uefau17.com

Usut Kasus HAM, Kejagung Gandeng DPR dan Komnas HAM - News

, Jakarta - Jaksa Agung baru HM Prasetyo ditantang untuk menyelesaikan kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM). Terlebih kasus HAM berat. Menanggapi hal tersebut, Jaksa Agung mengaku akan segera berkoordinasi dengan sejumlah pihak terkait guna menuntaskan dugaan kejahatan kemanusiaan pada masa lalu.

Mantan Jaksa Agung Muda Pidana Umum ini menuturkan, untuk mengusut kasus HAM berat masa lalu perlu perhatian dari berbagai pihak. Untuk itu, Kejaksaan Agung (Kejagung) akan berkoordinasi dengan DPR dan Komnas HAM, serta pihak pengadilan.

"Kita akan koordinasikan, karena itu tidak dapat dikerjakan sendirian, ada DPR, ada jajaran Komnas HAM, juga tentunya pihak pengadilan," kata Prasetyo di Kejagung, Jakarta, Jumat (21/11/2014).

"Saya akan bedah bersama-sama nanti. Saya akan undang juga dari pada aktivis HAM biar nanti mereka tau, memberikan masukan kita terus kita kerjakan bersama-sama. Bukan tanggung jawab Kejaksaan aja, tanggung jawab kita semua," tambah Prasetyo.

Prasetyo mengaku dalam waktu dekat pihaknya akan mengumpulkan sejumlah aktivis HAM tersebut. "Kita ajak diskusi bersama, kita bedah bersama, supaya semua transparan," tutup Prasetyo.

Sebelumnya, HM Prasetyo mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan KPK guna menangani sejumlah perkara korupsi yang tengah ditanganinya. Dia juga mengajak KPK melakukan pengawasan terhadap institusinya. (Nan/Riz)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat