uefau17.com

Christian Louboutin Gugat Mantan Karyawan yang Diklaim Curi dan Jual Ratusan Sampel Produk - Lifestyle

, Jakarta - Christian Louboutin telah mengajukan gugatan merek dagang terhadap mantan karyawannya yang diklaim mencuri sampel sepatu senilai ribuan dolar AS dari Prancis. Bukan hanya itu, produk tersebut juga dijual melalui platform media sosial, termasuk grup Facebook pribadi.

Dikutip dari The Fashion Law, Rabu (3/1/2024), gugatan diajukan di pengadilan federal New York, Kamis, 21 Desember 2023. Dalam aduan itu, Louboutin menegaskan bahwa selama masa jabatannya di toko ritel, Mehdi Mohamed Nasrallah mencuri dan mengirimkan ratusan sampel produk, termasuk alas kaki perempuan dan pria serta barang-barang kulit, ke Amerika Serikat (AS).

Atas hal tersebut, Mehdi diklaim melanggar merek dagang "terkenal, terlibat dalam persaingan tidak sehat dan konversi, serta melanggar perjanjian kerja dengan merek tersebut. Menurut pengaduan tersebut, Louboutin menuduh bahwa Nasrallah dipekerjakan sebagai Asisten Manajer Butik di Paris.

Di sana, ia mulai mencuri sampel produk, seperti sepatu dan aksesori serta mengirimkannya ke Negeri Paman Sam. Produk yang dikirimnya termasuk kepada kaki tangan pihak ketiga yang telah diajukan gugatannya oleh Louboutin di pengadilan federal New Jersey.

Bahkan setelah pindah ke New York untuk bekerja di tokonya di Madison Avenue, Louboutin mengklaim bahwa Nasrallah "terus berkoordinasi dengan kaki tangannya di Prancis untuk secara tidak sah menawarkan penjualan produk yang melanggar menggunakan merek dagang (Louboutin), dan mengirimkan produk tersebut dari Prancis ke AS."

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Argumen Louboutin

Masalahnya memiliki banyak segi, menurut Louboutin. Selain mencuri sampel alas kaki dan aksesori perusahaan, yang dibuat "semata-mata untuk tujuan kreatif, pengujian, dan showcasing" sehingga menjadi tindakan konversi, Louboutin berpendapat bahwa dengan menjual kembali produk tersebut, Nasrallah melanggar merek dagang terkenalnya, termasuk antara lain tanda sol merah dan tanda kata Louboutin.

Louboutin menegaskan bahwa mereka tidak hanya "tidak pernah menawarkan sampel sepatu atau barang kulit untuk dijual kepada publik," tidak satupun sampelnya "yang harus menjalani inspeksi atau prosedur jaminan dan pengendalian kualitas ('QA/QC')." Louboutin menyatakan bahwa mereka telah "menetapkan dan mematuhi prosedur QA/QC yang sah, substansial, dan tanpa dalih untuk produk (nya) guna menjaga dan memastikan kualitas produk yang tinggi dan nilai merek (nya), dan bahwa produk yang dijual ke masyarakat mematuhi standar yang tinggi."

Karena produk yang dipermasalahkan "tidak diproduksi dan didistribusikan di bawah kendali QA/QC (Louboutin) dan/atau karena produk tersebut berbeda secara material dari produk yang diizinkan oleh [Louboutin] untuk dijual ke publik," maka produk tersebut bukanlah produk Louboutin yang "asli", kata merek alas kaki asal Prancis itu.

3 dari 4 halaman

Bukan Hanya Dugaan Pelanggaran Merek Dagang

Louboutin berargumentasi bahwa karena mereka "berhak untuk mengendalikan atas distribusi, penanganan dan penjualan produk-produk bermereknya," maka penjualan sampel oleh Nasrallah "tanpa kendali QA/QC merupakan pelanggaran terhadap kebijakan hak, mengancam untuk melemahkan merek (nya) dan merupakan ancaman besar terhadap nilai merek di mana (Louboutin) telah menginvestasikan upaya, waktu, dan uang yang signifikan."

Selain dugaan pelanggaran merek dagang dan persaingan tidak sehat, Nasrallah juga melanggar perjanjian kerjanya dengan melakukan "skema barang curian," menurut Louboutin. Perusahaan mengatakan bahwa mereka melarang karyawan untuk "menjual kembali produk Louboutin apa pun" dan juga "menggunakan atau mengungkapkan 'Informasi Rahasia' Christian Louboutin kecuali dalam pelaksanaan tugas karyawan dengan benar."

Perusahaan mendefinisikan "Informasi Rahasia" sebagai termasuk, "setiap informasi non-publik yang terkait dengan bisnis atau urusan Christian Louboutin, afiliasinya, namun tidak terbatas pada proyek pengembangan, desain dan desain proses, dan informasi teknis lainnya sehubungan dengan pengembangan atau penyediaan produk atau layanan masa depan Christian Louboutin atau afiliasinya."

4 dari 4 halaman

Kerugian

Dengan mengingat hal tersebut di atas, Louboutin mengklaim bahwa Nasrallah -yang akhirnya dipecat karena skema tersebut pada Juni 2022- telah "secara sembrono dan dengan sengaja melanggar hak merek dagang (nya) dengan tujuan yang sengaja memperdagangkan niat baik dan reputasi berharga yang dibangun di tanda [itu].”

Louboutin menegaskan bahwa pelanggaran atas alas kaki dan aksesori "kemungkinan besar akan menipu, membingungkan, dan menyesatkan pembeli dan calon pembeli agar percaya bahwa barang-barang yang tidak berlisensi tersebut diizinkan untuk dijual dan didukung oleh (Louboutin), padahal sebenarnya tidak."

Oleh karena itu, perusahaan tersebut menuduh bahwa akibat skema Nasrallah, perusahaan tersebut menderita "kerugian serius yang tidak dapat diperbaiki" dalam jumlah yang akan ditentukan di persidangan. Selain kerugian moneter, Louboutin juga meminta ganti rugi awal dan permanen untuk melarang Nasrallah, yakni menggunakan merek dagangnya atau merek serupa yang membingungkan untuk "untuk menipu konsumen atau pedagang agar mempercayai secara salah bahwa ada afiliasi atau hubungan antara (dirinya dan Louboutin)."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat