uefau17.com

Mengenal Perkebunan Teh Rancabali, Lokasi Jatuhnya Helikopter Latih - Lifestyle

, Jakarta - Sebuah helikopter latih dikabarkan jatuh di wilayah perkebunan teh di Ciwalini, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Minggu (28/5/2023). Kabar jatuhnya helikopter tersebut di Perkebunan Teh Rancabali beredar dalam video yang tersebar di aplikasi percakapan.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo menyampaikan ada sebuah helikopter yang digunakan untuk latihan jatuh di kawasan Ciwidey, tepatnya di Kecamatan Rancabali. Peristiwa tersebut diketahui pada Minggu sekitar pukul 15.00 WIB. Helikopter itu diduga terjatuh di tengah perkebunan dan mengalami kebakaran.

"Helikopter latihan terjatuh, saya dalam perjalanan ke Ciwidey," kata Kusworo saat dikonfirmasi, di Bandung, Minggu (28/5/2023), seperti dikutip dari Antara.

Kusworo belum menyebut secara rinci jenis helikopter beserta jumlah penumpang atau pilot yang terlibat dalam kecelakaan tersebut. Namun, pada dua video yang beredar di jagat maya, terlihat ada satu orang yang dievakuasi oleh warga beserta anggota TNI ke dalam mobil ambulans, dan satu orang yang mengalami luka.

Ada pula percakapan warga yang mengungkapkan bahwa ada empat orang lainnya yang belum diketahui keberadaanya setelah jatuhnya helikopter tersebut. Kusworo menyebut akan menyampaikan informasi lebih lanjut saat ia sampai di lokasi kejadian.

Hal tersebut mengingat ia pun sedang dalam perjalanan ke lokasi untuk menyelidiki terjatuhnya pesawat itu. "Kita jumpa di lokasi ya," kata Kusworo.

Sementara, kawasan Ciwidey yang menyuguhkan pemandangan yang indah memiliki sederet destinasi wisata yang menyegarkan mata. Salah satu di antaranya adalah Perkebunan Teh Rancabali yang menawarkan panorama hijau sejauh mata memandang.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tentang Perkebunan Teh Rancabali

Dikutip dari Regional , daun teh atau dalam bahasa Latin Camellia sinensis adalah salah satu komoditas strategis di Jawa Barat. Tak heran jika provinsi di ujung Pulau Jawa ini memiliki hamparan hijau khas perkebunan teh.

Kawasan kebun teh terkenal di kawasan Bandung selatan adalah Ciwidey. Lokasi tepatnya berada di Rancabali yang adalah salah satu wisata kebun teh terbaik di wilayah Jawa Barat, tepatnya di kawasan Patengan.

Perkebunan Teh Rancabali ini telah dikembangkan sejak 1870 saat zaman penjajahan Belanda. Maka dari itu, Perkebunan Teh Rancabali memang telah dikenal dengan penghasil teh berkualitas tinggi sehingga daun teh yang berasal dari kawasan ini ini disukai oleh pasar lokal maupun mancanegara.

Sambil menikmati panorama yang menakjubkan dari hamparan teh serta suasana sejuk perkebunan, di destinasi wisata kebun teh ini Anda juga bisa belajar mengenai seluk beluk pengelolaan Perkebunan Teh Rancabali. Di lokasi ini, bisa mendapatkan informasi mulai dari cara pembibitan serta tata cara pemetikan daun teh dengan kualitas terbaik sehingga menghasilkan cita rasa teh yang nikmat.

3 dari 4 halaman

Wisata di Perkebunan

Dikutip dari Atourin, Perkebunan Teh Rancabali berada di ketinggian 1.650 mdpl dengan suhu udara rata-rata di siang hari 20 derajat Celcius. Suhu dapat berubah menjadi sangat dingin di malam hari, yakni sekitar 5 derajat Celsius.

Perkebunan teh ini sangat luas dan pemandangan alamnya sangat indah dengan lapisan kabut putih di atasnya. Suasananya cocok bagi Anda yang sedang mencari ketenangan dan kenyamanan waktu berlibur di Bandung.

Kegiatan favorit yang wajib Anda lakukan di lokasi Perkebunan Teh Rancabali Ciwidey ini adalah berjalan-jalan menyusuri dan membelah hamparan kebun teh (tea walk). Anda bisa menjajal panjang trek yang bervariasi, mulai dari yang jauhnya 2 km, 3 km, 4 km atau sesuai dengan keinginan Anda.

Jam operasional buka mulai pukul 07.00--17.00 WIB dengan tiket masuk sebesar Rp5 ribu. Di destinasi wisata ini juga terdapat fasilitas toilet, musala, rumah makan, dan area parkir.

Untuk menuju Perkebunan Teh Rancabali, ada beberapa rute yang dapat Anda tempuh.

4 dari 4 halaman

Pilihan Rute

Kendaraan Umum

  1. Naik bus dari arah Jakarta ke arah Terminal Leuwipanjang, Bandung.
  2. Setelah itu, turun di Leuwipanjang, dilanjutkan dengan naik angkutan umum (angkot) dengan jurusan Bandung – Ciwidey.
  3. Sampai di daerah Ciwidey, lanjutkan dengan mengganti angkot jurusan Ciwidey – Situ Patenggang. Turunlah sebelum sampai di Situ Patenggang, sebab lokasi kebun teh ada di jalan sebelum Situ Patenggang.

Kendaraan Pribadi

  1. Dari arah Jakarta, Anda bisa lewat tol Cipularang serta keluar gerbang tol Kopo Bandung.
  2. Perjalanan dilanjutkan dengan menuju arah Ciwidey lewat Jl. Raya Soreang, yang akan memakan waktu tempuh sekitar 50 menit.
  3. Sampai di daerah Ciwidey, Anda hanya mengikuti jalan yang berkelok-kelok menuju arah Danau Situ Patenggang.
  4. Dalam rute perjalanan, Anda akan menjumpai deretan kebun teh di sisi kanan dan kiri jalan. Di situlah merupakan lokasi dari Perkebunan Teh Rancabali.

Aksesibilitas menuju objek wisata

  • Rute mudah ditempuh
  • Jalan beraspal
  • Jalan sempit
  • Bisa naik motor
  • Bisa naik mobil

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat