uefau17.com

Heboh WNA Diduga Merusak Properti Hotel Mewah di Bali, Bikin Tidak Habis Pikir - Lifestyle

, Jakarta - Lagi, kelakukan tidak terpuji Warga Negara Asing (WNA) di Bali jadi sorotan online. Kali ini, dua turis asing diduga bertanggung jawab atas kerusakan properti di sebuah hotel mewah di Pulau Dewata.

Di video yang dibagikan akun Instagram @hallo.denpasar, Senin, 17 Juni 2024, seorang pria asing terlihat berusaha menyelupkan kepalanya ke dalam wadah hiasan berisi air dan kelopak bunga. "Oke celupkan wajahmu ke dalamnya," sebut perekam yang diduga seorang perempuan.

Tekanan tangan WNA itu membuat wadah tidak seimbang, sehingga isinya tumpah berantakan di lantai. "Oh," sahut pengambil gambar tersebut, sementara si pria asing mundur menjauh. Akun Instagram itu menduga insiden itu terjadi di The Apurva Kempinski Bali.

"Apakah bule di Bali sudah separah ini???! Setiap hari melihat berita online tentang bule di Bali selalu hal yg jeleknya aja," tulis seorang pengguna. "5 star hotel … 0 star tourist," sindir yang lain.

Ada pula yang berkomentar sarkas, "😂😂😂.... gpp..... bule is the king." "Bule is a king. Padahal belum tentu punya duit," sahut pengguna berbeda. "Gak apa-apa selama dollar mau sentuh 17 ribu 😂," timpal seorang warganet.

Tidak sedikit pula yang mengimbau adanya ganti rugi yang tegas, supaya hal serupa tidak terjadi di masa depan. "Disangka orang Bali baik-baik kali ya makanya mereka bisa seenaknya," menurut orang pengguna Instagram. "Gak habis pikir banget liat kelakuannya. Kayak ... kok kepikiran gitu sih?"

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kelakuan Buruk WNA di Bali

Masih dalam seminggu terakhir, sebuah rekaman CCTV yang dibagikan akun Instagram @niluhdjelantik pada 10 Juni 2024 menampilkan seorang pria WNA berbaju hitam berkeliling di dalam sebuah toko pakaian. Di video yang diambil di daerah Canggu, Bali tersebut, tampak dengan jelas ia mengambil sebuah kalung di atas meja pajangan dan memasukkannya ke dalam saku celana.

"SHARE SAMPAI KETANGKAP. BULE MALING WANTED !!!! Netizen kesayangan Mbok Niluh, let’s get back to work. Bagi yang mengetahui keberadaan manusia k*mpr*ttttt ini tolong WA Mbok Niluh di 087802345888 #LAPORNILUH Tega ya kamu maling. Kamu tahu bahwa staf harus ganti rugi dipotong gaji jika ada kehilangan ???? @polsek_kuta_utara @polresbadung_ @poldabali mohon atensi. Kriminalitas WNA sudah dalam tahap menger1kan," tulis Ni Luh Djelantik.

Selain bukti CCTV, pelapor menceritakan bahwa kejadian tersebut berlangsung saat ia tengah pergi ke ruang stok untuk mengambil uang makan siang sekitar pukul 12.30--13.00 Wita. Setelah mendengar suara orang masuk, ia cepat-cepat ke depan dan mendapati si WNA sudah berada di dalam toko.

3 dari 4 halaman

Bukan Sekali Itu Saja WNA Mencuri di Bali

WNA tersebut berlagak hendak membeli baju dengan mencoba sekitar tujuh buah baju dan celana, kata pelapor. Selesai mencoba, pria tersebut tidak jadi membeli karena merasa pakaian tidak cocok. Ia pun langsung pergi dari toko.

Penjaga toko kemudian mengambil baju-baju yang dicoba si WNA di fitting room. Setelahnya, ia baru menyadari ternyata satu kemeja hitam hilang.  Menurut keterangan pelapor, pria tersebut bukan hanya sekali ini saja ketahuan mencuri. Sebelumnya, ia dilaporkan mencuri dari sebuah toko di Berawa.

Sehari sebelum itu, yakni pada 9 Juni 2024, WNA diduga dari Inggris menerobos masuk Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, menggunakan sebuah truk dan membuat panik pengunjung. Ia akhirnya ditangkap petugas bandara.

Pria itu diketahui membawa truk curian, menabrak motor, lalu masuk ke dalam bandara. Kejadian itu diawali dengan aksi WNA mencuri sebuah truk yang sedang diparkir di sebuah toko di Raya Kerobokan, Kelurahan Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali. 

4 dari 4 halaman

WNA Diamankan Pihak Berwajib

Saat itu, korban memarkirkan kendaraan lantaran ingin tidur. Ia kemudian mendengar mesin kendaraan menyala dan terbangun. Pelaku langsung memukul korban dan menendangnya keluar kendaraan. Pelaku kemudian mengemudikan truk secara ugal-ugalan hingga menabrak sejumlah kendaraan.

Truk akhirnya dapat dihentikan usai menabrak portal Bandara I Gusti Ngurah Rai di dekat terminal keberangkatan internasional. Menurut General Manager Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Handy Heryudhitiawan, WNA tersebut dalam kondisi mabuk saat menerobos terminal internasional.

Aksinya sampai merusak fasilitas bandaram seperti portal masuk dan tiang pembatas. "Ia menggunakan truk dengan menabrak palang tollgate (portal masuk) dan fasilitas lain, seperti tiang pembatas, lepas terlihat dalam video yang beredar di media sosial,” kata dia di Denpasar, dikutip dari Antara.

Setelahnya, WNA itu diamankan ke Polres Kawasan Bandara untuk penyelidikan, dan saat ini diarahkan ke Polsek Kuta Utara, sebab truk yang digunakan adalah hasil perampasan di wilayah tersebut. Meski fasilitas bandara rusak, Handy menegaskan tidak ada dampak operasional atas kejadian tersebut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat