uefau17.com

Cerita Ayah Andien Sukses Jualan Camilan Sehat Tanpa MSG dan Tepung Gluten - Lifestyle

, Jakarta - Berawal dari rasa sayang pada cucu, Didik Hariadi bersemangat membuat aneka makanan tradisional Indonesia dengan bahan-bahan lebih sehat. Didik, yang merupakan ayah dari penyanyi Andien, rajin mengulik resep makanan tradisional yang ia sukai.

Minggu ini, makanan kreasi Didik,, yang dinamai Kudapan Haji Didik, ikut hadir di Brightspot Market 2023 minggu ke-2 pada 6--8 Oktober 2023 di Plaza Senayan, Jakarta. Didik sudah berkiprah di industri kuliner sejak lama dan pernah mendirikan rumah makan. Kini, Kudapan Haji Didik dijalankan untuk menikmati masa tua sesuaipassion-nya, yaitu memasak.

"Saya memang niat bikin masakan yang enak, sehat, dan segar. Saya mau orang-orang mencicip masakan saya. Bahagia banget rasanya lihat cucu dan pelanggan suka makan masakan yang saya buat," terang Didik saat ditemui di gerainya di Plaza Senayan, Jumat, 6 Oktober 2023.

Ia melanjutkan, "Saya sengaja bikin makanan dan camilan sehat karena sesuai usia juga, enggak makan yang terlalu manis, terlalu asin, atau yang banyak mengandung bahan pengawet, tapi rasanya tetap enak. Makanya saya biasanya minta cucu-cucu saya cobain dulu makanannya. Kalau mereka suka dan bilang enak, baru saya berani jual."

Kudapan Haji Didik menjajakan penganan khas Indonesia, seperti otak-otak bakar, onde-onde original dan pelangi, tekwan, tahu crispy, dan aneka sambal, termasuk sambal rica, sambal tuna, dan sambal kecombrang. Otak-otak bakar dan tekwan, yang terbuat dari 98 persen daging ikan tenggiri dan hanya menggunakan sedikit tepung gluten free, termasuk yang paling laris.

Otak-otak juga tersedia versi makanan pendamping ASI (MPASI). Selain camilan, Kudapan Haji Didik juga punya produk pelengkap makanan pengganti kerupuk, yaitu cangjoreng alias kacang hijau goreng yang digoreng pakai minyak kelapa, lalu dibumbui garam himalaya.

Makanan bercita rasa gurih dan bertekstur renyah ini bisa didapatkan dalam kemasan pouch. Tdak kalah dengan kacang goreng yang beredar di pasaran, cangioreng ini juga bisa bikin ketagihan dan cocok jadi camilan saat sedang kumpul bareng keluarga maupun teman.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pola Makan Sehat Keluarga Andien

Melalui serangkaian produk olahannya, Kudapan Haji Didik tidak semata menyajikan makanan lebih sehat, tapi juga dikemas secara kekinian supaya tetap relevan dengan perkembangan zaman. Kebiasaan memasak makanan sehat ini ternyata sudah lama dilakukan Didik, sehingga menurun pada anak-anaknya, termasuk Andien.

"Jadi ayah saya ini dari kecil seorang vegetarian, tapi masih bisa mengonsumsi ikan. Beliau juga tidak bisa mengonsumsi MSG dan makanan berpengawet lain. Hampir setiap hari dulu menu di rumah kami adalah ikan, tahu, tempe, dan didominasi sayur-sayuran," terang Andien yang diiyakan sang ayah.

"Beberapa tahun belakangan, beliau berpikir membuat finger food yang sehat dan organik untuk dikonsumsi anak kecil sampai orang yang sudah sepuh. Lalu, ayah membuat otak-otak ikan tenggiri yang rasanya ternyata enak banget walau tanpa MSG, tanpa pengawet, tanpa pengenyal, dan tanpa bahan-bahan kimia lain," sambungnya.

Didik mulai membuka usaha kudapan pada 2008 lalu. Selain membuat menu harian, ia juga menerima pesanan partai besar untuk rumahan hingga perusahaan.

3 dari 4 halaman

Gerai Camilan Ayah Andien di Brightspot Market

Sampai saat ini, kedai kudapan milik ayah Andien buka di Pasar Santa dan di kawasan Jagakarsa, selain juga bisa dipesan secara online dan melalui ojek online (ojol).

"Sebenarnya ayah maunya buka cabang lagi, tapi aku bilang sekarang ini sudah cukup kok. Jangan terlalu diforsir kan harus banyak istirahat juga. Ini aja ayah di rumah masih sering nyoba bikin menu-menu baru, memang enggak bisa diam orangnya," ungkap ibu dua anak ini.

Untuk mempromosikan lezatnya camilan khas Indonesia pada khalayak ramai, terutama anak muda, Kudapan Haji Didik ikut hadir di Brightspot Market 2023. Tidak ada tarif masuk alias gratis, pengunjung tetap harus mendaftar untuk masuk ke area Brightspot Market 2023. Caranya, Anda dipersilakan mengunduh aplikasi Brightspot di iOS maupun Play Store untuk menentukan jadwal kunjungan.

Setelah itu, Anda bakal mendapat kode QR yang akan dipindai saat memasuki area "pasar kaget" serba brand lokal tersebut. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, founder Brightspot Market dan Future 10, Anton Wirjono, menyebut bahwa Brightspot Market 2023 terselenggara di dua lokasi di Plaza Senayan.

4 dari 4 halaman

265 Brand dan 192 Ritel di Brightspot Market

Keduanya, yakni Ex-Bowling yang disebut Utopia Area dan P4 sebagai FoodPark Utopia, serta EX-Metro sebagai Vision Area dan Rooftop Metro sebagai FoodPark Vision. Pemilihan tempat ini, menurut Anton, bakal memberi pengalaman berbelanja yang berbeda.

"Penyelenggaraan selama dua akhir pekan, yang terinspirasi festival musik, seperti Coachella, diharapkan membuat pengunjung lebih menyebar. Jadi tidak terlalu padat dan jalan-jalannya lebih enak," katanya saat jumpa pers pembukaan Brightspot Market 2023 di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu, 27 September 2023.

Co-founder Brightspot Market, Cynthia Wirjono, mengatakan bahwa pendaftaran tenant tahun ini mencatat rekor baru, yakni mencapai 800 aplikan. Namun karena keterbatasan ruang pamer, pihaknya mengurasi itu sampai menyisakan 256 jenama lokal.

"265 brands ini terdiri dari 190 retail, mulai dari fashion brand sampai lifestyle brand, sisanya F&B. Tahun ini juga ada record store, dan semuanya sudah dikurasi dengan banyak konsiderasi," jelasnya.

Sejalan dengan suburnya eksistensi jenama lokal, Anton mengatakan bahwa pihaknya merasa penting mengangkat tema "The Future is Human." Ini secara khusus menyoroti bagaimana proses kreatif manusia tidak akan tergantikan dengan apapun, termasuk teknologi.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat