uefau17.com

Mengenal Monica Sembiring, Wakil Sumatra Utara yang Dimahkotai Miss Indonesia 2024 - Lifestyle

, Jakarta - Finalis asal Sumatra Utara, Monica Sembiring, resmi menyandang gelar baru sebagai Miss Indonesia 2024. Miss Indonesia 2022 Audrey Vanessa menyerahkan mahkotanya didampingi Miss World 2023 Krystyna Pyszkova di malam final kontes kecantikan itu di Jakarta, Rabu, 29 Mei 2024.

Ia berhasil masuk Top 17, lalu Top 5 sebelum dinobatkan sebagai Miss Indonesia tahun ini. Sebelum itu, Monica sudah lebih dulu tampil di video profil yang dibagikan akun YouTube ajang kecantikan tersebut, Jumat, 24 Mei 2024. Ia memperkenalkan diri dengan memberi anggukan pada kampung halamannya, berkata, "Mejuah juah, Indonesia!"

Alumnus Universitas Diponegoro itu menyambung dengan berbicara dalam Bahasa Inggris yang artinya, "Saya Monica Sembiring dengan bangga mewakili kampung halaman saya, Sumatra Utara. (Saya) lulus (kuliah) dari bidang teknik kimia dan saat ini sedang mengejar karier di bidang perbankan."

"Saya sangat bersyukur karena dilahirkan dan dibesarkan dalam keluarga yang tidak hanya mengisi masa kecil saya dengan cinta dan mainan, tapi juga buku dan musik," perempuan kelahiran Januari 2002 itu menyambung. "Dari kecil, saya diajari orangtua saya untuk mengibaratkan diri sebagai bintang utara agar selalu memiliki integritas dan kerpercayaan diri."

"Diberkahi dengan bakat bermain piano, saya berharap dapat jadi berkah bagi banyak orang melalui harmoni nada-nada yang tersinkronisasi. Terima kasih," tandasnya. Di video berbeda, ia mengungkap peran yang akan dijalani sebagai Miss Indonesia 2024.

Ia mengaku ingin aktif dalam upaya pemberdayaan perempuan di tempat kerja, serta di bidang pendidikan dan pelestarian lingkungan. Ratu kecantikan itu ingin memperluas akses pendidikan dan peluang karier untuk para perempuan, terutama di daerah pedesaan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pertanyaan di Sesi Final

Monica sebenarnya sudah mulai melakukan itu. Ia disebut berpartisipasi dalam pembangunan desa seni dan pengadaan teknologi untuk salah satu desa pintar di Jawa Tengah.

Di samping, ia telah meraih sedugang prestasi. Ini termasuk Juara Harapan Indonesia Piano Competition 2013, Platinum Award Indonesia National Piano Festival 2014, Juara 2 Podcast Campus Indonesia, Juara 3 Medan Cover Face 2018, dan Juara 1 The Best Model Valentine 2023.

Kini, ia memastikan gelar Miss Indonesia 2024 juga masuk dalam portofolionya. Di sesi final, Monica menjawab pertanyaan yang diajukan Ketua Dewan Juri dan Chairwoman Miss Indonesia Organization, Liliana Tanoesoedibjo yang berbunyi, "Sebagai Miss Indonesia, apa yang kamu pahami?"

"Bagaimana konsep jadi role model dan bagaimana kamu membawakan kecantikan dalam dirimu untuk menjadi sinar bagi orang di sekitarmu?" tanya Liliana. Dengan raut wajah cukup tenang, anak bungsu dari dua bersaudara ini menjawab, "Untuk jadi seorang Miss Indonesia, jadi role model, penting untuk melakukan segala hal dengan kebaikan dan compassion."

"Selain itu, juga (dilakukan) dengan hati," imbuhnya. "Ini adalah principal penting dalam hidup saya. Semoga dengan menjadi Miss Indonesia, saya bisa jadi role model dan (pembawa) perubahan positif bagi orang lain," tutupnya.

 

3 dari 4 halaman

Dihadiri Miss World 2023

Di Top 5, Monica berhasil menungguli Miss DIY Adity Clarit yang jadi runner up pertama, disusul runner up kedua, yakni Miss Bali Anna Dananjaya. Sementara itu, runner up ketiga adalah Miss DKI Jakarta Priyanka Ariffia dan Miss Aceh Arindina Taim menggenapi daftar sebagai runner up keempat.

Malam final jadi kian spesial karena dihadiri langsung Miss World 2023 Krystyna Pyszkova. Menurut laporan kanal Showbiz , Rabu, 29 Mei 2024, ratu kecantikan dunia itu hadir bersama Steve Morley yang merupakan Event Director Miss World.

Liliana Tanoesoedibjo mengatakan bahwa meski kunjungan Pyszkova dan Morley di Indonesia terbilang singkat, kehadiran mereka tetap sangat berarti, terutama bagi ke-38 finalis Miss Indonesia 2024. "Kami telah membuatkan agenda yang singkat, namun efektif untuk kehadiran Miss World 2023," kata Liliana saat ditemui di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, baru-baru ini.

Ia berharap, kehadiran Pyszkova tidak sekadar meramaikan acara puncak penobatan Miss Indonesia 2024, tapi juga memberi dukungan dan jadi inspirasi bagi finalis Miss Indonesia tahun ini. Secara khusus, Miss World 2023 diharapkan menginspirasi pemenang Miss Indonesia 2024.

4 dari 4 halaman

Prestasi di Ajang Miss World 2023

Liliana menambahkan, Miss Indonesia selalu menciptakan peluang dan kesempatan jadi finaiis terbaik di ajang Miss World karena kualitas kontestan yang tidak kalah kompetitif dengan wakil negara lain.

"Meski belum dapat membawa pulang Mahkota Miss World ke Tanah Air, namun dalam beberapa tahun terakhir, Miss Indonesia yang tampil di ajang Miss World mampu berprestasi, serta mengharumkan nama Indonesia di dunia," Liliana menuturkan.

Miss Indonesia 2022, Audrey Vanessa, misalnya, berhasil membawa Indonesia masuk jadi Top 10 untuk Fast Track Beauty With a Purpose (BWAP) di ajang Miss World 2023. Ia juga masuk Top 23 untuk Fast Track Talent, dan keluar sebagai Juara 3.

Audrey pun masuk ke jajaran Top 20 Fast Track kategori Top Model untuk Asia dan Oceania, serta sukses masuk dalam Top 40 Miss World 2024. Dalam kurun waktu delapan tahun terakhir, Indonesia berhasil masuk Top 10 kontes BWAP di ajang Miss World. Wakil Indonesia jadi pemenang kontes BWAP selama tiga tahun berturut-turut, yaitu pada 2015 hingga 2017.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat