uefau17.com

Intip Gaya Hidup Sehat Petarung MMA Max Metino, Terapkan Pola Makan Vegetarian Selama 20 Tahun - Lifestyle

, Jakarta - Tidak kurang dari 23 tahun sudah Max Metino menggeluti dunia Mixed Martial Arts (MMA). Selama itu pula, pelatih, sekaligus petarung MMA ini harus pandai-pandai menjaga stamina dan metabolisme tubuhnya.

Sehari-hari, olahraga yang digelutinya hanya MMA. Menurutnya, itu cukup, karena sudah merupakan gabungan berbagai olahraga dan seni bela diri, termasuk muay thai dan judo. "Rutinitas sehari-hari biasanya saya bangun pagi, sarapan, kadang makan nasi juga, buah-buahan, sayur, dan kacang-kacangan dengan porsi sedikit. Lalu, telur," ia bercerita saat menghadiri acara peluncuran produk suplemen pria, Erojan, di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin, 29 Mei 2023.

Ia melanjutkan, "Setelah itu, saya urus kerjaan di depan komputer. Sekitar (pukul) 10, saya datang berlatih bersama atlet (MMA) sampai pukul 12.30." Max, yang mengatakan sudah menjalani pola makan vegetarian selama 20 tahun, mengaku bahwa ia juga biasanya membawa buah pisang sebagai bekal latihan.

Aktor yang terlibat dalam film The Raid 2 itu mengaku tidak pernah melewatkan waktu berjemur selama 15--30 menit setelah latihan MMA. "Sambil istirahat juga," ujar dia.

Sebagai menu makan siang, ia mengonsumi sayur, kacang-kacangan, dan buah. "Nasi juga karena itu sumber tenaga saya," sebutnya. "Habis itu, saya pulang, balik kerja."

Sekitar puku. 17.00 atai 19.00, ia akan kembali mengajar MMA. "Kalau makan malam, saya paling telat jam 7 (malam). Beberapa kali lewat (dari pukul 19.00), tapi saya selalu usahakan maksimal jam 7 (malam)," Max Metino menyambung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengalaman Konsumsi Suplemen Kesehatan

Mendukung aktivitas sehari-harinya, Max juga mengonsunsumi suplemen kesehatan. "Karena saya pernah maag akut dan punya riwayat (penyakit) ginjal, saya sangat menghindari suplemen (berbahan) kimia. Makanya waktu pertama kali dikasih tahu Erojan ini herbal, akhirnya mau coba," ia mengatakan.

Setelah sebulan mengonsumsi suplemen khusus pria itu, Max, yang sempat cedera bahu dan pinggang, mengaku proses penyembuhan tubuhnya terasa lebih cepat. "Tentu ini ditambah fisioterapi," imbuhnya. "Vitalitas juga terasa (terpengaruh), jadi semangat saat latihan (MMA)."

Suplemen, menurut Max, menambah dampak baik dari pola hidup sehat yang ia jalani sehari-hari. Artinya, apa yang dirasakannya tidak semata-mata karena minum suplemen kesehatan.

Erojan, yang merupakan produk dari Wellous Indonesia, merupakan suplemen khusus pria yang bertujuan menjaga stamina dan meningkatkan hormon testosteron secara natural. Sebagaimana disinggung Max, suplemen ini diformulasikan menggunakan bahan-bahan herbal dan telah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM).

 

3 dari 4 halaman

6 Kandungan Alami

Enam kandungan alami utamanya adalah Tongkat Ali, Maca, Butea Superba, Tribulus Terrestris, Cuscuta Chinensis, dan Horny Goat Weed. Branding and Marketing Director Wellous, Fira Basuki, mengklaim bahwa suplemen ini sudah dikonsumsi 86 ribu pria di Asia Tenggara.

"Tapi, memang baru hari ini (29 Mei 2023) masuk ke Indonesia dan tersedia di dealers resmi kami maupun secara online," katanya.

Medical Advisor Wellous, dr. Rizki Nasution, menjelaskan bahwa sementara perempuan menopause, pria akan mengalami andropause. "Puncak hormon testosteron itu saat pria berusia 20--30 tahun. Setelah itu, akan turun satu persen per tahum," ungkapnya di kesempatan yang sama.

Tanda-tanda hormon testosteron turun di antaranya adalah:

  • Mudah lelah
  • Rambut rontok
  • Lemak perut menumpuk
  • Otot badan menyusut
  • Munculnya man boobs

Sementara turunnya hormon testosteron tidak bisa sepenuhnya dihindari, konsumsi Erojan, klaimnya, dapat menahan agar tidak merosot secara drastis. "Menurunnya hormon (secara drastis) bisa dicegah dengan makan makanan sehat, diet teratur, olahraga yang ke arah endurance, dan minum suplemen," katanya.

 

4 dari 4 halaman

Olahraga sampai Pola Makan

Olahraga dalam kategori ini, termasuk lari, renang, bersepeda, MMA, dan opsi lain yang "menebalkan otot tubuh," sebutnya. Perlu diperhatikan, dr. Rizki menambahkan, tanpa perlengkapan yang baik, pemanasan yang baik, dan pelatih yang baik, olahraga berisiko cedera.

"Juga, olahraga harus dilakukan secara teratur dan seimbang dengan aktivitas lain," katanya. Pun dengan makanan. dr. Rizki merekomendasikan makan makanan seimbang, mulai dari karbohidrat; protein dari daging, tempe, tahu, maupun telur; juga mineral.

Bila mengonsumsi suplemen, sangat disarankan minum sesuai dosis. "Harus dilihat juga keseluruhannya. Misalnya, kalau Erojan ini lebih berfungsi ke (hormon) testosteron, bila diminum perempuan, di dalam tubuhnya nanti akan ada perang hormon. Salah satu dampaknya bisa saja menstruasinya terganggu," ia memaparkan.

Terkait konsumsi suplemen Erojan dengan obat lain, seperti obat penyakit jantung dan stroke, ia merekomendasikan untuk berkonsultasi lebih dulu dengan dokter. Konsumsinya juga disarankan tidak digabung dengan vitamin lain. "Kalau dilihat dari komposisinya, seharusnya tidak ada efek samping selagi konsumsinya sesuai dosis," sebutnya.

Ia menggarisbawahi bahwa suplemen ini ditujukan pada semua pria aktif. "Jadi, tidak hanya altet MMA, tapi semua pria aktif, termasuk pekerja kantoran," Fira menimpali.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat