uefau17.com

Seleksi Sekda DKI Dibuka Secara Nasional, Ini Tahapan dan Jenis Tesnya - News

, Jakarta - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta resmi mengumumkan dibukanya pendaftaran untuk jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta. Seleksi digelar secara terbuka hingga 27 Desember 2022 mendatang, serta diperuntukan bagi seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Indonesia.

Berdasarkan surat Pengumuman Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Nomor 1 Tahun 2022 tentang Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Madya Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta itu dijelaskan bahwa seleksi dilakukan dengan sistem gugur.

Artinya peserta yang dinyatakan gugur dalam satu tahapan seleksi dinyatakan tidak berhak mengikuti tahapan berikutnya.

Ada pula tahapan seleksi administrasi. Dimana panitia seleksi akan melakukan verifikasi data/dokumen peserta sesuai dengan persyaratan dan mengumumkan hasil verifikasi tersebut melalui laman resmi.

Kemudian, tahapan seleksi akan dilanjutkan dengan tes kesehatan. Para peserta melaksanakan tes kesehatan (jasmani dan rohani) dan tes bebas narkoba secara mandiri pada Rumah Saki! Pemerintah (RSUP/RSUD) atau tes narkoba pada Badan Narkotika Nasional (BNN/BNP/BNK).

Hasil tes kesehatan (jasmani dan rohani), serta tes bebas narkoba harus disampaikan bersamaan dengan dokumen administrasi lainnya saat melamar.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tes Kompetensi

Ada pula tes kompetensi bidang yang mengharuskan para peserta membuat penulisan makalah tematis menggunakan perangkat komputer (PC) yang telah disediakan, dengan tema yang ditetapkan oleh Panitia Seleksi pada saat tes berlangsung.

Tahapan selanjutnya, peserta mengikuti tes manajerial dan sosial kultural melalui Assesment Center yang diselenggarakan oleh Pusat Penilaian Kompetensi Aparatur Sipil Negara (Puspenkom ASN) Badan Kepegawaian Negara.

Tahap akhir, yakni wawancara dengan tim panitia seleksi terbuka sesuai jadwal yang ditetapkan.

3 dari 3 halaman

Waktu Pelaksanaan

Mengacu pada surat pengumuman yang ditandatangani oleh Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Terbuka Jabatan Tinggi Madya Suhajar Diantoro pada 20 Desember 2022 itu, berikut waktu pelaksanaan seleksi terbuka Sekda DKI Jakarta:

1. Pengumuman pendaftaran: 20 Desember 2022

2. Pedaftaran: 21 sampai 27 Desember 2022

3. Seleksi Administrasi 21 sampai 28 Desember 2022

4. Pengumuman hasil Seleksi Administrasi: 2 Januari 2023

5. Tes Kompetensi Bidang (Penulisan makalah): 4 Januari 2023

6. Pengumuman hasil Tes Kompetensi Bidang: 9 Januari 2023

7. Tes Manajerial (Assessment) di Pusat Penilaian Kompetensi ASN Badan Kepegawaian Negara (BKN): 16 sampai 25 Januari 2023

8. Pengumuman hasil Tes Manajerial Pengumuman hasil Tes Manajerial: 27 Januari 2023

9. Wawancara Pansel (Panitia Seleksi): 30 sampai 31 Januari 2023

"Waktu pelaksanaan kegiatan tersebut di alas dapat dilakukan perubahan sesuai dengan situasi dan kondisi," bunyi surat pengumuman, dikutip Jumat (23/12/2022).

Sementara itu, BKD DKI Jakarta akan menginformasikan lebih lanjut terkait perincian jadwal dan tempat pelaksanaan dalam masing-masing tahapan tes melalui laman resmi : https://seleksiterbuka.jakarta.go.id.

"Peserta yang tidak mengikuti salah satu tahapan seleksi terbuka dianggap mengundurkan diri dan tidak dapat mengikuti tahapan berikutnya," demikian bunyi surat pengumuman tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat