uefau17.com

Alasan Raja Charles III Dapat Gaji dari Pajak, Berapa Jumlahnya? - Lifestyle

, Jakarta - Raja Charles III dan keluarga kerajaan bakal untuk mendapatkan tambahan gaji dari peningkatan keuntungan Crown Estate yang mengejutkan dan signifikan. Berita tersebut dirilis oleh Departemen Keuangan Inggris pada Kamis, 20 Juli 2023 dalam Report of the Royal Trustees on the Sovereign Grant Review 2023.

Mengutip dari People, Minggu, 23 Juli 2023, sebuah ringkasan menguraikan bahwa Sovereign Grant akan dipotong dari 25 persen menjadi 12 persen untuk tahun 2024--2025 dan seterusnya. Jumlah itu mencerminkan peningkatan yang signifikan dalam Keuntungan Crown Estate dari pengembangan lepas pantai.

"Uang ini akan digunakan untuk mendanai layanan publik yang vital, untuk kepentingan bangsa," keterangan ringkasan itu.

Terlepas dari pemotongan persentase, lonjakan keuntungan yang dihasilkan oleh Crown Estate berarti keluarga Kerajaan Inggris akan benar-benar menerima lebih banyak uang. Peningkatan akan datang dari peningkatan pendapatan dari wilayah lepas pantai milik Inggris selama beberapa tahun ke depan.

Menurut The Guardian, pendanaan publik atau pajak untuk monarki akan melonjak 45 persen mulai tahun 2025, dari sekitar 110 juta dolar AS menjadi hampir 160 juta dolar AS mulai tahun 2025. Diketahui Sovereign Grant adalah gaji yang didanai pembayar pajak yang diberikan kepada keluarga kerajaan Inggris untuk tugas resmi dan terkait dengan Crown Estate, jumlahnya dihitung dari keuntungan yang diperoleh dalam dua tahun sebelumnya.

Meskipun Sovereign Grant akan tetap sama tahun depan dan para bangsawan akan menerima 86 juta pound sterling (Rp1,6 triliun) jumlahnya melonjak menjadi 124,8 juta pound sterling (Rp2,3 triliun) pada 2025 dan jumlah yang sama untuk 2026, The Guardian mencatat.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Peningkatan Pendapatan Kerajaan

Seorang juru bicara Istana Buckingham mencatat kepada The Guardian bahwa kenaikan itu "sementara" untuk tahun keuangan 2025 hingga 2027. Di saat yang sama, sedang ada pekerjaan renovasi yang sedang berlangsung di Istana Buckingham,

The Crown Estate didirikan oleh Parlemen pada tahun 1961, dan portofolionya yang menguntungkan meliputi tanah, garis pantai, dan dasar laut di seluruh Inggris Raya. The Crown Estate tidak dimiliki secara pribadi oleh penguasa dan beroperasi sebagai bisnis komersial independen, syarat ketentuannya menjelaskan.

Para Pengawas Kerajaan saat ini adalah Perdana Menteri Rishi Sunak, Kanselir Jeremy Hunt dan Sir Michael Stevens, Keeper of the Privy Purse. Tinjauan tersebut mempertimbangkan pendapatan dan pengeluaran Rumah Tangga Kerajaan saat ini, tingkat Cadangan Hibah Negara dan biaya proyek-proyek besar ke depan, kata laporan singkat itu.

Pendanaan keluarga kerajaan tidak akan pernah goyah dari tahun-tahun sebelumnya karena mekanisme yang tidak biasa. Berkat "klausul golden ratchet" dalam Undang-Undang Hibah Berdaulat tahun 2011, para bangsawan tidak akan pernah menerima kurang dari tahun sebelumnya.

3 dari 4 halaman

Krisis Biaya Hidup di Inggris

Raja Charles mengakui krisis biaya hidup dalam siaran Natal pertamanya sebagai berdaulat pada bulan Desember 2022 dan memberikan kembali kepada publik pada bulan berikutnya. Pada bulan Januari 2023, Raja yang berusia 74 tahun mengalihkan keuntungan 1,2 miliar dolar AS yang berasal dari pengelolaan turbin angin ke pemerintah Inggris, bukan ke keluarga kerajaan.

Para bangsawan ditetapkan untuk menerima dorongan potensial menyusul lonjakan keuntungan yang diharapkan dari enam turbin angin yang memproduksi energi yang dimiliki oleh Crown Estate di sekitar pantai Inggris, dan Raja Charles malah menyediakan uang itu untuk bendahara.

Bulan Juni 2023, para abdi dalam kerajaan mengatakan bahwa Raja harus menghabiskan uang tunai selama tahun kerajaan yang mahal. Pada akhir Juni, Rumah Tangga Kerajaan menerbitkan laporan tahunannya, yang mencakup tahun keuangan dari April 2022 hingga Maret 2023. Laporan tersebut menunjukkan bahwa 136 juta dolar AS telah dihabiskan, naik 5 persen dibandingkan tahun sebelumnya.   

4 dari 4 halaman

Biaya Mahal untuk Pemakaman Ratu Elizabeth II

The Sovereign Grant mencakup 108,9 juta dolar AS, sedangkan sisanya ditarik dari dana cadangan. Seperti yang dijelaskan dalam sebuah pernyataan di situs web resmi keluarga kerajaan, "Pernyataan tahun ini mencakup periode transisi yang signifikan untuk Rumah Tangga Kerajaan, yang mencerminkan Jubilee Platinum dan Pemakaman Negara Ratu Elizabeth II, Aksesi Raja, menjelang Penobatan Yang Mulia, dan berkumpulnya staf dari dua Rumah Tangga."

Renovasi lanjutan di Istana Buckingham juga menambah biaya yang meningkat. Perayaan Platinum Jubilee Ratu Elizabeth termasuk empat hari perayaan di bulan Juni 2022 termasuk Trooping the Colour, konser Platinum Party di Istana, dan Platinum Jubilee Pageant menandai tahun ke-70 bersejarahnya di atas takhta.

Istana menghabiskan sekitar 883 ribu dolar AS untuk acara terkait, laporan dari Sovereign Grant. Acara termahal tahun ini adalah pemakaman Ratu Elizabeth pada bulan September 2022, yang menelan biaya Sovereign Grant sekitar 2AS dolar juta.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat