uefau17.com

Mengenal Adas Manis, Salah Satu Bahan Jamu Galian Pengantin dari Madura - Lifestyle

, Jakarta - Kebiasaan minum jamu telah diturunkan dari generasi ke generasi oleh masyarakat Indonesia. Jamu yang disebut sebagai obat herbal asli Indonesia diracik menggunakan bahan-bahan alami untuk menjaga kesehatan dengan berbagai manfaatnya.

Ada jamu khusus untuk kesehatan perempuan, seperti jamu galian singset, galian rapet, galian pengantin, hingga jamu bersalin. Racikan tersebut terdiri dari berbagai perpaduan rempah-rempah alami yang kaya khasiat.

Dalam jurnal berjudul "Kajian Etnobotani dalam Tradisi Minum Jamu Madura: Jamu Khusus Kesehatan Ibu dan Anak" oleh Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, dilansir Jumat, 18 Agustus 2023, ramuan jamu galian pengantin menggunakan banyak rempah. Ramuannya mengambil dari berbagai jenis jamu, seperti galian rapet, jamu sehat, dan jamu penghilang bau badan.

Bahan-bahannya meliputi kunci pepet, kayu rapet, kulit dan buah delima putih, daun sirih, mesoyi, cengkih, pinang muda, kayu manis, kunyit, kencur, jahe, beluntas, pulosari, adas manis, kayu manis, serta manjakani. Penggunaan adas dalam jamu memang relatif jarang jika dibandingkan dengan jenis rempah lainnya.

Mengutip dari laman Kemendikbud, bentuk adas sekilas mirip buliran beras yang masih ada kulitnya. Rempah ini bentuknya seperti jintan, tetapi adas berwarna lebih terang dan berbentuk lebih besar. Aromanya harum dan rasanya sedikit pedas. 

Rempah-rempah ini mengandung sejumlah mikronutrien penting dalam setiap sajiannya. Secara khusus, adas manis kaya akan zat besi, yang sangat penting untuk memproduksi sel darah sehat di dalam tubuh. Adas manis juga mengandung sejumlah kecil mangan, yaitu mineral utama yang berperan sebagai antioksidan. Ini diperlukan untuk metabolisme dan perkembangan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Adas Sebagai Bahan Bumbu Masakan

Adas manis digunakan sebagai bumbu masakan untuk memberikan aroma segar dan sedap pada hidangan. Adas manis banyak digunakan dalam berbagai masakan Indonesia seperti acar, sup ikan, gulai, dan kari. Rasa adas manis yang cenderung manis juga membuatnya cocok sebagai bahan dalam pembuatan makanan penutup, seperti kue dan minuman.

Penggunaan adas manis sebagai bahan obat dan jamu dikarenakan banyak manfaatnya untuk kesehatan. Salah satu manfaatnya yakni untuk mengatasi masalah pencernaan seperti maag, perut kembung dan kehilangan nafsu makan.

Fungsi lainnya yaitu dapat digunakan untuk infeksi saluran pernafasan, batuk, bronkitis, kolera, sakit punggung, dan masalah pengelihatan. Tak hanya itu, rempah ini juga membantu mengatasi permasalahan wanita dan anak-anak.

Untuk wanita, adas manis dapat digunakan untuk melancarkan ASI, meringankan nyeri haid dan melancarkan persalinan. Sedangkan untuk anak-anak, adas dapat disuling dan dijadikan minyak untuk campuran minyak telon. 

3 dari 4 halaman

Adas Rempah yang Bikin Langsing

Mengutip kanal Citizen , Jumat, 18 Agustus 2023, memiliki tubuh langsing dan ideal tentu menjadi idaman banyak orang, khususnya wanita. Berbagai cara dilakukan agar memiliki tubuh impian, mulai dari diet, olahraga dan pola hidup sehat.

Jngan khawatir, meskipun olahraga itu penting, masih banyak pilihan yang tersedia untuk perjalanan penurunan berat badan. Salah satu pilihan ini, menurut ahli gizi Vidhi Chawla, adalah biji adas.

Biji adas juga dikenal sebagai saunf, dikonsumsi sebagai penyegar mulut atau bahkan ditambahkan ke kari dan hidangan lainnya untuk menambah rasa. Selain bisa menurunkan berat badan, biji adas juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan dan juga bisa mengobati sejumlah kondisi seperti masalah pencernaan, asma, masalah lambung dan lainnya.

Adas diketahui bisa membuat langsing karena sifatnya yang kaya serat dan mineral. Mengonsumsi biji adas akan membuatmu merasa kenyang dan mencegah makan berlebihan atau ingin makan berlebih.

Hal ini berdampak pada lebih sedikit kalori yang dikonsumsi, yang menyebabkan penurunan berat badan. Hal ini juga meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap vitamin dan mineral, yang menurunkan jumlah lemak dalam tubuh.

 

4 dari 4 halaman

Penggunaan Adas Harus Hati-Hati

Selain untuk masakan, masyarakat Eropa memanfaatkan adas manis dalam pembuatan camilan yang tinggi kadar gula, seperti Aniseed ball di Britania Raya, Aniseed wheels di Selandia Baru, pizzelle di Italia, pfeffernusse di Jerman, dan Knott di Norwegia. Tak cuma itu, adas manis pun digunakan dalam pembuatan minuman seperti "atole de anís" di Meksiko, champurrado yaitu minuman cokelat panas, minuman Raki di Turki, Ouzo di Yunani.

Adas manis digunakan dalam pembuatan adonan roti dan dalam hidangan penutup khas Peru yang disebut "Picarones". Dengan aroma dan rasa manis yang khas, adas manis memberikan variasi dan keunikan pada berbagai hidangan masakan dan makanan penutup di berbagai budaya. 

Meski memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan, penggunaan adas manis sebagai bumbu masakan maupun bahan obat tradisional perlu dilakukan dengan hati-hati. Pasalnya, rempah aromatik ini memiliki efek samping yang dapat merugikan kesehatan apabila dikonsumsi secara sembarangan. 

Selalu konsultasikan dengan ahli herbal atau tenaga medis kompeten sebelum menggunakan adas manis sebagai pengobatan atau suplemen. Terutama apabila memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan.

Disclaimer: Jamu adalah ramuan tradional berbahan alami yang bisa membantu kesehatan tubuh. Bila ada keluhan kesehatan, sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat