uefau17.com

Jokowi Optimis Smelter PT AMNT di Sumbawa Barat Rampung Pertengahan 2024 - News

, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali menegaskan pentingnya hilirisasi industri untuk mewujudkan Indonesia Maju. Dia pun menargetkan pembangunan smelter PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) di Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), rampung pada pertengahan 2024.

Dia meninjau langsung kemajuan dari pembangunan smelter PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) yang berada di Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Selasa 20 Juni 2023.

"Saya hanya ingin memastikan bahwa progresnya sesuai dengan perencanaan dan selesai pertengahan tahun depan," ucap Jokowi kepada awak media saat meninjau pembangunan smelter PT AMNT di Kabupaten Sumbawa Barat, NTB, dikutip dari siaran pers, Selasa (20/6/2023).

Hal ini disampaikan Jokowi merujuk hasil verifikasi terakhir progres pembangunan smelter PT AMNT yang dilakukan oleh tim investasi dan Kementerian ESDM. Adapun pembangunan smelter PT AMNT telah mencapai 51,63 persen.

"Insyaallah di pertengahan 2024 sudah selesai," katanya.

PT AMNT pada saatnya nanti memiliki kapasitas produksi 900.000 ton konsentrat. Untuk itu, Jokowi berharap agar industrialisasi juga bisa dilakukan pada turunan dari katoda tembaga yang dihasilkan agar memberi nilai tambah dan lapangan kerja sebanyak-banyaknya.

Jokowi juga menyampaikan bahwa saat pembangunan smelter telah selesai dan siap berproduksi--baik yang berasal dari nikel, tembaga, bauksit, dan timah, maka akan memberi nilai tambah yang sebesar-besarnya bagi perekonomian dalam negeri.

"Baik berupa nilai ekspornya, juga membuka lapangan kerja yang sebanyak-banyaknya" tutur Jokowi.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lanjutkan Kunjungan ke Provinsi Jawa Timur

Usai dari NTB, Jokowi melanjutkan kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Timur. Dia diagendakan untuk menghadiri groundbreaking proyek pembangunan pabrik foil tembaga PT Hailiang Nova Material Indonesia, yang ada di Kawasan Industri JIIPE, Gresik, Jawa Timur.

Selain itu, Jokowi akan melakukan peninjauan proyek pembangunan pabrik smelter PT Freeport Indonesia yang juga berada di Kawasan Industri JIIPE. Usai peninjauan, Jokowi dan Iriana akan kembali ke Bandara Internasional Juanda, Kabupaten Sidoarjo, untuk bertolak menuju Jakarta.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat