uefau17.com

Jakarta X Beauty 2024 Usung Produk Ramah Lingkungan Jadi Salah Satu Pilar Masa Depan Industri Kecantikan - Lifestyle

, Jakarta - Industri kecantikan bukan terkecuali dalam penerapan bisnis berkelanjutan yang baik untuk Bumi dan manusia. Praktiknya harus dipastikan berjalan dari hulu ke hilir, mulai dari pemilihan bahan baku dan kemasan, proses produksi, distribusi, penggunaan produk, hingga pengolahan sampah pascakonsumsi.

Karena begitu penting, Jakarta X Beauty 2024 mengangkat sustainability beauty sebagai salah satu pilar penyelenggaraan pameran produk kecantikan tersebut. Saat jumpa pers di Jakarta, Kamis, 30 Mei 2024, Chief Marketing Officer Female Daily Rika Indraoktaviani mengatakan, pihaknya ingin industri kecantikan di Indonesia lebih baik lagi ke depannya.

"Acara ini mengusung tema, 'Future of Beauty,' di mana kami mau mengajak seluruh beauty stakeholders untuk membangun masa depan kecantikan yang lebih baik lagi lewat tiga pilar, yaitu sustainability, inclusivity, dan innovation," ujar Rika.

CEO Female Daily Network Hanifa Ambadar mengatakan bahwa kini, sudah banyak pemain di sektor kecantikan yang menerapkan sustainability beauty dengan menggalakan kampanye yang mendukung terciptanya lingkungan hijau. Gerakannya kian masif, karena publik kian sadar akan isu lingkungan.

"Masyarakat Indonesia sudah sangat menunjukkan perhatiannya terhadap makeup dan skincare yang sustainable," sebut Hanifa. "Mereka mulai memperhatikan bahan, kemasan, serta pengolahan daur ulang sampah produk kecantikan."

"Brand kecantikan juga telah melakukan berbagai inovasi untuk mendukung sustainable beautyserta menciptakan lingkungan yang inklusif agar semua individu dapat menikmatinya," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ambil Peran dalam Daur Ulang

Dalam praktiknya, Rika mengatakan, mereka menyediakan waste station di sejumlah titik di venue Jakarta X Beauty 2024. "Jadi, pengunjung bisa drop sampah (kemasan produk kecantikan) di beberapa spot," ujar Rika.

Ia mengatakan bahwa Jakarta X Beauty tahun lalu berhasil mengumpulkan sekitar lima ton sampah produk kecantikan untuk didaur ulang. Gerakan tahun ini, sebagaimana telah disinggung, tidak berhenti di praktik keberlanjutan. 

Jakarta X Beauty 2024 juga mengangkat pilar inklusivitas dan inovasi. Salah satu program yang mencerminkan inklusivitas sudah dilakukan dalam bentuk Road to Jakarta X Beauty 2024 yang bekerja sama dengan Pukpuk Station, Base, dan Studio Tropik.

Melalui inisiasi itu, mereka berdonasi produk kecantikan dan uang untuk anak-anak panti asuhan di Yayasan Jalin Mimpi. Sedangkan untuk mencerminkan pilar inovasi, mereka mengadakan program School of Beauty.

Agendanya berisi sejumlah workshop terkait tips dan pengetahuan relevan di industri kecantikan yang dapat diikuti pengunjung. Selain menambah ilmu, acara ini memastikan beauty enthusiast bisa tetap up-to-date dengan tren kecantikan saat ini.

3 dari 4 halaman

Ada Program Beasiswa

Bersama brand Judydoll Indonesia, Female Daily juga memiliki program School of Beauty Scholarship untuk mendukung anak-anak muda yang ingin memulai karier di dunia kecantikan. "Mereka akan berkompetisi dan harus mengirim CV, serta profil mereka, supaya kita bisa interview," sebut Rika.

Ia menyambung, "Pemenang akan mendapat beasiswa dan kesempatan internship di Judydoll dan akan diberangkatkan ke Shanghai untuk melihat proses pembuatan produknya di sana."

Pameran kecantikan ini akan diikuti lebih dari 400 brand kecantikan. Produk terkurasinya kian beragam, termasuk parfum di Fragrance Area. Selain berkeliling area pameran, pengunjung akan berkesempatan mengikuti intimate session dengan para ikon kecantikan dan berinteraksi secara langsung dengan artis dan influencer terkenal.

Di antaranya, ada Tasya Farasya, Angga Yunanda, Gisella Anastasia, Maudy Ayunda, Jefri Nichol, Patricia Gouw, Luna Maya, Naura Ayu, Rinni Wulandari, Gabriel Prince, Abel Cantika, Erika Carlina, dan Fadly Faisal. Pengunjung juga bisa karaoke bersama dan bermain gim di area pameran.

4 dari 4 halaman

Waktu dan Cara Berkunjung

Jakarta X Beauty juga bermaksud jadi ajang para pimpinan maupun profesional di bidang kecantikan bertemu dan menjalin kerja sama. Dengan begitu, merek kecantikan diharapkan mampu bersaing secara lokal maupun internasional, dan akhirnya turut memajukan industri beauty di Indonesia.

Pameran kecantikan ini akan berlangsung pada 6--9 Juni 2024 pukul 10.00--22.00 WIB di seluruh hall Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta. Pengunjugn dipersilakan memberi tiket lebih dulu melalui aplikasi Female Daily Studio seharga mulai dari Rp30 ribu.

Jakarta X Beauty berlangsung dua kali tahun lalu. Dalam penyelenggaraannnya, acara itu berhasil menjaring lebih dari 250 ribu pengunjung dan mencatatkan nilai total transaksi lebih dari Rp300 miliar. Tahun ini, diperkirakan akan ada 135 ribu beauty enthusiasts yang belanja produk kecantikan di Jakarta X Beauty 2024.

Jakarta jadi kota ketiga diselenggarakannya Female Daily X Beauty 2024. Namun, gelarannya jauh dari selesai. Setelah ini, pameran kecantikan tersebut akan diboyong ke Yogyakarta pada Juli 2024.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat