uefau17.com

Komisi II DPR Akan Pilih Anggota KPU dan Bawaslu Periode 2022-2027 Malam Ini - News

, Jakarta Komisi II DPR RI akan memilih anggota KPU dan Bawaslu periode 2022-2027 malam ini, Rabu (6/2/2022).

Setelah uji kelayakan dan kepatutan semua calon anggota KPU dan Bawaslu selesai, Komisi II menggelar rapat pleno untuk mengambil keputusan pada pukul 21.00 WIB.

"Nanti malam kalau misalnya waktu sesuai jadwal semua fit and proper selesai jam 9 nanti kita bisa lanjutkan di pengambilan keputusan," ujar Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Total hari ini ada delapan calon anggota Bawaslu RI yang diuji hari ini.

"Hari ini adalah hari terakhir, ada delapan orang lagi calon Bawaslu, mudah-mudahan bisa berjalan dengan baik," ujar Doli.

Nantinya, Komisi II DPR RI akan memilih tujuh anggota KPU dan lima anggota Bawaslu. Namun, juga akan mengurutkan sisa calon anggota KPU dan Bawaslu sebagai cadangan apabila sesuatu terjadi terhadap anggota yang terpilih.

Seperti pada periode sekarang, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi yang menjadi cadangan pertama, masuk sebagai anggota KPU di sisa masa jabatan menggantikan Wahyu Setiawan yang tersangkut kasus suap di KPK.

"Karena kan untuk mengantisipasi ada di antara tujuh untuk KPU dan lima untuk Bawaslu itu ada berhalangan tetap. Kayak kemarin kan periode yang lalu ada yang berhalangan lalu kita masukkan pak Dewa," jelas Doli.

Setelah keluar nama yang diputuskan, maka Komisi II akan mengirim ke pimpinan DPR untuk disahkan di rapat paripurna.

"Begitu diputuskan kami sampaikan surat ke pimpinan, kemudian dibahas di Bamus untuk diagendakan di Paripurna. Nanti dikirim ke pemerintah dan menunggu pelantikan," jelas Doli.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Calon Anggota KPU dan Bawaslu

Ada 14 calon anggota KPU yang mengikuti uji kelayakan dan kepatutan. Yaitu; August Mellaz, Betty Epsilon Idroos, Dahliah, Hasyim Asy’ari, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Idham Holik, Iffa Rosita, Iwan Rompo Banne, Mochammad Afifuddin, Muchamad Ali Safa’at, Parsadaan Harahap, Viryan, Yessy Yatty Momongan, dan Yulianto Sudrajat.

10 nama calon anggota Bawaslu yang mengikuti uji kelayakan dan kepatutan adalah; Aditya Perdana, Andi Tenri Sompa, Fritz Edward Siregar, Herwyn Jefler Hielsa Malonda, Lolly Suhenty, Mardiana Rusli, Puadi, Rahmat Bagja, Subair, dan Totok Hariyono.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat