uefau17.com

Mimpi Kontestan Berusia 60 Tahun Jadi Miss Universe Berakhir di Argentina - Lifestyle

, Jakarta - Seorang wanita berusia 60 tahun bermimpi menjadi kontestan Miss Universe tertua dalam sejarah. Namun, mimpi itu terpaksa sirna karena ia harus terhenti langkahnya di kontes kecantikan tahunan Argentina pada Sabtu, 25 Mei 2024.

Mengutip AP, Selasa (28/5/2024), Alejandra Marisa Rodríguez adalah seorang penasihat hukum rumah sakit. Ketika masuk ke kompetisi Miss Argentina setelah kesuksesannya di Miss Buenos Aires, dia disambut dengan gembira sebagai bentuk 'kemenangan' atas diskriminasi usia di dunia kontes kecantikan yang terobsesi dengan wanita-wanita muda.

Namun, langkahnya terhenti, ia gagal merebut mahkota Miss Argentina. Meski begitu, dia tetap berhasil dengan membawa pulang gelar "wajah terbaik", salah satu dari beberapa kategori kontes termasuk gaun malam terbaik, baju renang terbaik, dan paling elegan.

Selama kontes, dia berterima kasih kepada semua orang yang merayakan kesuksesannya di kompetisi Miss Buenos Aires April 2024. Kemenangannya di kompetisi tersebut setelah Miss Universe menghapuskan batasan usia yang berlaku, menghebohkan media global. Namanya pun menjadi tenar.

Dalam sekejap, pengacara bersuara lembut dari Kota La Plata (bagian selatan Buenos Aires) tersebut, membagikan tips pelembab kepada para wanita yang berusaha mendapatkan wajahnya yang mulus dan menjanjikan kepada masyarakat bahwa ada benarnya mengenai pepatah "usia hanyalah sebuah angka".

"Sebagai akibat dari apa yang terjadi pada saya, saya yakin sebuah pintu baru telah terbuka bagi banyak orang yang mungkin tidak menjalani hidup dengan mudah," kata Rodríguez kepada AP di belakang panggung setelah acara, masih mengenakan gaun koktail merah dengan belahan yang memperlihatkan kakinya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pertama Kalinya dalam Sejarah, Miss Universe Menghapus Aturan Batasan Usia

Baginya, kompetisi tersebut adalah sebuah petualangan dan dia mengatakan tidak memiliki ekspektasi apapun selain menghadapi tantangan baru. Untuk pakaian renang dalam kontes Miss Argentina, Rodríguez memilih setelan one-piece sederhana dengan syal menutupi bahunya, yang membuat penonton bergoyang saat para penggemar bersorak dan meniup terompet.

Namun, para juri lebih memilih Magali Benejam, aktris dan model berusia 29 tahun dari Cordoba yang mengenakan bikini biru minim dan stiletto setinggi langit untuk memenangkan "baju renang terbaik" dan akhirnya mengalahkan 27 kontestan lainnya untuk dinobatkan sebagai Miss Argentina.

"Saya sangat senang dan bersyukur berada di sini karena kompetisinya tidak mudah," kata Benejam kepada AP. Dia akan mewakili Argentina di Mexico City untuk kompetisi global pada November 2024.

Bahkan, kemenangan Benejam mustahil terjadi pada 2023 lalu, karena kontes tersebut telah lama membatasi usia kontestan, yaitu maksimal 28 tahun. Tahun ini, untuk pertama kalinya dalam 73 tahun sejarahnya, kontes Miss Universe menyambut peserta mana pun yang berusia di atas 18 tahun. 

3 dari 4 halaman

Sudah Diprotes Sejak Dulu

Ini hanyalah perubahan terbaru dari serangkaian perubahan pada kontes kecantikan. Sejak dulu, terjadi pertentangan dan menjadi pusat kritik feminis sejak protes "pembakaran bra" yang berhasil menjungkirbalikkan kontes Miss Amerika pada 1968. 

Selama beberapa dekade, kontes Miss Universe secara terbuka menggambarkan dirinya sebagai sebuah ekstravaganza wanita yang belum menikah. Wanita berusia akhir belasan dan dua puluhan tersebut mondar-mandir di depan juri untuk dinilai penampilan dan kepribadian mereka. 

Karena semakin banyak orang yang menganggap hal ini meresahkan, penyelenggara menyadari betapa jauhnya kontes ini tertinggal dari budaya. Selama beberapa tahun terakhir, ketika #MeToo dan gerakan keadilan sosial melanda dunia, Miss Universe berlomba untuk meyakinkan mereka yang skeptis bahwa Miss Universe lebih mementingkan pikiran dan jiwa daripada tubuh.

Pihak Miss Universe menghilangkan banyak persyaratan kelayakan yang kontroversial dan membuka kesempatan bagi perempuan yang sudah menikah, hamil, lesbian dan transgender, dan menghapus semua penyebutan "kecantikan" di situsnya. Karena kontes tersebut menekankan empati, kepercayaan diri, dan keaslian sebagai cita-cita feminin, penyebutan "wanita muda" tetap berlaku, dan bersamaan dengan itu, ada juga larangan terhadap hal-hal yang tidak pantas. 

4 dari 4 halaman

Penampilan Rodriguez Jadi Topik Perdebatan Sengit di Dunia Maya

Meski banyak perempuan yang memuji keputusan Rodriguez untuk berkompetisi pada usia 60 tahun, ada pula yang mempertanyakan apakah ia menetapkan standar yang tidak masuk akal bagi perempuan yang lebih tua. Penampilannya telah menjadi topik perdebatan sengit di dunia maya. 

Banyak yang terkejut karena mengira dia jauh di bawah usia 40 tahun. Beberapa bahkan berpendapat bahwa Rodriguez memiliki peluang besar untuk maju ke tahap berikutnya dalam kontes Miss Universe untuk wakil Argentina. Wajahnya yang memenangkan penghargaan, sosoknya yang gagah, dan postur tubuhnya membuatnya berbaur dengan kelompok muda di atas panggung.

"Hal ini berkontribusi pada perasaan bahwa setiap orang harus bisa berpenampilan seperti ini, semua perempuan berusia 60 tahun harus memiliki penampilan awet muda dan segar, seolah-olah mereka berusia 25 tahun," kata Lala Pasquinelli, seorang aktivis feminis Argentina. "Jika tidak, itu karena mereka tidak mau berkorban."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat