uefau17.com

Inara Rusli Mantap Lepas Cadar, Ungkapan Lamanya Jadi Sorotan - Lifestyle

, Jakarta - Ragam komentar publik menghiasi keputusan Inara Rusli lepas cadar. Langkah yang disebutnya "sudah dipikirkan berkali-kali" ini diambil di tengah proses perceraian dengan Virgoun.

Sementara sebagian besar warganet mengaku kaget dengan paras menawan ibu tiga anak tersebut tanpa cadar, menyebutnya "spek bidadari," ada juga yang menyinggung ungkapan lama Inara Rusli. Ini merujuk pada unggahan Instagram Story yang ditulisnya, beberapa waktu lalu.

Pemikiran itu kemudian dijadikan highlight di akun pribadinya, bertulis, "Cadar wajib?" Di sana, Inara menulis, "Saya pakai cadar karena memang kebutuhan untuk menutupi wajah saya yang menurut saya kalau dibiarkan terbuka bisa menimbulkan fitnah yang lebih besar."

"Bukan semata karena biar dibilang saliha atau level keimanan sudah naik. Tidak," imbuhnya. "Sunnah menutup wajah, enggak wajib memakai cadar. Apalagi cadar sekarang juga sudah berbagai bentuk."

"Sudah ada yang instan pakai karet di bagian belakang. Sedangkan zaman Rasulullah belum ada model begitu. Kalau memang diniatkan untuk benar-benar modelnya kayak zaman dulu," ia menyambung.

Inara melanjutkan, "Yang diwajibkan itu adalah menjulurkan kain (hijab) menutupi dada dan aurat (kulit selain telapak tangan dan wajah yang biasa terlihat)."

Masih di unggahan yang sama, Inara juga menulis, "Saya memulai perjalanan ini dari nol, dari saya masih sama-sama suami di dunia entertain, masih bisa cari nafkah sendiri dengan jalan membuka aurat."

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bukan Hal yang Mudah

Inara Rusli mengungkap, "Jadi untuk sampai di titik ini bukan suatu hal yang mudah untuk saya. Jadi, tolong hargai saja prosesnya. Enggak dihargai juga enggak apa-apa sih sebenarnya. Karena setiap orang hanya ingin mengerti sesuatu sesuai pemahaman dan egonya saja."

"Cukupnya Allah yang mengetahui dan dan menilai amalan kita," sebutnya. Di unggahan selanjutnya, Inara menulis, "Yang baperan dan jilbabnya masih ceqeq belakang enggak diajak ikut komplain masker ya. Yuk, sama-sama hargai proses diri kita untuk perbaiki diri (terutama kalbu), lagi dan lagi."

Terakhir, ia juga mengungkap, "Gajah di pelupuk mata enggak kelihatan, semut seberang lautan kelihatan gede. Jangan dibiasain begitu. Yuk, sama-sama tawadhu. Bercermin."

Dalam kabar terbaru, melansir kanal Showbiz , sebelum memutuskan melepas cadar, Inara disebut sudah bertanya terlebih dahulu pada Ustaz Derry Sulaiman mengenai hukum bercadar. Sang Ustaz menjelaskan bahwa dalam Islam, bercadar bukanlah kewajiban.

3 dari 4 halaman

Hukum Pakai Cadar

"Saya bilang cadar itu tidak wajib, sunnah. Maknanya kalau lihat orang bercadar, jangan dibilang itu salah. Itu urusan dia menutup wajahnya. Yang bercadar pun tidak boleh menyalahkan yang tidak bercadar," kata Ustaz Derry Sulaiman dikutip kanal Showbiz  dari Intens Investigasi, Jumat (19/8/2023).

"Membuka seperti kakak-kakak ini tidak berdosa, itu bukan sebuah kemaksiatan. Kenapa Inara tanya begitu? Aku mungkin harus bekerja dan pekerjaan berkaitan dengan ini, kecantikan," sambungnya.

Di hadapan publik dengan kamera para wartawan yang menyala, Inara kemudian meminta izin melepas cadarnya. Tujuannya adalah mempermudah dirinya bekerja, mencari nafkah selepas berpisah dari Virgoun.

"Boleh saya buka? Izin saya buka ya bismillah saya buka, saya pakai karena Allah, saya buka karena Allah untuk menghidupi anak-anak saya," ucap perempuan berusia 30 tahun tersebut.

Setelahnya, Inara membuka niqabnya. Ustaz Derry mengimbau masyarakat untuk tidak merundung Inara atas keputusannya melepas cadar yang hukumnya memang tidak wajib.

4 dari 4 halaman

Minta untuk Tidak Dirundung

"Ina mengundang aku di sini untuk menjelaskan hukum tentang niqab. Ini hal yang dbolehkan jadi jangan sampai ada bully-an yang akhirnya bikin kalian semua berdosa, gitu," ujar Ustaz Derry.

Sebelumnya Ustaz Derry juga sudah menyarankan Inara untuk salat istikharah, meminta petunjuk apakah keputusannya melepas cadar sudah tepat. 

"Jadi tolong suatu hari kalau netizen melihat Ina membuka cadarnya jangan bully karena itu bukan kemaksiatan, itu hukumnya boleh-boleh saja. Jadi kalau Ina tanya boleh enggak buka cadar? Silahkan. Istikharah saja, karena untuk memakai itu butuh iman yang kuat," tutupnya.

Sebelum ini, pihak Inara Idola Rusli telah menanggapi langkah Virgoun mencabut gugatan permohonan talak cerainya. Inara pun mempertanyakan keseriusan Virgoun atas proses perceraian ini.

Diberitakan sebelumnya, Virgoun mencabut permohonan talak cerai terhadap Inara, karena ingin merevisi isi gugatannya. Ia ingin menuntut hak asuh anak secara penuh.

"Ya kalau misalkan ada di posisinya mbak Inara seperti apa? Digugat cerai tiba-tiba dicabut, ya seperti apa? Serius enggak sih?" Kata Arjana Bagaskara, kuasa hukum Inara, di Pengadilan Agama Jakarta Barat, Rabu, 17 Mei 2023.

"Ya kita sih mempertanyakan keseriusan bapak Virgoun dan kuasa hukumnya. Apalagi terkait dengan anak, ini kan hal yang fundamental," sambung Arjana.

  

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat