uefau17.com

Farhana Nariswari Asal Jawa Barat Dinobatkan Sebagai Puteri Indonesia 2023 - Lifestyle

, Jakarta - Farhana Nariswari Wisandana dari Jawa Barat resmi dinobatkan sebagai Puteri Indonesia 2023. Ia mengalahkan 45 finalis lainnya dari perwakilan 34 provinsi di Indonesia.

"Puteri Indonesia 2023 selamat kepada Farhana Nariswari Wisandana Jawa Barat," sebut Choky Sitohang selaku pembawa acara saat Grand Final Puteri Indonesia 2023 di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta pada Jumat malam, 19 Mei 2023.

Dalam sesi tanya jawab bersama juri, Farhana tampak mencuri hati juri dengan jawabannya saat bicara mengenai kecenderungan hedonisme yang menjangkiti banyak generasi muda, tapi dengan hati dan jiwa yang kosong. Ia juga menjawab pertanyaan dengan bagus mengenai apa perbedaan antara berbuat baik dengan berbuat benar yang disodorkan oleh Ketua Umum Yayasan Puteri Indonesia (YPI) Putri Kus Wisnu Wardani.

"Berbuat kebaikan berarti menempatkan nilai moral, melibatkan Tuhan, dan tak yang tak boleh dilupakan apa yang dipercayai oleh hati yang paling dalam," jawab Farhana fasih dan tenang dalam bahasa Inggris. 

Sebelumnya Farhana masuk tiga besar finalis dan bersaing dengan Yasinta Aurellia dari Jawa Timur yang menempati posisi runner-up I dan menyandang gelar sebagai Puteri Indonesia Lingkungan. Sementara posisi runner-up II adalah Lulu Zaharani Khrisna dari Lampung dan memperoleh gelar sebagai Puteri Indonesia Pariwisata.

Ketiga pemenang telah resmi menerima mahkota dari para pendahulunya, Puteri Indonesia 2022 Laksmi Shari De Neefe Suardana, Puteri Indonesia Lingkungan 2022 Cindy May McGuire, serta Puteri Indonesia Pariwisata 2022 Adinda Chreseilla. Selanjutnya, ketiga pemenang akan mewakili Indonesia di sejumlah ajang kecantikan internasional seperti Miss Charm, Miss International, dan Miss Supranational 2023 mendatang. 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gaun Finalis Puteri Indonesia Sematkan Wastra Kain Tapis Khas Lampung

Keindahan Indonesia dalam budaya dan wisatanya ikut diangkat dalam gelaran Pemilihan Puteri Indonesia 2023. Kali ini terdapat dukungan dari Pemerintah Provinsi Lampung untuk acara prestisius tersebut dengan kolaborasi bersama desainer untuk membuat gaun yang menyematkan unsur wastra kain tapis khas Lampung.

Saat malam Grand Final Puteri Indonesia 2023, sebanyak 45 finalis dan ratu dunia tampil memesona dengan busana karya designer Tanah Air salah satunya Intan Avantie dengan sentuhan kain tapis khas Lampung. "Ini merupakan kontribusi Lampung dengan kekayaan wisata dan budayanya," sebut Kabid Perencanaan Perekonomian Bappeda Provinsi Lampung, Bobby Irawan.

Momen ini dimanfaatkan sekaligus mempromosikan kekayaan wisata dan budaya Lampung sekaligus memperkenalkan kain tapis yang secara tradisi dibuat dari benang katun dan benang emas. Di masa sekarang, kain tapis ini masih banyak dipakai oleh masyarakat Lampung dan sering pula digunakan pada acara-acara adat seperti pernikahan. 

3 dari 4 halaman

Tak Terpengaruh Lisensi Miss Universe Dicabut

Disebutkan pula untuk parade 45 finalis Puteri Indonesia 2023 akan mengenakan opening dress karya Tommy Yudhis & Crown Textile. Kemudian untuk Top 15 akan berbalut busana karya Aditya Dwi Cahya dan finalis Top 6 akan memakai busana karya designer Maison Baaz.

Sementara untuk Top 3 dan 3 Ratu dunia akan memakai kebaya karya Intan Avantie sedangkan Top 3 Puteri Indonesia 2022 akan memakai Gown dari Designer Anaz, Kebaya untuk Edymar Martinez, Chanique Rabe, Ayu Maulida Putri akan memakai busana karya Topan Sapta. 

Sementara itu pencabutan lisensi Miss Universe Indonesia dari tangan Yayasan Puteri Indonesia (YPI) tak menghentikan laju penyelenggaraan Pemilihan Puteri Indonesia 2023. Panitia tetap berteguh di rencana awal untuk menggelar malam pemilihan final pada Mei 2023.

Dalam rilis yang diterima , Selasa, 14 Februari 2023, Pemilihan Puteri Indonesia berlangsung di tingkat provinsi untuk memilih wakil terbaiknya berkompetisi di tingkat nasional di Jakarta. Ketua Dewan Penasehat Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani menjanjikan bakal memberi banyak kejutan dan sesuatu yang spesial untuk para pecinta kontes kecantikan di Indonesia.

4 dari 4 halaman

Puteri Indonesia Dikirim di Ajang Miss International

"YPI adalah pelopor kontes kecantikan Indonesia yang bertujuan untuk menjadikan perempuan muda Indonesia menjadi karakter inspirasional dan agen perubahan untuk pemberdayaan perempuan Indonesia," kata Putri dalam gathering bersama alumni Puteri Indonesia dari berbagai angkatan yang berlangsung pada Senin, 13 Februari 2023, di The Westin Hotel Jakarta.

Ia menyebut YPI akan selalu memberikan pagelaran terbaik dengan mendengarkan masukan dari alumni Puteri Indonesia dan juga pageant lover Indonesia untuk kesuksesan ajang Pemilihan Puteri Indonesia. Selain itu ikut membahas berbagai program kerja YPI ke depan untuk kemajuan perempuan Indonesia dan juga kepentingan bangsa dan negara.

Salah satunya membahas tentang nasib pemenang gelar Puteri Indonesia tahun ini. Selama tiga dekade terakhir, para pemegang gelar Puteri Indonesia selalu dikirim ke ajang Miss Universe, baik sebagai pemantau maupun peserta kompetisi. Setelah lisensi berpindah tangan, apa yang akan terjadi?

"Untuk pemenang gelar Puteri Indonesia akan menjadi wakil Indonesia di ajang Miss International, Puteri Indonesia Pariwisata akan mewakili Indonesia ke ajang Miss Supranational, dan selanjutnya Yayasan Puteri Indonesia berencana akan menambah lisensi international satu lagi," papar Putri.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat