namun, tiket gratis ini hanya berlaku bagi pengunjung yang datang pukul 17.00 sampai 23.00 WIB.

Khusus hari ini, Ancol sudah menyiapkan konser musik secara gratis untuk semua pengunjung. Konser akan berlangsung di Pulau Tengah Ecopark mulai pukul 15.00 hingga 22.00 WIB.

Konser musik yang merupakan bagian dari rangkaian Wonders of Jakarta Fest ini akan menghadirkan band-band yang tergabung dalam Sound of Jakarta yaitu Holly Jak, Gondal Gandul, Skarbu, Mental Baja, Merseyside, Economy Class, Orkes Biang Kerok, Spirit From Outsider.

"Cara memperoleh tiket gratisnya sangat mudah, pengunjung cukup melakukan booking tiket di ancol.com. Tiket gratis masuk Ancol ini berlaku untuk individu belum termasuk kendaraan," kata Direktur Operasional PT Pembangunan Jaya Ancol Eddy Prastiyo.

Selain konser musik, kemeriahan HUT Kota Jakarta bisa ditemui juga di area Pantai timur Ancol, tepatnya di area Symphony of The Sea.

Terdapat bazar kuliner, live music, pertunjukkan kesenian Betawi dan berbagai aktivitas seru lainnya. Pengunjung juga bisa menyaksikan Festival Layang-Layang yang akan berlangsung di Pantai Lagoon mulai 22 Juni hingga 9 Juli 2023.

Festival ini akan menampilkan layangan unik berukuran besar mulai dari 2,5 hingga yang memiliki panjang 25 meter.

Pasar Seni Ancol pun akan turut serta memeriahkan HUT Jakarta dengan mempersembahkan pameran bertajuk Jakarta Formating Art. Pameran seni lukis dari puluhan seniman baik dari seniman lokal dan seniman mancanegara, yang digelar di Galeri North Art Space (NAS) Pasar Seni mulai dari 22 Juni hingga 15 Juli 2023.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Layanan Semua Transportasi Rp 1

3. Layanan MRT Rp 1

Direktur Operasional dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta Muhammad Effendi mengatakan, tarif layanan khusus Rp1 akan berlaku selama satu hari penuh di jam operasional MRT.

"Pemberlakukan ini efektif mulai jadwal operasional pukul 05.00 WIB hingga berakhir pada 24.00 WIB," kata Effendi dalam rilis resminya.

Ia menambahkan, pengguna MRT tetap harus melakukan penge-tap-an di passenger gate baik saat masuk maupun keluar.

Kemudjan, tarif Rp1 ini berlaku untuk semua jenis pembayaran seperti kartu MTT, kartu uang elektronik bank, dan pembelian melalui aplikasi MRT-J.

4. Layanan LRT Rp 1

Sama seperti MRT, LRT Jakarta juga menerapkan tarif khusus Rp1 sebagai dalam HUT ke-496 ini.Penerapan tarif ini diberlakukan pada Kamis, 22 Juni 2023 pukul 00.00 - 23.59 WIB.

Head of Corporate Secretary Division PT LRT Jakarta Sheila Indira Maharshi mengatakan, pengguna bisa tap in dan tap out dengan Kartu Uang Elektronik (KUE) seperti JakLingko Card, JAK Card, Flazz, E-Money, Brizzi, dan lainnya.

"Selain itu, penumpang juga dapat menggunakan aplikasi LinkAja maupun JakLingko App yang dapat diunduh pada smartphone," ujar Sheila.

5. Layanan Transjakarta Rp 1

Tarif Rp1 juga berlaku di Transjakarta pada hari ini. Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Welfizon Yuza mengatakan, tarif khusus ini berlaku bagi semua masyarakat tanpa terkecuali di layanan BRT dan nonBRT.

"Tarif Rp1 mulai pukul 00.00 WIB tanggal 22 Juni hingga pukul 23:59 WIB," katanya.

Kemudian, untuk layanan Mikrotrans, Transjakarta Cares, Bus Wisata tetap berlaku tarif Rp0 atau gratis.

Welfizon mengimbau pengguna untuk membawa kartu uang eletronik (KUE) ketika akan menggunakan layanan Transjakarta.

Reporter: Alma Fikhasari/Merdeka

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat