uefau17.com

Pangeran William Ulang Tahun ke-41, Westminster Abbey Inggris Bunyikan Lonceng 541 Kali - Lifestyle

, Jakarta - Pada Rabu, 21 Juni 2023, Pangeran William genap berulang tahun ke-41. Sebuah ucapan selamat disampaikan khusus sang ayah, Raja Charles III, bersama Ratu Camilla, lewat akun media sosial resminya, The Royal Family.

"Mengucapkan selamat ulang tahun bagi Pangeran Wales!" tulis Charles di unggahan tersebut seraya menyematkan emoji balon di akhir kalimat.

Unggahan itu disertai foto kebersamaan Raja Charles III dan Pangeran William yang diambil selama gladi resik untuk penobatan Raja Inggris pada 6 Mei 2023. Beberapa hari sebelum upacara penobatan, para anggota keluarga kerajaan berlatih di Westminster Abbey untuk hari besar itu.

Foto yang diambil fotografer kerajaan Chris Jackson itu memperlihatkan Charles tersenyum lebar kepada William yang terlihat merapikan jubah upacara Raja. William juga terlihat rileks dan bahagia, tersenyum lebar saat membantu sang ayah dengan jubah emasnya. Dalam momen itu, anak sulung Raja Charles itu hanya mengenakan setelan jas tanpa jubah Order of the Garter yang dikenakannya di hari penobatan.

Peringatan ulang tahun pewaris takhta Inggris tersebut juga dirayakan dengan bunyi lonceng. Westminster Abbey membunyikan lonceng 541 kali sebagai bagian kejutan kerajaan di London.

Mengutip People, Kamis (22/6/2023), sebelum 2020, tradisi membunyikan lonceng ulang tahun di Westminster Abbey dilaksanakan untuk memperingati 12 anggota kerajaan. Mereka di antaranya adalah Ratu Elizabeth II, Pangeran Philip, keempat anak mereka, yakni Pangeran Charles, Putri Anne, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perubahan Tradisi Lonceng Ulang Tahun

Tradisi kehormatan itu juga berlaku bagi istri Charles, Camilla. Lima lainnya adalah seluruh anggota keluarga Cambridge, yakni Pangeran William, Kate Middleton, dan tiga anak mereka, Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis. Namun mulai 2022, Westminter Abbey mengumumkan perubahan bahwa lonceng katedral hanya dibunyikan untuk memeringati ulang tahun Ratu Elizabeth dan Charles.

"Karena kesulitan keuangan yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19 kepada Abbey, dan setelah berkonsultasi dengan Istana Buckingham, lonceng sekarang hanya akan berbunyi untuk ulang tahun Yang Mulia Ratu dan Yang Mulia Pangeran Wales," jelas juru bicara Westminster Abbey kepada Hello! pada Agustus 2021.

Namun, kebijakan itu kembali diubah selepas mangkatnya Ratu Elizabeth pada September 2022. Daftar anggota kerajaan yang diperingati dengan bunyi bel ditambah.

Selain memeringati ulang tahun Raja Inggris dan pewaris takhtanya, Pangeran William, lonceng itu juga dibunyikan untuk memeringati ulang tahun Putri Kate pada Januari 2023. Kemungkinan lonceng dibunyikan juga untuk memeringati ulang tahun Ratu Camilla pada 17 Juli nanti. 

"Lonceng Biara dapat terdengar berdering sebelum kebaktian dan dalam perayaan festival gereja. Lonceng juga secara tradisional dibunyikan untuk menandai ulang tahun anggota senior Keluarga Kerajaan," kata juru bicara itu.

3 dari 4 halaman

Pekan-Pekan Sibuk William

Meski begitu, tak ada peringatan khusus terkait ulang tahun Pangeran William di akun media sosial resmi Pangeran dan Putri Wales. Umumnya, keluarga Cambridge merayakannya dengan membagikan foto profil yang berulang tahun seraya memberi selamat kepada yang bertambah umur.

Unggahan terakhir akun media sosial @princeandprincessofwales itu memperlihatkan William selaku Presiden Asosiasi Sepakbola Inggris yang mengunjungi markas timnas sepakbola perempuan Inggris yang berjuluk the Lionesses. Mereka sedang menyiapkan diri untuk berlaga di Piala Dunia FIFA mendatang.

Agenda kerajaan yang dijalani William padat dalam dua minggu terakhir. Pada pekan lalu, ia bertugas memimpin pasukan pengawal Welsh saat berparade untuk memeringati ulang tahun raja Inggris, Trooping the Colour, pada Sabtu, 17 Juni 2023. William diketahui menjabat posisi Kolonel Pengawal Wales setelah sebelumnya menjabat gelar Kolonel Pengawal Irlandia.

Dalam acara itu, ia mengenakan seragam merah yang juga dikenakan saat menikah dengan Kate Middleton pada 2011. Ia mengenakan topi bearskin lengkap dengan selempang dan pedang. Yang berbeda adalah simbol berbentuk daun semanggi yang semulai ditempel di bagian kerah bajunya, kini sudah diubah menjadi daun bawang, sesuai jabatan militer yang kini disandangnya.

4 dari 4 halaman

Rayakan Hari Ayah Sedunia

Merayakan Hari Ayah Sedunia, potret resmi Pangeran William dan ketiga buah hatinya dirilis awal pekan ini. Foto itu dijepret pada April lalu oleh fotografer Millie Pilkington di Kastil Windsor. Seperti biasa, tak ada Kate Middleton di foto tersebut.

Hari Ayah Sedunia atau Father's Day diperingati setiap minggu ketiga di bulan Juni. Di tahun ini, Hari Ayah Sedunia dirayakan di hari Minggu, 18 Juni 2023. Sejumlah figur publik pun menandai momen istimewa ini dengan membagikan potret kebersamaan dengan buah hati mereka, termasuk Pangeran William.

Melansir Hello Magazine, 17 Juni 2023, Kensington Palace merilis foto William dan ketiga anaknya, dalam nuansa penuh tawa dan kompak mengenakan pakaian serba biru. William terlihat tersenyum ke arah kamera dengan lengan memeluk Pangeran George dan Putri Charlotte, yang menatap ayah mereka dengan penuh kasih sayang. Sementara, Pangeran Louis berdiri di belakang William dengan lengan melingkari leher William dan tersenyum lebar.

Ada juga sentuhan khusus untuk menghormati Ratu Elizabeth II, mendiang nenek William, dalam foto tersebut. Mereka duduk di bangku yang merupakan hadiah untuk ulang tahun ke-90 Ratu Elizabeth pada 2016.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat