uefau17.com

Nadine Chandrawinata Ajarkan Anak Pakai Sunscreen Sejak Usia 6 Bulan, Berikut Tips Pilih Sunscreen yang Aman Untuk Anak - Lifestyle

, Jakarta - Pentingnya memakai sunscreen atau tabir surya tidak dapat dipandang sebelah mata. Kulit terus-menerus terpapar sinar matahari yang mengandung sinar UV, yang bisa merusak kulit dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti kanker kulit, penuaan dini, dan lain-lain. 

dr. M. Indah Maharani, Sp.KK, FINSDV, menegaskan bahwa penggunaan sunscreen secara rutin adalah sangat penting. "Terutama kita yang tinggal di Indonesia, di daerah zamrud khatulistiwa, daerah yang paling panas di seluruh dunia. Jadi exposure mataharinya itu wholure, nggak cuma di musim panas, tapi sepanjang tahun," ujarnya dalam talk show bertajuk Sunscreen: Your Skin's Best Defense Against Harmful UV Rays pada Rabu, 3 Mei 2023, yang digelar Anessa di Cove Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. 

Terlebih saat dunia kini tengah diserang oleh gelombang panas, penggunaan sunscreen semakin krusial. "Selain UVnya udah banyak, panasnya juga semakin banyak, so membuat kulit kita semakin iritatif, gampang menjadi lebih sensitif. Yang artinya kalau kena sinar matahari bisa lebih memberikan efek buruk," ucap Dr. Rani.

Sunscreen perlu digunakan oleh semua orang setiap hari. Tidak hanya untuk mendukung kegiatan di luar ruangan, tetapi juga ketika beraktivitas di dalam ruangan. Dr. Rani menjelaskan, "Nggak cuma pria, wanita, tapi anak-anak. Kadang kita suka lupa ya."

Untuk itu, Anessa meluncurkan produk baru hasil kolaborasi dengan karakter kartun populer asal Jepang, Doraemon. Konsep yang diusung adalah tampilan premium Anessa dan kesan seru nan menyenangkan dari Doraemon Anessa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Djiwa Gunakan Sunscreen Sejak 6 Bulan

Dengan adanya tampilan Doraemon di kemasan Anessa, Anessa berharap orang-orang yang menggunakan sunscreen Anessa dapat beraktivitas dengan bebas dan leluasa tanpa khawatir kulitnya menjadi gelap, seperti saat kecil. Brand Ambassador Anessa, Nadine Chandrawinata sependapat dengan pentingnya menjaga kesehatan kulit dari paparan sinar matahari. Bahkan, anaknya, Nadi Djiwa Anggara yang kini berusia 1 tahun, telah menggunakan sunscreen sejak berumur 6 bulan. 

"Emang aku biasain, karena setiap pagi pasti kita keliling-keliling komplek untuk ambil vitamin D-nya. Terus, emang Djiwa senang jalan gitu,” ujar Nadine kepada awak media dalam acara Anessa Summer House Pop Up tersebut. 

Ia mengaku menggunakan sunscreen Anessa seri Perfect UV Mild Milk yang berwarna pink untuk Djiwa. Akan tetapi, seri kolaborasi Anessa dan Doraemon yang terbaru memiliki kandungan yang sama dengan Perfect UV Mild Milk.

Produk ini diklaim memiliki proteksi UV yang kuat, dengan formulasi lembut yang diklaim sangat nyaman dan lembut untuk kulit sensitif. Produk dapat dikenakan pada wajah dan badan, juga aman digunakan untuk anak-anak, serta bayi di atas 6 bulan.

3 dari 4 halaman

Formula Penting yang Aman Untuk Anak

Produk Anessa Perfect UV Mild Milk mengandung Hypoallergenic formula sehingga aman digunakan untuk bayi di atas 6 bulan dan anak-anak. Nadine mengaku Djiwa sangat senang menggunakan sunscreen Anessa, terutama kolaborasinya yang terbaru dengan Doraemon karena cocok untuk anak-anak.

"Dia sangat senang sekali megang itu. Dan dia karena ngeliatin aku selalu pake, dia minta, dan saat aku kasih, dia seneng," jelas Nadine.

Puteri Indonesia 2005 itu juga mengatakan bahwa ia telah diajarkan menggunakan sunscreen oleh orang tuanya sejak kecil. "Dari SD aku inget banget aku tuh pake sunscreen sama mamaku, dan aku nggak tau kenapa. Aku baru tau efeknya sekarang. Permasalahan kulitnya lebih mendingan daripada temen-temenku yang nggak pake sunscreen," ujarnya. 

Dilansir dari Children’s Health, dalam memilih sunscreen yang aman untuk anak, cari yang sun protection factor (SPF) 30 atau lebih tinggi. Pastikan mengandung zinc oxide atau titanium dioxide (karena lebih baik untuk kulit sensitif), pilih tabir surya yang melindungi sinar UVA dan UVB, dan pertimbangkan apakah tabir surya tahan air atau tidak.

4 dari 4 halaman

Tips Menggunakan Sunscreen Untuk Anak

Nnenna Agim, M.D., dermatologis Children's Healt dan Associate Professor di UT Southwestern memberikan beberapa tips untuk penggunaan sunscreen pada anak.

  • Gunakan tabir surya setiap hari

Tabir surya bukan hanya untuk pantai atau cuaca panas saja. Anda harus mengaplikasikannya setiap kali anak Anda akan berada di luar ruangan. Bahkan jika tidak ada sinar matahari, 80% sinar UV masih dapat menembus. 

  • Hindari penggunaan tabir surya pada bayi di bawah 6 bulan

"Setiap orang berusia 6 bulan atau lebih harus menggunakan tabir surya," kata Dr. Agim. "Jika anak Anda berusia di bawah 6 bulan, kami menyarankan paparan sinar matahari yang terbatas. Jaga bayi Anda di bawah bayang-bayang, dengan topi dan pakaian untuk menutupi kulit baru yang sensitif terhadap sinar matahari."

  • Hindari penggunaan tabir surya berbentuk spray

Tabir surya spray terlihat lebih praktis, tetapi sebenarnya meningkatkan risiko anak Anda untuk menghirup bahan kimia berbahaya saat disemprotkan. Sebaliknya, pilihlah losion tabir surya, yang juga mengandung pelembab untuk kulit. Semakin tebal dan berminyak losionnya, semakin tahan air juga.

  • Gunakan tabir surya yang cukup

Secara umum, diperlukan sekitar satu ons (dua sendok makan) tabir surya untuk menutupi bagian tubuh yang terpapar sinar matahari, dan agak lebih sedikit untuk anak kecil. Pastikan bagian penting dari tubuh anak Anda terlindungi, seperti hidung, telinga, leher, tangan, dan kaki. Bibir juga berisiko terbakar sinar matahari, jadi pilihlah lip balm dengan SPF 30 atau lebih tinggi.

  • Gunakan tabir surya lebih awal dan ulangi secara berkala

Oleskan tabir surya 30 menit sebelum anak Anda terkena sinar matahari dan rencanakan untuk menggunakannya kembali setiap satu hingga dua jam, atau lebih cepat jika anak Anda telah berada di air.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat