uefau17.com

Kini Tempati Rumah Tanpa Listrik, Diah Risti Kusuma Putri Mengaku Pernah Tinggal di Jepang dan Amerika Serikat - Lifestyle

, Jakarta - Nama Diah Risti Kusuma Putri tengah jadi sorotan karena tinggal di rumah terbengkalai dengan kondisi yang sangat memperhatikan. Perjalanan hidupnya kini menjadi sorotan setelah direkam sejumlah YouTuber, termasuk Echa Yosia.

Di beberapa unggahan di kanal tersebut, terlihat kondisi rumah Putri yang beralamat di Jalan Mayang Sari III, RT 014 RW 015 Tugu Utara, koja, Jakarta Utara itu. Sebagiannya sudah tidak beratap. Mirisnya lagi, di rumah itu tidak ada aliran listrik, sehingga jadi gelap gulita saat malam hari, selain juga tidak ada air bersih.

Mengutip video berjudul "Stay Cam Pasang CCTV Dirumah Mba Putri" di kanal Echa Yosia Official pada Selasa (25/7/2023), mantan model itu tinggal sendirian di rumah yang terkesan angker, terutama di malam hari. Rumah itu ditempati Putri karena jadi warisan dari orangtua angkatnya sejak 1979.

Menurut Putri, sebelum berdiam di rumahnya sekarang, ia pernah tinggal di Amerika Serikat (AS) untuk meneruskan pendidikan. Mengenai pendidikan, Diah Risti Kusuma Putri mengaku pernah kuliah di salah satu universitas swasta di Jakarta.

Ia mengatakan mendapatkan gelar sarjana dan beasiswa. Namun, menurut pengakuannya, saat berkuliah, Putri tidak mengikuti wisuda karena ia langsung kabur. "Pernah di Atma. Cuma studi case, tapi wisudanya enggak ikutan, langsung kabur karena ada beasiswa lagi," ujar dia.

Tidak hanya tinggal di AS, Putri juga mengaku sempat tinggal di Hokkaido, Jepang

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Putri Diduga ODGJ

Putri baru menempati rumah warisan orangtua angkatnya itu pada 2016 lalu. "Baru tinggal di sini lagi sekitar tujuh tahun lalu lah," ungkapnya. Kondisi rumah yang ditempati Putri sangat jauh dari kata layak.

Di sejumlah tempat, ruangan rumah itu sudah rusak, salah satunya di kamar mandi yang dipenuhi tumpukan puing. Putri diduga kini berstatus sebagai Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Ia menceritakan bagaimana dahulu hidup mewah sebelum akhirnya hidup sendiri seperti sekarang.

Melalui perbincangan dengan pemilik akun Echa Yosi Official, ia diketahui telah aktif jadi model sejak masih sekolah dasar. Ia sering mengikuti lomba-lomba di mal sampai mendapatkan hadiah beberapa juta rupiah saat itu.

Namun sekarang, ia sudah tidak punya penghasilan lagi. Saat ini, Putri menyambung hidup dengan sumbangan makanan dari masyarakat, serta beberapa kreator konten yang mengunjunginya. Adapun pakaian yang ia gunakan adalah pakaian yang sudah ia miliki sebelumnya.

3 dari 4 halaman

Pernah Menikah 2 Kali

Putri juga tidak tahu ke mana orangtua atau keluarganya pergi sampai akhirnya ia tinggal sendiri di rumah terbengkalai tersebut. Lewat video yang beredar, terdapat foto yang disebut-sebut sebagai adik angkat Putri. 

Mengutip kanal Regional , Selasa (25/7/2023), wanita yang kini berusia 42 tahun itu juga bercerita bahwa ia sudah pernah menikah dua kali. Suami pertamanya dikabarkan meninggal dunia. Menurut ceritanya, suaminya meninggal akibat terlibat perkelahian saat menolong keluarganya.

Sedangkan, suami kedua sedang dalam proses perceraian, sehingga Putri hanya tinggal sendiri di rumah terbengkalai tersebut. Dari pernikahan pertamanya, ia memiliki seorang anak. Namun, anak tersebut diketahui sudah diangkat keluarga lain.

Putri mengungkap, ia ingin bertemu anaknya bila ada kesempatan. Ia pun yakin suatu saat nanti ia bisa bertemu anaknya. Kondisi Putri membuat Boy, salah seorang konten kreator, ingin membantu. Boy mulanya melihat Putri secara langsung dengan pakaian tidak terurus.

4 dari 4 halaman

Menggalang Dana untuk Putri

"Awalnya saya ngelihat Putri ini jalan dengan pakaian compang-camping tidak terurus. Akhirnya saya cari tahu ternyata kehidupannya miris, tinggal di rumah yang enggak layak gini," ujar Boy ditemui wartawan di lokasi, Senin, 24 Juli 2023.

Dari sana, Boy terketuk mengajak rekan-rekan kreator konten yang tergabung dalam "Creator Bersatu" untuk menggalang dana dan donasi demi merenovasi rumah Putri. Setelah dana terkumpul, barulah tim Creator Bersatu memulai melakukan renovasi terhadap rumah reyot Putri.

Untuk proses awal, perataan bangunan akan dibantu petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU). "Sekarang, kita awal dirubuhin dulu. Nanti baru kita bangun ulang rumahnya," ujar Boy.

Setelah konten mengenai Diah Risti Kusuma Putri viral di YouTube, cerita tersebut ikut menyebar di media sosial lain, termasuk TikTok. Di TikTok Bang Boy Tv, warganet ikut merasa prihatin dengan kondisi wanita tersebut.

"Coba warganya bantuin bersih-bersihin rumahnya, kayak kasus dulu itu yang dibantu warganya," komentar seorang warganet.

"Semoga ada donatur yang mau membantu memperbaiki rumahnya dan pasang aliran listriknya," tulis warganet lainnya.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat